Ngobrol

Download Caping, Ikuti topik seru lainnya

Bisakah Perokok Menggugat Perusahaan Kretek?

Memang agak janggal saat seorang perokok menggugat perusahaan rokok karena dianggap merugikan, tetapi itulah yang terjadi, seorang warga Jakarta berencana menggugat PT. Djarum dan PT. Gudang Garam Tbk. karena produknya dianggap telah merugikan karena tak memuat informasi utuh tentang bahaya dan risiko produk tersebut.

Si penggugat yang bernama Rohayani meminta ganti rugi Rp178 juta dari Djarum dan Rp293 juta dari Gudang Garam. Dia juga meminta santunan dari kedua perusahaan itu senilai Rp500 juta. Simak lengkapnya di sini.

Secara hukum hal ini memang bisa dilakukan karena memiliki azas hukum berupa Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Namun, banyak yang menganggap ini tak masuk akal, bahkan menjurus pada upaya pemerasan.

Menurut Capingers sendiri, yang gugatan yang dilayangkan si perokok ini apakah merupakan haknya sebagai konsumen?

Atau akal-akalan untuk memeras perusahaan kretek yang digugatnya?

Post

  • CeYe

  • 4 months ago

salam kenal sahabat . . o4m1e3 nanti sy pasti akan balik nyamperin. . o4m1e3 silahkan dicoba

  • 1

  • 0

  • 0

  • Suryocebret82@gmail.com Cebret

  • 7 months ago

hadeh mslah e opo q gugat kie...

  • 1

  • 0

  • 0

  • malif

  • 8 months ago

bisa jika bersungguh sungguh

  • 1

  • 0

  • 0

  • hafiidz risqa ramadlan

  • 8 months ago

Imajinasi

  • 1

  • 0

  • 0

  • Suhen Dri

  • 8 months ago

Kalo ente beli obat di apotik dan itu merugikan lu,bisa lu tuntut,nah lu beli rokok udah tau merugikan kesehatan kenapa lu beli,malah mau lu tuntut lagi,,,bahlul ente...

  • 4

  • 1

  • 0

  • ulhis

  • 8 months ago

[face=Ketawa]

  • Iris 505

  • 9 months ago

ya janggal klo yg menggugat cma Rohayani sendirian mmg konsumen rokok cma dia aja,...!! gugatan lemah knp yg lain-nya tdk merasa dirugikan ?

  • 8

  • 10

  • 2

  • AlmiraNadila

  • 9 months ago

[face=Ketawa]

view more >>

  • Yondri Lbn

  • 9 months ago

Sepanjang data2 lengkap dan sesuai dengan UU perlindungan konsumen yg berlaku ya silahkan aja.... Spt dlm berita ini asal jgn itu pemerasan

  • 7

  • 7

  • 0

  • AlmiraNadila

  • 9 months ago

aku kecanduan coklat, mou gugat pabrik coklat 😂..

view more >>

  • Nusan Tara

  • 9 months ago

อร่อย....

  • 9

  • 2

  • 0

  • Ach Farid

  • 9 months ago

artinye....?

view more >>

  • Jakarta_No.15523

  • 9 months ago

Gagaha

  • 11

  • 0

  • 0

  • Abdul Hakim Poetra Pertama

  • 9 months ago

kita sebagai perokok, ratusan atau bahkan jutaan org di Indonesia, ngomongin masalah Kya gtu , Emm ya gak masuk di akal, siapa yg merokok ? siapa yg merugikan ,GK ada ? masalah bahaya kita yg tanggung sebagai perokok, GK rugi kan , ................

  • 11

  • 0

  • 0

  • Anggit Prayogi

  • 9 months ago

seberapa banyak uang nya berani menggugat perusahan org terkaya nomor 1 di Indonesia

  • 11

  • 0

  • 0

  • Adi Gan

  • 9 months ago

gaĸ υѕaн вanyaĸ coмen ιтυ ѕeмυa ĸrna ĸιтa nya ѕendιrι jg salah

  • 10

  • 0

  • 0

  • Animora Desmyker

  • 9 months ago

Sepertinya sulit karena legal di indonesia. mangkanya disetiap kemasan rokok ditulis kata2 peringatan dan gambar. secara tdk langsung mengingatkan bahayanya.

