Ngobrol

CAPING

Berani Komen itu Keren!

Pasang

Download Caping, Ikuti topik seru lainnya

Hati-Hati Mengkritik DPR

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada Senin, 12 Februari 2018 kemarin baru saja mengesahkan revisi Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, DPRD (UU MD3).

Salah satu revisi yang cukup kontroversial adalah pasal 122 huruf K yang berbunyi:

"Mengambil langkah hukum dan/atau langkah lain terhadap orang perseorangan, kelompok orang, atau badan hukum yang merendahkan kehormatan DPR dan anggota DPR."

Dengan demikian Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) memiliki otoritas untuk mengambil langkah hukum jika ada yang merendahkan kehormatan anggota DPR.

Jika demikian, semakin pudarkah kebebasan untuk mengkritik atau mengemukakan pendapat di negara ini?

Post

  • Hendri Key

  • 17 hours ago

DPR upaya melindungin/membentengin agar masyarkat/publik tidak tau kejelekan merka..biar g kebobolan lg ktauhan koropsi..hehe

  • 1

  • 0

  • 0

  • firman cupliz

  • 2 days ago

hhaancurr..

  • 1

  • 0

  • 0

  • Indra Dahk

  • 2 days ago

kalo DPR gak boleh di kritik malah dia nanti seenak dia dong mau apa ajah.. apes deh nasib bangsa ini.. kemarin presiden nya yg gak boleh di ktitik. skarang wakil rakyatnya yg gak boleh di kritik.. gak ingat kali yahhh.. emang situ di pilih sama jin buat duduk di kursi kekuasaan???

  • 3

  • 1

  • 0

  • Frento Matic

  • yesterday

dikritik aja udah seenaknya sndiri, gimana kalo gak boleh dikritik.

  • Betty Susianti

  • 2 days ago

ngak boleh kritik anggota DPR? sedangkan anggota DPR sendiri memberikan contoh yg tdk baik..korupsi, kerja malas2 , gajih utuh..fasilitasnya enak tapi ga pernah merasa puas dng yg mereka miliki..enak banget..dampaknya rakyat semakin susah..apa2 dipajakin..

  • 1

  • 0

  • 0

  • Rudy Susanto

  • 2 days ago

menyedihkan.merupakan suatu kemunduran besar utk demokrasi di indonesia.

  • 1

  • 0

  • 0

  • Iris 505

  • 1 week ago

DPR mmg diakui sebagai lembaga terhomat artinya bnyk org-org cerdas & berilmu tinggi yg berkedudukan di DPR. sedang yg merendahkan kehormatan DPR justru oknum-oknum anggota dpr itu sendiri ; mereka berkelakuan tdk terhomat, karena jabatan & kedudukan, gedung megah, pasilitas mewah segalanya serba wah,...!! ga pernah puas dan ingin selalu berkuasa yg akhirnya lupa diri korupsi kian jadi, dan nyatanya bnyk anggota dewan terhomat yg terlibat korupsi, jadi ga aneh klo DPR adalah lembaga yg terkorup itu faktanya sdh bukan rahasia umum. "JADI SEBENARNYA SIAPA YG MERENDAHKAN,...??"

  • 8

  • 15

  • 2

  • Wisnu Agung

  • 1 week ago

[face=Netral]

view more >>

  • AlmiraNadila

  • 1 week ago

wah kebebasan kritik makin mundur, kritik sama hina beda.. herannya di kritik gax mou, tp suka menghina.. #BuatNgelesZonkKlwKenaKasus

  • 19

  • 11

  • 1

  • Suroso

  • 1 week ago

[face=Sedih]

view more >>

  • Ngadiono

  • 1 week ago

Setelah ini pasti ada yang menyusul....? Sebelumnya muncul pasal penghinaan presiden dan wapres, muncul lagi uu md3...

  • 11

  • 15

  • 0

  • Wisnu Agung

  • 1 week ago

gimn ya kang,..kok terlihat menekan

view more >>

  • ivanstar

  • 6 days ago

gk eksekutip nyè gk legisLatip nyè gk yudikatip nyè gk capinger nyè gk netizen nyè podo waèè 😁 cumah pendiri bangsa iniy nyang ouwkehh 👍👍

  • 12

  • 12

  • 0

  • AlmiraNadila

  • 6 days ago

bener lah yg okeh pakdhe 😊

view more >>

  • Tarom Muhammad

  • 6 days ago

Wkwkwk.... ni DPR gk mau kalah start nih baru kmrn ngomongin hukuman kalo nyinyir presiden... kan yg sering nyinyir anggota bahkan wakil DPR si "DUO F" nyinyirin presiden ngenyek presiden menjatuhkan presiden biar rakyat gmn gitu loh.... Andai pakde liat nih tolong jg disahkan #gmbr_lama biar rakyat tau krj para wakil rakyat...

