Ngobrol

Download Caping, Ikuti topik seru lainnya

Perlukah Merayakan Hari Valentine?


Tanggal 14 Februari yang identik dengan hari valentine selalu menimbulkan perdebatan jika diperbincangkan. Ada orang yang menganggap jika ikut dalam perayaan valentine adalah suatu hal yang biasa. Namun ada juga yang menolak budaya tersebut. Setiap kali tanggal 14 Februari tiba, kita selalu dihadapkan dengan pertanyaan ikut atau tidak ikut merayakan hari valentine.





Jika dilihat dari maknanya, hari valentine berkaitan dengan agama kristen. Berdasarkan sejarahnya 14 Februari merupakan hari dimana orang-orang kristen memperingati kematian Pendeta Valentine. Ia dieksekusi karena menentang kebijakan kaisar Claudius II soal pernikahan. Peristiwa ini membuat tanggal 14 Februari dijadikan sebagai hari kasih sayang.








Penolakan perayaan Hari Valentine didasari oleh makna dari hari itu sendiri. Hari Valentine dianggap sebagai budaya barat dan tidak pantas jika diikuti. Selain itu sering terjadi kasus dimana hari valentine dijadikan ajang untuk melakukan hubungan seksual di luar pernikahan. Kasus tersebut akhirnya menjadi semacam imej negatif yang mendorong masyarakat bahkan pejabat untuk melarang perayaan hari valentine.





Sekarang Capingers sudah mengerti makna dari hari valentine dan bagaimana respon masyarakat Indonesia. Jadi pada tanggal 14 Februari nanti apakah Capingers akan ikut merayakan valentine atau tidak?

Post

  • Agus Bintang Kejhora

  • 2 days ago

hadir

  • 0

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.6658016

  • 2 days ago

cukup bahagia gak usah Valentin

  • 0

  • 0

  • 0

  • L basjaw

  • 1 week ago

owow

  • 2

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.6740832

  • 1 week ago

fwe2tujij

  • 2

  • 0

  • 0

  • FARIDA IKA

  • 1 week ago

igty

  • 3

  • 0

  • 0

  • Boboboy

  • 1 week ago

Valentine bukan budaya kita Budaya kita mah korupsi

  • 10

  • 2

  • 2

  • bermanfaat & kreatif

  • 1 week ago

kokgfkkfcoooo

view more >>

  • SURYADI AHMAD

  • 1 week ago

Gak perlu sih karena kasih sayang pada hakekatnya bisa di apresiasikan setiap saat dan setiap waktu pada pasangan atau kekasih pujaan kita....!

  • 17

  • 0

  • 0

  • Fajrin

  • 1 week ago

harusnya pas valentine libur Nasional, biar generasi muda bangsa ini bisa mempersiapkan lebih matang menyambut malam valentine.

  • 12

  • 2

  • 0

  • Jakarta_No.4138716

  • 1 week ago

valentine itu tidak penting di Raya kan

view more >>

  • bakhtiar

  • 1 week ago

enggak perlu

  • 16

  • 0

  • 0

  • Kakashi Hatal

  • 1 week ago

bodo amat

  • 16

  • 0

  • 0

  • M F R

  • 1 week ago

iyaaa makasih ya

  • 16

  • 0

  • 0

  • phipit kenang

  • 1 week ago

saya tidak merayakan, dan tidak tertarik.

  • 13

  • 1

  • 0

  • Agustin E

  • 1 week ago

Benar... bukan budaya kita... dan bukan ajaran agama kita

  • Jakarta_No.1745630

  • 1 week ago

hari kasih sayang itu seharusnya tiap hari gaes jangan cuman tgl 14 aja, jadi menurit saya pribadi tgl 14 dan lainya itu sama aja gaes

  • 13

  • 1

  • 0

  • Мьон каяермц,

  • 1 week ago

betul gaes

  • +62xx

  • 1 week ago

Hadehhh ,yg namanya sayang²an manjain pasangan tuh tiap hari dong.

  • 15

  • 0

  • 0

  • Kentoez Cazanova

  • 1 week ago

hleh rk penting

  • 15

  • 0

  • 0

  • Gugun Gurnita

  • 1 week ago

Umat Islam NO..!!!