  • 6

  • 2

  • 0

  • Animora Desmyker

  • 9 months ago

Yang merokok yg salah, rokok membunuh mu tetapi anda sendiri ttp merokok, iklan banyak bertebaran ttg bahaya merokok, dasar bandel, qw dr lahir hingga kini qw nggak pernah merokok.

view more >>

  • Christi Cogan

  • 9 months ago

gimana tu anak mikirnya pabrik rokok tdk ada unsur memaksa konsumennya utk merokok ehh malah mau digugat karena salahnya sendiri dia merokok

  • 10

  • 0

  • 0

  • Rizki Pramono

  • 9 months ago

ya Ndk masuk akal laahh.

  • 6

  • 2

  • 0

  • Ach Farid

  • 9 months ago

jadi masuk mana tuh....😁

view more >>

  • tutun tea'

  • 9 months ago

"Adapun, Rohayani, kata Tigor, mengkonsumsi rokok buatan kedua perusahaan itu pada 1975 hingga tahun 2000" sebelum jd perokok aktif pasti mula2 ngrokoknya ngumpet2 Krn takut dimarahin ya nggak ? dimarahin Krn apa ? gk usah pake diingetin ama pabrik, dari orangtuanya atau tetangga jg udh pasti tau resikonya ngerokok apa...

  • 10

  • 0

  • 0

  • Mukhlis Sore

  • 9 months ago

bisa jadi

  • 9

  • 0

  • 0

  • Anang Madridtista Putra Sampoe

  • 9 months ago

itu namanya orang bodoh bin tolol. gak terima ? DUEL !

  • 9

  • 0

  • 0

  • ivanstar

  • 9 months ago

singkat aja : s a h

  • 7

  • 1

  • 0

  • Nunung Kamilah

  • 9 months ago

hbs ijab kabul ya van langsung sah sja😁😁😁😁

  • Robert Handayaningrat

  • 9 months ago

Udh tau rokok membahayakan buat keshtan... dilanggar pula... trs menggugat... udh melanggar.. menggugat pula... ini namanya akal2an...

  • 7

  • 1

  • 0

  • Maulana Putra Kadallangit

  • 9 months ago

siapa yg melalang rokok,itu tinggal orng nya mau ngerokok apa gk

  • MFAH 112

  • 9 months ago

bbener juga

  • 9

  • 0

  • 0

  • Rika Amalia

  • 9 months ago

klo gw ga gugat yg begituan..ga guna..klo bisa gw minta tutup aja tuh pabrik rokok semua..udah tau racun kok masih aja di produksi..buat diperjual belikan..

  • 6

  • 0

  • 1

  • Harry Hermawan

  • 9 months ago

rame gara gara rokok

  • 5

  • 2

  • 0

  • Jakarta_No.17309

  • 9 months ago

halo

view more >>

  • Jakarta_No.17309

  • 9 months ago

.......

  • 3

  • 3

  • 0

  • yunbang li

  • 9 months ago

hahhaaha

view more >>

  • andrew setiabudi

  • 9 months ago

ya intinya sudah tau racun moso ya dimakan. nanti kalo mati nggugat pabrik racunnya

  • 8

  • 0

  • 0

  • Tjoa Freddy

  • 9 months ago

uda tau dr awal roko bahaya kenapa di beli

  • 3

  • 2

  • 0

  • Ryand Jamers

  • 9 months ago

[face=Bosan...]

view more >>

  • Anditia Agi

  • 9 months ago

saya perokok. tahu risiko. tapi ga ada niatan menggugat. yang ada nyesel aja. mau brenti susah. lemah niat. kalo lolos bisa jadi preseden. berapa juta perokok? gulung tikar Djarum GG Sampoerna cs. jutaan penganggur baru.

  • 3

  • 2

  • 0

  • Maulana Putra Kadallangit

  • 9 months ago

[face=Oke!]

view more >>

  • Jakarta_No.22593

  • 9 months ago

kyaknya haanya perokok yg tau

  • 7

  • 0

  • 0

  • Eriawan

  • 9 months ago

tdk masuk akal...itu pemerasan.

