Ngobrol

Download Caping, Ikuti topik seru lainnya

Gadget untuk Anak, Yay or Nay?

Banyak orangtua saat ini mengeluhkan betapa sulitnya membesarkan anak di era digital seperti ini. Pasalnya, perkembangan berbagai macam gadget dan permainan digital turut menjadi 'musuh' bersama yang mengintai anak.

Kecanduan gadget sendiri memang menjadi perhatian khusus orangtua saat ini. Bahkan anak yang kecanduan gadget tumbuh di angka yang semakin mengkhawatirkan. Dampak buruk dari anak kecanduan gadget biasanya menjadi sulit bersosialisasi, kehilangan fokus, nilai akademis terganggu sampai kekhawatiran soal konten pornografi.

Padahal, gadget untuk anak tak melulu buruk. Hal ini didukung temuan terbaru peneliti UI yang menyebut melarang anak menggunakan gadget bisa jadi membuat anak itu labil secara psikologis dan sosial.

Nah, kalau sudah begini gimana dong cara penggunaan gadget yang baik untuk anak? Ada yang punya pengalaman?

Post

  • Adhi Ristiono

  • 3 months ago

mari galakkan anak u/ banyak bersosialisasi . . - bermain petakumpet dll

  • 0

  • 0

  • 0

  • Syahru aldan

  • 3 months ago

okokok

  • 0

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.1352596

  • 3 months ago

pusing aku mau jawab, makan hrs ada Hp.

  • 0

  • 0

  • 0

  • Dicky Firmansyah

  • 3 months ago

Biar cerdas & jangan ketinggalan sama orang luar...!!!

  • 0

  • 0

  • 0

  • ARIFIN AZA

  • 3 months ago

yayyyay

  • 0

  • 0

  • 0

  • j3gtzt invite ya tq

  • 3 months ago

Klo masih di bawah 10 tahun ya jangan, itu mama nya org tua yg malas gak mau urus anak, spy anak diam di kasih hp payah ortu nya, ngapain bikin anak ? Ngurus anak gak becus, harus nya anak2 di teman i, tidak malah ortu nya sibuk main hp juga, emang ortu zaman now spt ini model nya ??

  • 1

  • 1

  • 0

  • Jarwo Ali

  • 3 months ago

sabar sabar ag puya aida tar kalau ag udah Usman bawa kesini ag rawat

  • Hazman

  • 4 months ago

jangan deh kalo belum berumur 12 tahun

  • 0

  • 1

  • 0

  • Jakarta_No.2570339

  • 4 months ago

[face=Halo!]

  • Aditya Galuh

  • 4 months ago

wowo

  • 2

  • 0

  • 0

  • D Dominiq F

  • 4 months ago

Perlu juga biar gak gaptek tapi jangan berlebihan

  • 1

  • 0

  • 0

  • Heri Kurnia

  • 4 months ago

segala sesuatu ada porsi nya yang menjadi bahaya dan mengganggu itu di karenakan berlebihan,

  • 1

  • 0

  • 0

  • Baifi YaRa

  • 4 months ago

baik bnget

  • 1

  • 0

  • 0

  • Kejawen

  • 4 months ago

boleh saja asaL di bawah pengawasan orang tua

  • 1

  • 0

  • 0

  • Betharia Napitupulu

  • 4 months ago

NO!!!

  • 1

  • 0

  • 0

  • Masnun Rap

  • 4 months ago

hmms

  • 1

  • 0

  • 0

  • Mandhefaxxa 08

  • 4 months ago

ok juga

  • 1

  • 0

  • 0

  • Denny Dodot

  • 4 months ago

bingung

  • 1

  • 0

  • 0

  • ghozali siregar

  • 4 months ago

hadirr

  • 1

  • 0

  • 0

  • TINAENA NA/Tin

  • 4 months ago

yg sepantasnya aja

  • 1

  • 0

  • 0

  • Zhie Sarah

  • 4 months ago

Ijin nyimak

  • 1

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.2186582

  • 3 months ago

hindari,karna anak akan terbiasa dg kemalasan dr pada belajar,beri edukasi selain d handphone

  • 1

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.2575874

  • 3 months ago

lebih penting urusan akhirat dehh,, dari pada memberikan anak sesuatu yang tak terlalu bermanfaat...

  • 1

  • 0

  • 0

  • Fandy Achmad

  • 3 months ago

nice

  • 1

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.2045492

  • 3 months ago

kedua anak sy usia 12 dan 6 thn kini terpaksa pakai kacamata dgn ukuran lensa. cukup tinggi. akibat sesekali pakai gadget atau hp, saran sy, stop sama sekali, jgn kasih anak pakai hp atau gadger.