  • 15

  • 0

  • 0

  • Mirzan Ar Rasyid

  • 1 week ago

saya tidak merayakan nya, karena valentine day itu hari zina. haram...

  • 15

  • 0

  • 0

  • Wahyu Subuh

  • 1 week ago

wkwkwk

  • 15

  • 0

  • 0

  • Ican Samsudin

  • 1 week ago

menurut saya itu tergantung orangnya,,yang mau merayakan silahkan,dan yang ga mau juga silahkan.Karena hari valentine itu menurut saya tidak penting .Kalau tidak merayakan juga gak jadi dosa dan ga akan masuk penjara kok .Jadi menurut saya merayakan hari valentine itu perlu gak perlu .

  • 15

  • 0

  • 0

  • Lapanlima_a

  • 1 week ago

Perlu ga perlu si, tapi kan budaya orang Indonesia mah kalo lagi susah ibadah nya kenceng, pas lagi seneng lupa sama ibadahnya.

  • 15

  • 0

  • 0

  • Richa Cha

  • 1 week ago

gk begitu penting karena rasa sayang bisa diungkapkan setiap saat gak harus nunggu tgl 14/02 kan???

  • 15

  • 0

  • 0

  • Artini

  • 1 week ago

tidak perlu

  • 15

  • 0

  • 0

  • herizal Adek

  • 1 week ago

biasa aja

  • 15

  • 0

  • 0

  • Ria Kinanthi

  • 1 week ago

It's not too important for me... everyday is love day.

  • 10

  • 2

  • 0

  • Muhammad Rifai

  • 1 week ago

ya.... good

view more >>

  • Мьон каяермц,

  • 1 week ago

gak perlu

  • 10

  • 2

  • 0

  • Ady Juan

  • 1 week ago

lh emng knpa bos

view more >>

  • Efendi 98

  • 1 week ago

tidak pernah merayakan

  • 14

  • 0

  • 0

  • Nita 123458

  • 1 week ago

perlu

  • 14

  • 0

  • 0

  • Walkot caping

  • 1 week ago

Nyimak sjalah....maklum pak walkot jomblo

  • 14

  • 0

  • 0

  • Zukyy

  • 1 week ago

b aja sih kagak ada spesial spesialnya hari velenten mah kan jomblo , jomblo mah nyimak aja :v

  • 14

  • 0

  • 0

  • gendis 58

  • 1 week ago

kurasa ga usahlah

  • 14

  • 0

  • 0

  • Panggung Lugino

  • 1 week ago

Ra butuh

  • 14

  • 0

  • 0

  • Viiovis _

  • 1 week ago

bagiku setiap hari adalah hari kasih sayang

  • 14

  • 0

  • 0

  • Gats

  • 1 week ago

hmmmm mmmmm

  • 14

  • 0

  • 0

  • nur fitriah

  • 1 week ago

ora penting

  • 14

  • 0

  • 0

  • Edwin M Sirait

  • 1 week ago

jgn dirayakan kalau hanya untuk makan cokelat. buat yg berbeda

  • 14

  • 0

  • 0

  • Farras Faza

  • 1 week ago

saya pribadi sih ngga yaa, tapi kalo orang lain mau merayakan yaa jangan juga dilarang yaa..

  • 14

  • 0

  • 0

  • Palippoei

  • 1 week ago

Biasa aja.. seperti hari hari yang lain.

  • 13

  • 0

  • 0

  • bisimdeba

  • 1 week ago

lha..heran koq buanyak yg sirikk

  • 13

  • 0

  • 0

  • Guruh Satrio Pamungkas

  • 1 week ago

gak ikut

  • 13

  • 0

  • 0

  • Rizal Saputra

  • 1 week ago

sok swet

  • 13

  • 0

  • 0

  • sintiya elina

  • 1 week ago

ohhhhh

  • 13

  • 0

  • 0

  • Yono Chairul

  • 1 week ago

ga perlu kayanya yg penting kerjaan hari 2 tdk terganggu sama hal2 yg kurang penting

  • 13

  • 0

  • 0

  • par no

  • 1 week ago

gak perlu di peringati karena tiap hari udah diperingati

  • 13

  • 0

  • 0

  • Mizan_Fahru

  • 1 week ago

hhmm.....