  • 5

  • 1

  • 0

  • Eriawan

  • 9 months ago

yg jls pbrik rokok tdk ada unsur2 utk memaksa ke konsumennya utk hrs mbelinya dan itu sgt tdk masuk akal jk ada yg mnggugatnya.sungguh2 sgt slh besar jk perokok mnggugat pbrik rokok

  • Riena Maryanie

  • 9 months ago

lhaaaa piyeee toohh.. :( kalau mau ndak sakit ya jangan merokok.. kalau mau sehat pola hidup harus sehat juga.. semua itu pilihan.. merapat yok.. banyak barang baru 😍 sebelom kehabisan yuk kepoin IG rinamaryani92 kalau udah mau lebaran gini biasanya suka full order jasa pengiriman juga overlot.. mening dari sekarangg kakaaa.. Happy shopping 💕 For more info chat by: WA 087838999709 Line Almeera204 FB riena maryanie IG rinamaryani92

  • 5

  • 1

  • 0

  • Andi Sukmana

  • 9 months ago

hy riena

  • Maulana ubaidillah

  • 9 months ago

Tidak logis. Karna di Indonesia sendiri rokok dilegalkan. Tinggal kita yg menjaga diri sendiri, keluarga atau kerabat dari bahaya rokok.

  • 4

  • 1

  • 0

  • AlmiraNadila

  • 9 months ago

[face=Oke!]

  • djati otnim

  • 9 months ago

sapa suruh mrokok ...? dilarang iyaa...

  • 4

  • 1

  • 0

  • Nunung Kamilah

  • 9 months ago

ho'oh 😁

  • Id Halik

  • 9 months ago

Sebenar tidak masuk di akal..tetapi jika ada ramuan racun pada rokok yang tidak dijelaskan ke konsumen..boleh boleh saja!

  • 6

  • 0

  • 0

  • Suhen Dri

  • 8 months ago

Kalo ente beli obat di apotik dan itu merugikan lu,bisa lu tuntut,nah lu beli rokok udah tau merugikan kesehatan kenapa lu beli,malah mau lu tuntut lagi,,,bahlul ente...

  • 4

  • 1

  • 0

  • ulhis

  • 8 months ago

[face=Ketawa]

  • Harry Hermawan

  • 9 months ago

udah dibilang rokok racun terus udah ada gambarnya..ya di analisa aja sendiri bahayanya merokok...kalau anda merokok ya terima konsekuensinya...itu PRODUK ROKOK BUKANNYA ARTIKEL ATAU MAJALAH...

  • 6

  • 0

  • 0

  • Nunung Kamilah

  • 9 months ago

tidak masuk akal,,,,akal akalan iya 😁😬😀

  • 5

  • 0

  • 0

  • Shinta Dewi

  • 9 months ago

Lah wkwkwk, dy kan hanya penjual, urusan lu mau beli rokoknya apa kaganya Terserah lu, lu beli lu nangung resikonya lah, udah dikasih tau juga rokok dapat menyebabkan bla bla bla, yaa berarti tinggal ke konsumen Ny, kecuali si produsen rokoknya ga ngasih tau nah lu baru bisa nuntut lagian aneh sii, ngaku nya susah ga punya duit tapi kalo buat rokok kayanya ada terus tuh padahal Harga 1 rokok bisa beli 1 roti loh

  • 5

  • 0

  • 0

  • Amar Hanif

  • 9 months ago

Menurut saya tidak masuk akal, kenapa nggak ngerokok aja kalo sudah tau rokok itu tidak baik

  • 5

  • 0

  • 0

  • lunka

  • 9 months ago

Kalau cuman seorang pasti dianggap sebelah mata Tapi kalau ratusan orang, bisa lain cerita