  • 8

  • 8

  • 0

  • AlmiraNadila

  • 6 days ago

[face=Oke!]

view more >>

  • Nunung Kamilah

  • 1 week ago

😷😷😷😷

  • 14

  • 4

  • 0

  • Wisnu Agung

  • 1 week ago

😕😕😕😱

view more >>

  • Suroso

  • 1 week ago

Gimana jika Rakyatnya membuat SK Pembekuan parlemen (DPR) , itu lebih bagus, parlemen saat ini nda ada manfaatnya, bukan mendukung pemrintah, dlm berpolitik, tp merorongrong Pemrintah menjatuhkan martabat negara,

  • 10

  • 6

  • 0

  • Iris 505

  • 1 week ago

se-7 mmg dilembaga tsb nyatanya bnyk rampok sdh bukan rasia umum DPR lembaga terkorup faktanya oknum dpr bnyk yg korup

view more >>

  • Wisnu Agung

  • 1 week ago

ya..ya..yaa..yaaa

  • 10

  • 4

  • 0

  • AlmiraNadila

  • 1 week ago

[face=Ketawa]

view more >>

  • Endang Sarifudin

  • 6 days ago

lah yg merendahkan kewibawaany dpr kan dia sendiri,ketuanya aja jd maling, anggotanya jg banyak yg kena ott,itu yg merendahkan martabat dia, jd wakil rakyat, bw amanah rakyat ya belain rakyat wajar dong klo kerja ga bener di kritik,jangan seenaknya aja, bikin undang2 buat ngebentengi institusinya dari kritikan ya sama aja ingin bebas sepihak dari kritikan,

  • 7

  • 5

  • 0

  • Ariyani Mirna

  • 6 days ago

lg nyari kerjaan nih..ada kerjaan ga...

view more >>

  • Arybintang samudra

  • 1 week ago

Sistem demokrasi dinegeri ini bertambah maju, karena masing-masing kelembagaan sudah memiliki senjata pamungkas (undang undang perlindungan atas orang perorangan dan kelembagaan itu sendiri). Rakyat tinggal menonton aja kedepannya seperti apa yang bakal terjadi.

  • 10

  • 3

  • 0

  • Wisnu Agung

  • 1 week ago

kayaknya sprt itu

view more >>

  • Aria Pranarka

  • 6 days ago

Kritik doang kan yg dipenjara? Mencaci maki enggak kan? Caci maki saja udh

  • 6

  • 5

  • 0

  • AlmiraNadila

  • 5 days ago

wah pengertiannya sama 😃

view more >>

  • Animora Desmyker

  • 6 days ago

hukum yang di buat semakin timpang, kalau dewan yg terhormat ingin di hargai haruslah menghargai terlebih dahulu. Hukum alam ini tabur tuai.

  • 12

  • 2

  • 0

  • Iris 505

  • 6 days ago

yaitu jadi lucu justru anggota dewan yg terhomat tapi kelakuan kadang tdk terhomat padahal itu ulah sendiri klo dikritik ga terima merasa dihina

view more >>

  • fahmiriansyah

  • 6 days ago

ke Jonggol aja,,, ckckckck

  • 10

  • 2

  • 0

  • AlmiraNadila

  • 6 days ago

tenggelamkan ajj

view more >>

  • windaaa

  • 6 days ago

ngak boleh kritik.ngaca dong kelakuan dpr dan anggota dpr kayak apa 89,99% kurang waras 10,01% waras.lama2 aq santet dah kan ngak melanggar uu

  • 9

  • 2

  • 0

  • Biyanto Yanto

  • 4 days ago

Gk onok sing di percoyo ketok e

view more >>

  • Becca Vatresia

  • 6 days ago

Terbukti dajjal itu memang ada dan sukses menguasai dunia.

  • 8

  • 2

  • 0

  • Iris 505

  • 6 days ago

smg gugatan ke MK bisa menang dan UU MD3 tdk berlaku enak bngt anggota dewan sdh bnyk belagu

view more >>

  • Becca Vatresia

  • 6 days ago

Coba contoh seperti apa yg dimaksud dlm pasal itu ? saya gagal paham. trz kalau ada anggota dewan yg gk bener kerja'a baguz'a dikomenin apa coba ?. hahaa ... seenak"a ngatur, bikin aturan sendiri, mw enak sendiri. kalau bukan anak bangsa sbgi pengamat kerja kalian lalu siapa lagiil ??.