  • 13

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.4138716

  • 1 week ago

valentine tidak perlu di Raya kan bagi umat islam

  • 13

  • 0

  • 0

  • Pitra

  • 1 week ago

bagus lah

  • 13

  • 0

  • 0

  • Dafa

  • 1 week ago

nyimak wae

  • 13

  • 0

  • 0

  • Bernandus Jah

  • 1 week ago

bodi amat

  • 13

  • 0

  • 0

  • Mudah Akg

  • 1 week ago

selamat yg lagi ngerayain valentine

  • 13

  • 0

  • 0

  • Hendra Hhendra

  • 1 week ago

gak pemting

  • 13

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.6688713

  • 1 week ago

bodo amat

  • 13

  • 0

  • 0

  • Agung Wardhan

  • 1 week ago

Biasa aja

  • 13

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.6612816

  • 1 week ago

bodo amat

  • 13

  • 0

  • 0

  • Ika Nuri

  • 1 week ago

hdrrr

  • 13

  • 0

  • 0

  • asep

  • 1 week ago

biasa aja

  • 13

  • 0

  • 0

  • dwi edi siswo

  • 1 week ago

buat kekasihku yang tdk pernah jumpa semoga kau curahan hatiku

  • 13

  • 0

  • 0

  • rossa.so

  • 1 week ago

tidak terlalu penting,,

  • 13

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.64

  • 1 week ago

perlu

  • 13

  • 0

  • 0

  • LeMinerale

  • 1 week ago

tetap produktif,

  • 13

  • 0

  • 0

  • Elkan Elzira

  • 1 week ago

Saya udah biasa mesra2an dan sayang2an dgn pasangan TIAP HARI....... ^_^

  • 12

  • 0

  • 0

  • Hom Lah Galak-galak

  • 1 week ago

pribadi saya tidak perlu.

  • 12

  • 0

  • 0

  • bisimdeba

  • 1 week ago

ya iyalahh

  • 12

  • 0

  • 0

  • Ady Juan

  • 1 week ago

saya sie ikutan aja biar rame

  • 12

  • 0

  • 0

  • Idrus Muhamad

  • 1 week ago

tidak perlu untuk merayakan

  • 12

  • 0

  • 0

  • ade Riani

  • 1 week ago

Dihari valentine 14 februari 2020, anak aku lahir di dunia, merupakan momen yang tak terlupakan

  • 10

  • 1

  • 0

  • Agustin E

  • 1 week ago

Selamat ya..... semoga menjadi anak yg bisa mengangkat derajat orang tuanya di dunia dan akhirat

  • Ivan

  • 1 week ago

siapa saja bisa merayakan atau pun tidak hari valentine. semuanya tergantung orang memandang hari raya valentine itu. yah kalau makna valentine yang sebenarnya adalah momen untuk mengingatkan untuk menyebarkan / menunjukkan kasih sayang kepada siapa saja terlebih terhadap orang terdekat yang diwujudkan dengan berbagai pemberian (coklat, bunga, dsb). - kalau ada orang yang memaknai dengan negatif dan melakukan hal-hal yang keliru dan negatif, bukan salah hari valentinenya. bukan soal dari mana hari valentine ini dimulai budaya barat atau agama kristen, tapi salah dari orang, oknum yang memaknainya secara keliru. -setiap hari bisa dimaknai sebagai hari valentine-

  • 12

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.6560481

  • 1 week ago

Gak penting juga

  • 12

  • 0

  • 0

  • viansyah

  • 1 week ago

gk penting

  • 12

  • 0

  • 0

  • Ngatebi

  • 1 week ago

Fokus Membangun kebun sebagai sarana hubungan rumah tangga yang sakinah.

  • 12

  • 0

  • 0

  • Ichwan

  • 1 week ago

gak merayakan valentine soalnya saya masih jomblo

  • 12

  • 0

  • 0

  • Rahid

  • 1 week ago

kalo hari duit sedunia pasti saya rayakan

  • 11

  • 0

  • 0

  • kang hen

  • 1 week ago

Media jak yang heboh

  • 11

  • 0

  • 0

  • Febry R O T

  • 1 week ago

lolll

  • 11

  • 0

  • 0

  • Yana Sur Yana

  • 1 week ago

ga mengharap kan

  • 11

  • 0

  • 0

  • Rafli Akbar

  • 1 week ago

gak perlu sama pacar,sama temen aja dah bahagia

  • 11

  • 0

  • 0

  • Dede Supriyad

  • 1 week ago

saya pribadi tidak merayakan valentine,banyak di raya kan dengan hal2 yang banyak mudhorot nya.