  • 5

  • 0

  • 0

  • kalis Maleta

  • 9 months ago

Logika aja sebagai pemakai yg ga disuruh buat pakai kok bisa menggugat. Misalnya lagi masak terus kena minyak yg panas, masa menggugat produsen minyak itu. Ah terbalik amat dunia ini. Apa yg menggugat mau cari pengalihan isu atau sensasi.? Kita saksikan jawabannya setelah keputusan

  • 5

  • 0

  • 0

  • Suherno Suherno

  • 9 months ago

Kalo pabrik rokok itu menyalahi undang-undang tentunya bisa digugat, tapi yg menggugat harus si pembuat undang-undang. Kalo si perokok menggugat pabrik rokok karena merasa dirugikan oleh sebab pabrik tidak lengkap mencantumkan bahaya rokok di kemasannya, kayaknya lucu deh. Hihihi........

  • 4

  • 0

  • 0

  • Fendiismail

  • 9 months ago

Cewek berokok,,,? Cowok aja bnyak yg sakit apa lagi cewek... Makanya gak usah hisap rokok,, Hisap Lolipop aja biar gak sakit

  • 4

  • 0

  • 0

  • Bintang Trirahma II

  • 9 months ago

otaknya dimana itu anak. pemerasan ini namanya...

  • 4

  • 0

  • 0

  • capingers

  • 9 months ago

ah..ga masuk logika dan ga mungkin lah..coba aja sendiri

  • 4

  • 0

  • 0

  • Denny Perfecto

  • 9 months ago

ya siapa mau menggugat siapa khan hak masing2 individu. cuma kalau menang siap2 aja bakal banyak kasus serupa plus ... tuntutan ke restotan junk food dll. hahahah

  • 4

  • 0

  • 0

  • Yakini-aku Ngurah Suarya Takan

  • 9 months ago

tidak ada manfaat apaun yg tercantum dalam rokok, kenapa dikonsumsi juga lainnya halnya produk produk yg dipasarkan dengan manfaat tertentu ya wajarlah dituntut karena tidak sesuai dengan produk nya. mungkin karena di kemasan rokok terdapat peringatan bahaya kesehatan bahkan dapat menyebabkan kematian, trus dianya nfak mati mati juga, ya minta ganti-rugi lah kepada sang pencipta, sdh puluhan tahun merokok ndak juga mati, gitu

  • 4

  • 0

  • 0

  • Lucky Ferdy

  • 9 months ago

cari sensasi aja sih itu.. untung2an siapa tau berhasil..cari duit kok gitu caranya.. rokok itu gak usah dikasih tau berbahaya atau tidak bukan rahasia lg semua orang udh tau.. bahaya..eehh tetap dihisap ya tanggung sendiri akibatnya..aya aya wae..

  • 4

  • 0

  • 0

  • Suwaji

  • 9 months ago

Ini kan orang Gendeng / Edan saja yang mau menggugat pabrik Rokok. kan sdh jelas di Bungkus Rokok sdh Jelas bahaya Merokok.

  • 4

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.11258

  • 9 months ago

....

  • 4

  • 0

  • 0

  • Jusup Comeback

  • 9 months ago

sy jawab masuk akal,,tp sayang apa yg dipikirkan oleh akalnya gak bsa mnghasilkan sesuatu yg diterima oleh akal sehat semua manusia,akal bsa membuat orang jd benar dan jg salah,gak mesti karna dia berakal trus tindakannya harus dibenarkan,yg jahat,yg licik,yg sombong jg krna dia pake akal,tp msalahnya apa bsa diterima oleh akal sehat pda semua manusia? tengkyuuu sobat...

  • 3

  • 0

  • 0

  • kedo wek

  • 9 months ago

bisa...bisa gila

  • 3

  • 0

  • 0

  • dodik Toyota

  • 9 months ago

masuk akal jg sih....kalo makanan ada harus ada ingredients nya karena masuk dalam mulut dan dirasakan dan dikecap dan disahkan melalui BPOm. kalo rokok dirasakan, masuk mulut,keluar dari hidung,tapi ingredients tidak disebutkan disahkan melalui BPOm....????!!! ah bodo amat ....gw sendiri jg perokok. tapi mantap cara berpikirnya...top dech...