  • 8

  • 2

  • 0

  • Iris 505

  • 6 days ago

bnyk aturan yg dirubah seperti salah satu penangkapan anggota dewan oleh kpk tampa izin presiden tdk boleh kayak kejadian sipapah

view more >>

  • iswanto bae

  • 1 week ago

Indonesia BENAR BENAR di jajah oleh negeri sendiri , Kita merdeka dari penjajah dahulu kini kita Tertekan di jajah oleh negeri Dan bangsa sendiri.

  • 9

  • 0

  • 0

  • Topan Pratama Csr

  • 1 week ago

dibungkam secara halus kebebasan menyampaikan pendapat terhadap kinerja dewan.... dg semua itu mereka makin merajalela seakan memiliki kekebalan hukum....

  • 7

  • 1

  • 0

  • Iris 505

  • 1 week ago

mereka rampok elite

  • Linggar Dedik

  • 6 days ago

Bubarkan saja dpr itu ga ada faedahnya.... Malah sekarang bikin aturan yg menandakan mereka kumpulan orang2 ga bisa dikritik..

  • 5

  • 1

  • 0

  • Biyanto Yanto

  • 4 days ago

[face=Sedih]

  • Mukhtar Muhammad

  • 6 days ago

sudah cendrung ke arah otoriter.sangat di sayangkan dgn sikap perwakilan yg di sana sudah menciderai demokrasi yg sdh dibangun sejak era reformasi.

  • 7

  • 0

  • 0

  • Azwan Albas Selang

  • 4 days ago

Alhamdulillah.. Mantap

  • 4

  • 1

  • 0

  • AlmiraNadila

  • 4 days ago

[face=Netral]

  • Aryo

  • 6 days ago

ya sudahlah...

  • 6

  • 0

  • 0

  • Jatim Roestjahjono

  • 6 days ago

itu kan UU buat DPR ....... gk ngaruh buat yang bukan DPR ....... anggota dpr supaya belajar tentang azas2 dalam ilmu hukum pidana.......biar gk songong.....

  • 4

  • 1

  • 0

  • Arybintang samudra

  • 6 days ago

Betul..., semua itu ada aturan main nya.

  • Id Halik

  • 6 days ago

Gak apa wong dewan wakil rakyat,, jika uud begitu hilang kebebasan berpendapat reformasi yg selana ini di banggakan hilang dari cita citanya.

  • 4

  • 1

  • 0

  • ivanstar

  • 4 days ago

[face=Semangat!]

  • tan triono

  • 6 days ago

😄😄😄 Ha... ha... dasar para wakil rakyat yang mengaku orang terhormat tetapi kelakuannya tidak terhormat sengaja merancang undang undang ini agar mereka bebas melakukan apa saja tanpa boleh dikritik oleh rakyat yang telah memberi mandat untuk mereka.

  • 6

  • 0

  • 0

  • Andrie Atmadja

  • 1 week ago

Hahahaha...

  • 3

  • 1

  • 0

  • AlmiraNadila

  • 1 week ago

wah mereka harus di hormati, cuma beberapa ajj sie yg terlihat tak layak 🙊 😂..

  • Indra Dahk

  • 2 days ago

kalo DPR gak boleh di kritik malah dia nanti seenak dia dong mau apa ajah.. apes deh nasib bangsa ini.. kemarin presiden nya yg gak boleh di ktitik. skarang wakil rakyatnya yg gak boleh di kritik.. gak ingat kali yahhh.. emang situ di pilih sama jin buat duduk di kursi kekuasaan???

  • 3

  • 1

  • 0

  • Frento Matic

  • yesterday

dikritik aja udah seenaknya sndiri, gimana kalo gak boleh dikritik.

  • kedo wek

  • 6 days ago

bukankah yg merendahkan itu kelakuan dari sebagian anggota DPR sendri yg tlh terbukti korupsi...anggota DPR sndri yg tidur saat sidang..

  • 5

  • 0

  • 0

  • Like Susanti

  • 5 days ago

yg ada bukan power demokrasi di tangan rakyat, demokrasi di negara ini sedang di awal kehancuran krn rakyat tidak berdaya apa-apa melihat semua ini, secara lembaga negara kelihatan keren ada eksekutif, legislatif, yudikatif tapi itu aja tdk serta mencerminkan demokrasi berjalan sebagaimana mestinya

  • 3

  • 1

  • 0

  • Biyanto Yanto

  • 4 days ago

Gak atek milih

  • Taufiiqurrohman

  • 5 days ago

Hmm, kadang aku sedih melihat negaraku ini. Walau hati kecilku sebenarnya bangga menjadi bagian dari negara ini. Tetapi, apalah yang bisa kuperbuat? Rakyat kecil yang suaranya ibarat suara yang keluar dari mulut goa, didengar tapi diacuhkan. Sekarang malah dibuat aturan dimana kami tak boleh bersuara/mengkritik. Mau di letak dimana demokrasi yang telah kita junjung bersama selama ini? Apa mereka yang berwewenang mau bersembunyi di balik undang-undang yang mereka buat sendiri dan untuk kepentingan sendiri? Menghindari jeritan rakyat? Oh negaraku!!!!