  • 11

  • 0

  • 0

  • Alif Adhani

  • 1 week ago

saya rasa tidak perlu, valentine hanya untuk orang kurang kasih sayang saja. seperti saya

  • 10

  • 0

  • 0

  • Kecil Cilik

  • 1 week ago

tidak perlu,tidak ada gunanya

  • 10

  • 0

  • 0

  • M.Faisal Fiqi

  • 1 week ago

Tiada Tuhan selain Allah ❤️❤️

  • 10

  • 0

  • 0

  • Maukari Uly P

  • 1 week ago

semua kembali pada diri kita sndiri. mau ikut rayakan atau tidak tdk jadi masalah. karna tdk ada yg memaksa kita harus ikut. dan tdk ada orang juga yg maksa kita untuk ikutan kaya orang barat yg kebarat-baratan. hanya saja kita sndiri yg Ter'opsesi untuk ikut gaya orang barag.. to mereka saja tdk perna ikut gaya alay alay kita Indonesia ko.. semua bada ribut si.

  • 10

  • 0

  • 0

  • Danang ZR

  • 1 week ago

:v:v:v

  • 10

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.6688648

  • 1 week ago

gsgshhshshhs

  • 10

  • 0

  • 0

  • Muhammad Rifai

  • 1 week ago

di hari valentine saya tidak pernah merayakan saya jomblo... wkwkwkwkkwkw

  • 10

  • 0

  • 0

  • agung

  • 1 week ago

sayang masa cuman sehari . .

  • 10

  • 0

  • 0

  • Sie Treex

  • 1 week ago

mantull

  • 10

  • 0

  • 0

  • Joko budi doy

  • 1 week ago

ya gak harus...bkin hppy aja,yg pnting nyman

  • 10

  • 0

  • 0

  • Eko ade syaefullah (Kolenk jr.

  • 1 week ago

musyrik

  • 10

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.4750335

  • 1 week ago

ngga perlu apa manfaatnya yang ada menjurus ke maksiatan

  • 10

  • 0

  • 0

  • Bu Bun

  • 1 week ago

Tidak ada gunanya

  • 10

  • 0

  • 0

  • Rhirie Fitri

  • 1 week ago

menurut kamuuuuuuu gimanaaaa

  • 10

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.3145682

  • 2 weeks ago

tidak perlu..krn it budaya barat..budaya kita org indonesia.mnunjukkan ksih sayang stiap saat baik kpd psangan,ortu,klrga semua dan sesama mhluk ciptaan yg esa

  • 7

  • 1

  • 0

  • Skyzen

  • 1 week ago

anehnya orang Indonesia ya gitu, anti budaya barat.. tapi koq budaya timur tengah yg ga sesuai sama Indonesia bisa diterima di sini?

  • Andhika Saputra

  • 1 week ago

Tentu tidak

  • 9

  • 0

  • 0

  • Mifzal Syafiq

  • 1 week ago

orang Islam tidak boleh merayakan valentine bro

  • 9

  • 0

  • 0

  • Farhan Buri Z

  • 1 week ago

kalo menurut ku kasih sayang jangan dirayakan pada hari itu aja. kasih sayang tu diberikan setiap hari

  • 9

  • 0

  • 0

  • Dendy Jawir

  • 1 week ago

maaf klu saya pribadi tidak perlu merayakan

  • 9

  • 0

  • 0

  • Dhan Sekizy Pap Pap

  • 1 week ago

sedang ap

  • 9

  • 0

  • 0

  • Van Grooss

  • 1 week ago

hari kasih cynx tidak harus di hari itu dan tgl 14 Februari. kasih sayang bisa setiap saat, setiap waktu, selagi tidak sibuk

  • 9

  • 0

  • 0

  • amiralubis02

  • 2 weeks ago

saya sebagai agama Islam. tidak pernah merayakan hari valentine. Karena tidak boleh dirayakan.