  • 3

  • 0

  • 0

  • A4179

  • 9 months ago

ketika di ekspos gugatan dua perusahaan itu di media massa, maka muncullah dua perusahaan itu di Indonesia dan timbullh berbagai tanya dan akhirannya adalah pendongkrakan nama...selamaaaat....anda beruntung krn banyak yg baca

  • 2

  • 0

  • 0

  • kedo wek

  • 9 months ago

http://asmoney.win/8375628557107/

  • 2

  • 0

  • 0

  • Koko Acoy

  • 9 months ago

solusi pasutri like end share jangan lupa y gan end sist,,,semoga dlm tayangan video pasutri kami ini,,bisa membantu dlm smlh rumah tangga anda yang kurang harmonis....™ https://youtu.be/4V7-PAoB9pc

  • 2

  • 0

  • 0

  • Jullak Rhifky KosongDua

  • 9 months ago

Lebih baik pabriknya ditutup saja biar tidak membunuh semua orang.. Percuma ada larangan dimana2 kalau pabriknya tidak ditutup..

  • 2

  • 0

  • 0

  • Nusan Tara

  • 9 months ago

อร้อย

  • 2

  • 0

  • 0

  • Kaka S

  • 9 months ago

Intinya begitu Dlm kandungan ibu Kita saat Roh ditiupkan disitu program hdup Kita dimulai Spai akhir.apapun yg terjdi Dlm mjlni hdup Ini detik dmi detik itu Sudan termsuk Dlm program hdup kita.slahkAn direnungkn secara luas.

  • 2

  • 0

  • 0

  • IsbakBois

  • 9 months ago

Yg tentu tdk lah!!!

  • 2

  • 0

  • 0

  • risnandar

  • 9 months ago

bisa tapi susah ...? titik...😚😗😆😅

  • 2

  • 0

  • 0

  • Vebry Riska

  • 8 months ago

Tidak masuk akal sama sekali

  • 2

  • 0

  • 0

  • PRIA SEJATI O85'292'868'685

  • 9 months ago

☜☆☞ §0LUSI PRIA SEJATI ☜☆☞ VIAGRA U.S.A DAN HAMMER 0F THOR IN ITALY Terbuat dari bahan alami HERBAL 100% PRODUCT IMPORT yang meliputi DISFUNGSI EREXSl yang sangat berpengaruh gairah anda antara lain = DIABETES (GULA) , LEMAAH SYAHWAT , EJAKULASI DINI DAN IMPOTEN. Dan semakin bertambah USIA semakin MENURUN intensitas SE×SUALITAS ANDA. KURANG GAIRAAH, Mani Encer dan CEPAT KELUAR alias EJAKULSI DINI. Jangan biarkan masalah di atas berlarut-larut sampai akut BISA BERAKIBAT FATAL. UMUR 60 TAHUN TETAP JOSS, AMAN DIGUNAKAN TANPA EFEK SAMPING segera cari solusinya disini. 👉HUB TLP / WA : 0৪5292৪6৪6৪5 STOK READY: 1. TITAN GEL RUSIA 2. TESTO ULTRA 3. FOREX U.S.A 4. PENIRUM U.S.A 5. CIALIS ENGLAND 6. K.L.G ASLI ORIGINAL 7. VIMAX IZON IN CANADA 8. DAN PERANGSANG WANITA

  • 1

  • 0

  • 0

  • Ilyn Patriscia

  • 9 months ago

mungkin kalo pecandu rokok sudah sadar bahwA rokok itu tidak baik baru di serang

  • 1

  • 0

  • 0

  • CeYe

  • 4 months ago

salam kenal sahabat . . o4m1e3 nanti sy pasti akan balik nyamperin. . o4m1e3 silahkan dicoba

  • 1

  • 0

  • 0

  • Suryocebret82@gmail.com Cebret

  • 7 months ago

hadeh mslah e opo q gugat kie...

  • 1

  • 0

  • 0

  • malif

  • 8 months ago

bisa jika bersungguh sungguh

  • 1

  • 0

  • 0

  • hafiidz risqa ramadlan

  • 8 months ago

Imajinasi

  • 1

  • 0

  • 0