  • 1

  • 0

  • 0

  • Shofi Luthfa

  • 3 months ago

nanti sajalah kalau sudah agak dewasa baru di berikan, karena kalau kecil di beri mereka cenderung labih suka main gadget di banding main sama teman nya..

  • 1

  • 0

  • 0

  • selvia jr

  • 3 months ago

bagus sekali

  • 0

  • 0

  • 0

  • Abdul Muhamad Soleh

  • 3 months ago

gadget bisa berguna jika isi gadget itu bermanfaat untuk anak. contoh seperti permainan belajar menghitung dan membaca. selalu awasi anak saat bermain gadget. kasih jadwal nya jangan sampai mereka bermain gadget terlalu lama

  • 0

  • 0

  • 0

  • romi zaki

  • 4 months ago

boleh2 saja asal masih dalam pengawasan dan harus dibatasi. karena kalo dibiarkan akan dapat mempengaruhi pertumbuhan otak sang anak.

  • 0

  • 0

  • 0

  • andris permadi

  • 4 months ago

boleh saja asal dalam pengawasan dan bimbingan orang tua

  • 0

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.2584202

  • 3 months ago

sipp

  • 0

  • 0

  • 0

  • Hasan Abdullah

  • 4 months ago

perlu pengawasan orang tua dan pilih permainan yang mendidik..

  • 0

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.2348097

  • 4 months ago

yang penting sewajarnya, ga berlebihan sik

  • 0

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.2548106

  • 4 months ago

boleh 2 saja asal anak ngapa ngapain dengan gadget tersebut orang tua harus mengawasi dan di batasi pemakaian nya

  • 0

  • 0

  • 0

  • muhammad ridho

  • 4 months ago

jangan msih belum saatnya

  • 0

  • 0

  • 0

  • yani sumar

  • 4 months ago

yg mau tukar poin, cepatan

  • 0

  • 0

  • 0

  • ARIFIN AZA

  • 3 months ago

oooo

  • 0

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.2567316

  • 3 months ago

tergantung kontennya

  • 0

  • 0

  • 0

  • ARIFIN AZA

  • 3 months ago

yayyyay

  • 0

  • 0

  • 0

  • Edy Kurniawan

  • 4 months ago

nda boleh blm cukup umur

  • 0

  • 0

  • 0

  • nona timika

  • 3 months ago

klu saya sih dibatasi penggunaannya. plg lama sejam sebelum tidur siang atau tidur malam. trus kontennya jg yg khusus buat anak anak. hrs di kasi tau jg klu terlalu lama main hp mata cepat lelah dll. walaupun terkadang dia protes knp mama/ papanya bisa pegang hp lama2 😀. smua ada penjelasan.

  • 0

  • 0

  • 0

  • nofrenzza

  • 3 months ago

lebih baik bgtu

  • 0

  • 0

  • 0

  • Dicky Firmansyah

  • 3 months ago

Biar cerdas & jangan ketinggalan sama orang luar...!!!

  • 0

  • 0

  • 0

  • hariyanto yanto

  • 4 months ago

orang tua yg wajib memberikan nasehat dan masukan agar anak jngn sampai lupa bljar dan sholat

  • 0

  • 0

  • 0

  • jony boris

  • 3 months ago

orang tua harus berhati-hati menyikapinya...

  • 0

  • 0

  • 0

  • Sukron Hadi

  • 4 months ago

jangan

  • 0

  • 0

  • 0

  • Joel Fikar

  • 3 months ago

ya harus di kontrol

  • 0

  • 0

  • 0

  • Taupik Hermawan

  • 3 months ago

bagus keren

  • 0

  • 0

  • 0

  • Moeh Fadel

  • 3 months ago

pake jatah waktu aja , misalnya sabtu dan minggu di perbolehkan .

  • 0

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.1404794

  • 3 months ago

katakan tidak untuk anak dibawah 12 thn..

  • 0

  • 0

  • 0

  • Maya Papalia

  • 3 months ago

main aman ajalah

  • 0

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.1885116

  • 3 months ago

Ya menurut saya gadget itu bukan lah hal yang wajib di gunakan, dan juga menurut saya itu hanyalah kebutuhan tersier/untk hiburan saja.

  • 0

  • 0

  • 0

  • Adhi Ristiono

  • 3 months ago

mari galakkan anak u/ banyak bersosialisasi . . - bermain petakumpet dll

  • 0

  • 0

  • 0

  • Syahru aldan

  • 3 months ago

okokok

  • 0

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.1352596

  • 3 months ago

pusing aku mau jawab, makan hrs ada Hp.

  • 0

  • 0

  • 0

  • Indra Gunawan

  • 3 months ago

Gadget boleh saja untuk anak anak tapi ada batasnya dan ada waktunya juga seperty memperbolehkan di waktu libur dan gadget juga menambah semangat untuk supaya lebih giat belajar

  • 0

  • 0

  • 0