  • 8

  • 0

  • 0

  • Eti Ambarwati

  • 2 weeks ago

Islam melarang hari valentine jd saya tidak merayakan nya

  • 6

  • 1

  • 0

  • Skyzen

  • 1 week ago

situ Islam yg mana? baca tuh berita, orang Islam Dubai yg asli Islamnya aja merayakan Valentine koq..

  • Hernawan

  • 1 week ago

mantap 2

  • 8

  • 0

  • 0

  • Oneil

  • 2 weeks ago

biasa saja

  • 8

  • 0

  • 0

  • Rizkhi

  • 1 week ago

gak perlu sihh menurutku hehehe

  • 8

  • 0

  • 0

  • anonim

  • 1 week ago

enggak

  • 8

  • 0

  • 0

  • Cak Sukris

  • 1 week ago

gak perlu ada hari kasih sayang. krn dri kecil kita sdh diajarkan kasih sayang sesama tanpa harus melihat status sosial.

  • 8

  • 0

  • 0

  • herawadi

  • 1 week ago

tidak perlu

  • 8

  • 0

  • 0

  • Slamet purwan

  • 1 week ago

gak tu

  • 8

  • 0

  • 0

  • Rasiman Putra

  • 1 week ago

anvlddja

  • 8

  • 0

  • 0

  • Taufix Mhd

  • 1 week ago

apakabarr

  • 8

  • 0

  • 0

  • Hendra Palevi

  • 1 week ago

tidak sebab hari valentine adalah hari sex bebas sedunia

  • 8

  • 0

  • 0

  • Tri wahyuning

  • 2 weeks ago

Gak ya

  • 7

  • 0

  • 0

  • GEMA K TOBIGO

  • 2 weeks ago

bagi yg mau rayakan silahkan, bagi saya pribadi cukup rayakan dalam hati asalkan kita juga menyayangi dengan tulus ikhlas.

  • 7

  • 0

  • 0

  • Salman

  • 2 weeks ago

seperti biasa saja

  • 7

  • 0

  • 0

  • Wind from Sou

  • 2 weeks ago

Seperti biasa karena dirayakan setiap hari sama Ortu Pacar Sahabat Teman dll dsb.

  • 7

  • 0

  • 0

  • Faizah Faisal

  • 2 weeks ago

tidak

  • 7

  • 0

  • 0

  • Afandi Afif

  • 1 week ago

seperti biasa ....

  • 7

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.3145682

  • 1 week ago

tdk mnyukai budaya barat itu tdk aneh kok....yg sok kee barat²an itu yg nnrut saya yg aneh

  • 7

  • 0

  • 0

  • arjun

  • 1 week ago

harus

  • 7

  • 0

  • 0

  • Didin Conderfill

  • 1 week ago

astik

  • 7

  • 0

  • 0

  • smart gens

  • 2 weeks ago

perlu karena setiap hari adalah harinya kasih sayang terhadap sesama

  • 7

  • 0

  • 0

  • Iris 505

  • 2 weeks ago

tauku mung pak de karo mbok de, ra tau valentines day. tapi bagi yg merayakan aja

  • 6

  • 0

  • 0

  • Lintank

  • 2 weeks ago

Silahkan sja bagi mreka yg mau mrayaknnya point nya jngan gnakan ksempatan hari valentine itu hnya utk hnya hura2,free sex krna di fkir timingnya bgus nih.Mna ada sih agama khususnya di Indonesia yg mmbolehkan umatnya mlakukan hal2 yg unfaedah dan dosa.

  • 6

  • 0

  • 0

  • Gats

  • 1 week ago

hmmmm

  • 6

  • 0

  • 0

  • Kang AseP

  • 1 week ago

Jika dikaitkan dengan masalah agama dan sejarah kenapa bisa disebut hari "Valentine" orang muslim tidak perlu merayakan karena apa? Toh di Islam aja ga diperbolehkan berpacaran.. jangan khawatir guys hari "Valentine" bukan cuma untuk pasangan kok:) coba aja kalian rayakan hari ini dengan ibu atau kakak perempuan kalian atau bibi dan juga nenek kalian pasti dapat kok makna nya.. oh ya yg ngerayain "Valentine" kemaren.. coklatnya bagi² dong :D

  • 6

  • 0

  • 0

  • Asna Wati

  • 1 week ago

saya lahir d tanggal 14ga pernah tu merasa istimewa/di istimewai

  • 6

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.6721034

  • 1 week ago

tidak perlu karena islam tidak memperbolehkan

  • 6

  • 0

  • 0

  • Didin Conderfill

  • 1 week ago

santuy

  • 6

  • 0

  • 0

  • Tony Safri

  • 2 weeks ago

saya tdk merayakan karena jomblo

  • 6

  • 0

  • 0

  • Heri Haryanto

  • 2 weeks ago

tidak sama sekali.. yg termanis dan terkasih selalu saya dapat setiap saat disaat senang mau pun susah...