  • 3

  • 1

  • 0

  • Biyanto Yanto

  • 4 days ago

Gol put ae

  • Fajar W

  • 1 week ago

Menuju Tyrani

  • 2

  • 1

  • 0

  • Wisnu Agung

  • 1 week ago

sprt mau menuju kesannya

  • Eko Harwanto

  • 6 days ago

Agar ngak mau di kritik aja jadi di buat seperti itu. Emmm penguasa

  • 4

  • 0

  • 0

  • IDTrinoto

  • 6 days ago

saran gila nih: buat aja UU ttg anggota dewan yg terhormat itu seumur hidup, biar puas sekalian makan uang rakyatnya.

  • 4

  • 0

  • 0

  • Abdul Gafur

  • 3 days ago

kalau dalam segi demokrasi, tetap kita makin maju. karna setidaknya kebebasan dalam berpendapat atau mengkritik tidak kita dapat kan pada masa orde baru. yang salahnya negara ini terlalu cepat untuk melakukan sebuah reformasi, terlalu tergesa gesa, sedangkan belum mempunyai tenaga yang cukup. karna pada saat runtuhnya orde baru, melakukan sebuah revolusi yang harusnya saat ini dilakukan itu merupakan keputusan yang lemah, dan akhirnya melakukan blunder dengan langsung melakukan sebuah reformasi.

  • 4

  • 0

  • 0

  • risberarazak

  • 6 days ago

Hematnya ya tdk perlu ada Dewan karena ; 1. Negara sudah punya alat kelengkapan struktur lembaga perencanaan dan penganggaran seperti Bappenas atau sebutan lain nya 2. Negara punya jg institusi atau lembaga pengawas ( banyak x ) 3. Dari segi pengeluaran negara atau biaya jauh lebih hemat

  • 3

  • 0

  • 0

  • Dimastya

  • 6 days ago

asalkan pro kpd rakyat sih gamasalah, masalanye berpihak kagak sm rakyat kecil????

  • 3

  • 0

  • 0

  • Sidiq C Dexs

  • 6 days ago

apakah tidak menjadi tameng ?

  • 3

  • 0

  • 0

  • THORIQ BUDI UTOMO

  • 6 days ago

klo mengkritik gak boleh, ya udah saya ketawain aja 😄😄😄😄😄😄

  • 3

  • 0

  • 0

  • Kaka S

  • 3 days ago

Ya mgkin yg sling mrendhkan itu yg dimaksud adalh untuk para sesama anggota dewannya x. Biar gak sling jatuhin satu sama lain. Klau buat masyarakat mungkin bleh2 saja asal disampaikan secara santun.

  • 3

  • 0

  • 0

  • Daryono Wong Bms

  • 3 days ago

Dpr menganggep diri nya makluk plg sempurna..

  • 3

  • 0

  • 0

  • Ferbyan Tama

  • 1 week ago

Ya ya ya

  • 2

  • 0

  • 0

  • Noor Dengkol

  • 6 days ago

buat presiden ada gak pasal yg sama yg ini.. biar anggotanya kena batu sendiri

  • 2

  • 0

  • 0

  • Djoko Sudradjat

  • 6 days ago

DPR, punya siapa?

  • 2

  • 0

  • 0

  • stefan

  • 6 days ago

wah berdasarkan Pasal 122 huruf f ini apakah mugkin KPK bisa dikenakan tidakan hukum karena merendahkan kehormatan anggota DPR dg cara memeriksa da menahan anggota DPR yg korupsi?

  • 2

  • 0

  • 0

  • Rudy Susanto

  • 2 days ago

menyedihkan.merupakan suatu kemunduran besar utk demokrasi di indonesia.

  • 1

  • 0

  • 0

  • Betty Susianti

  • 2 days ago

ngak boleh kritik anggota DPR? sedangkan anggota DPR sendiri memberikan contoh yg tdk baik..korupsi, kerja malas2 , gajih utuh..fasilitasnya enak tapi ga pernah merasa puas dng yg mereka miliki..enak banget..dampaknya rakyat semakin susah..apa2 dipajakin..

  • 1

  • 0

  • 0

  • firman cupliz

  • 2 days ago

hhaancurr..

  • 1

  • 0

  • 0

  • Hendri Key

  • 17 hours ago

DPR upaya melindungin/membentengin agar masyarkat/publik tidak tau kejelekan merka..biar g kebobolan lg ktauhan koropsi..hehe

  • 1

  • 0

  • 0