  • 6

  • 0

  • 0

  • Alfriz Rizal

  • 2 weeks ago

silahkan jika ada yang merayakannya

  • 6

  • 0

  • 0

  • yani sumar

  • 2 weeks ago

setiap hari selalu disayang

  • 5

  • 0

  • 0

  • Adi Sutrisna

  • 1 week ago

regular day

  • 5

  • 0

  • 0

  • Arif Bofin AR

  • 1 week ago

siswit

  • 5

  • 0

  • 0

  • Bobby

  • 1 week ago

bagi yang merayakan ya gpp bagi yang tidak merayakan juga gpp kan bukan suatu kewajiban

  • 5

  • 0

  • 0

  • wisnu pratama

  • 1 week ago

bagi aq sh semua hari sama y soalnya gk da hari yg spcial

  • 5

  • 0

  • 0

  • AjengRmadhani

  • 1 week ago

happy valentine's

  • 5

  • 0

  • 0

  • Wayangwong

  • 1 week ago

ikut aja ibarat sama² nunggu hujan reda gitu aja repot

  • 5

  • 0

  • 0

  • Doniganteng Joni

  • 1 week ago

hmmmm

  • 5

  • 0

  • 0

  • dwi edi siswo

  • 2 weeks ago

ada yang merayakan valentine ada juga yang tdk mengenal valentine.Jadi tergantung orangnya

  • 5

  • 0

  • 0

  • Nurcahyo Wido

  • 2 weeks ago

tidak pernah merayakan

  • 5

  • 0

  • 0

  • Alif Adhani

  • 2 weeks ago

percuma dirayakan, di kasih kado dan coklat pun belum tentu dia jadi sama kita

  • 5

  • 0

  • 0

  • Imelda Dike

  • 2 weeks ago

penting juga.. walaupun stiap hari sy mndapatkan kasih dan syg. dan hari ini spesial tuk kita semua. HVD for you all

  • 5

  • 0

  • 0

  • dewa

  • 2 weeks ago

mending beli coklat dimakan sendiri... manjain diri sendiri... - auto jomblo

  • 5

  • 0

  • 0

  • Jum Adi

  • 2 weeks ago

tergantung orangnya, kn ada yg munafik, ada yg gk. saya islam kata nya gk perlu rayaiin valentine, tapi lihat sih dikit, hadehhhh, sholat aja jarang dasar islam ktp

  • 4

  • 0

  • 0

  • Abdul Kadir Ilahude

  • 2 weeks ago

Apakah valentine day hr kelahiran valentino rosi? atau hr lahirnya pabrik susu valetine?

  • 4

  • 0

  • 0

  • Wahyu Subuh

  • 1 week ago

hahaha

  • 4

  • 0

  • 0

  • FitaAnanda

  • 1 week ago

gx butuh Valentine2 segala yg penting bahagia sama pasangan itu udah cukup

  • 4

  • 0

  • 0

  • kemal pak

  • 1 week ago

gxudjfjiis

  • 3

  • 0

  • 0

  • Amaru

  • 1 week ago

buat aku setiap hari harus valentine... jadi gak usah dirayakan lahh tohh umat Islam itu diharamkan

  • 3

  • 0

  • 0

  • FARIDA IKA

  • 1 week ago

igty

  • 3

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.6740832

  • 1 week ago

fwe2tujij

  • 2

  • 0

  • 0

  • L basjaw

  • 1 week ago

owow

  • 2

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.6658016

  • 2 days ago

cukup bahagia gak usah Valentin

  • 0

  • 0

  • 0

  • Agus Bintang Kejhora

  • 2 days ago

hadir

  • 0

  • 0

  • 0