Ngobrol

Download Caping, Ikuti topik seru lainnya

Perlukah Merayakan Hari Valentine?


Tanggal 14 Februari yang identik dengan hari valentine selalu menimbulkan perdebatan jika diperbincangkan. Ada orang yang menganggap jika ikut dalam perayaan valentine adalah suatu hal yang biasa. Namun ada juga yang menolak budaya tersebut. Setiap kali tanggal 14 Februari tiba, kita selalu dihadapkan dengan pertanyaan ikut atau tidak ikut merayakan hari valentine.





Jika dilihat dari maknanya, hari valentine berkaitan dengan agama kristen. Berdasarkan sejarahnya 14 Februari merupakan hari dimana orang-orang kristen memperingati kematian Pendeta Valentine. Ia dieksekusi karena menentang kebijakan kaisar Claudius II soal pernikahan. Peristiwa ini membuat tanggal 14 Februari dijadikan sebagai hari kasih sayang.








Penolakan perayaan Hari Valentine didasari oleh makna dari hari itu sendiri. Hari Valentine dianggap sebagai budaya barat dan tidak pantas jika diikuti. Selain itu sering terjadi kasus dimana hari valentine dijadikan ajang untuk melakukan hubungan seksual di luar pernikahan. Kasus tersebut akhirnya menjadi semacam imej negatif yang mendorong masyarakat bahkan pejabat untuk melarang perayaan hari valentine.





Sekarang Capingers sudah mengerti makna dari hari valentine dan bagaimana respon masyarakat Indonesia. Jadi pada tanggal 14 Februari nanti apakah Capingers akan ikut merayakan valentine atau tidak?

Post

  • Jasmine Nandia Bagaskara

  • 2 months ago

Tidak krna tak ada pasangan

  • 0

  • 0

  • 0

  • Yosha

  • 2 months ago

Sesuai dengan norma dan budaya yang berlaku

  • 0

  • 0

  • 0

  • ADIYANDRIANA

  • 2 months ago

gk perlu..kn bukan cm valentine ja kita syng2an setiap hr kita bisa klo udh nikah maksudnya.

  • 0

  • 0

  • 0

  • Srii van Voll

  • 2 months ago

tidur santuy dirmh

  • 0

  • 0

  • 0

  • the black

  • 3 months ago

hari valentine moment yang di inginkan oleh para remaja...

  • 0

  • 0

  • 0

  • Boboboy

  • 3 months ago

Valentine bukan budaya kita Budaya kita mah korupsi

  • 10

  • 2

  • 2

  • bermanfaat & kreatif

  • 3 months ago

kokgfkkfcoooo

view more >>

  • SURYADI AHMAD

  • 3 months ago

Gak perlu sih karena kasih sayang pada hakekatnya bisa di apresiasikan setiap saat dan setiap waktu pada pasangan atau kekasih pujaan kita....!

  • 17

  • 0

  • 0

  • Fajrin

  • 3 months ago

harusnya pas valentine libur Nasional, biar generasi muda bangsa ini bisa mempersiapkan lebih matang menyambut malam valentine.

  • 12

  • 2

  • 0

  • Jakarta_No.4138716

  • 3 months ago

valentine itu tidak penting di Raya kan

view more >>

  • bakhtiar

  • 3 months ago

enggak perlu

  • 16

  • 0

  • 0

  • Kakashi Hatal

  • 3 months ago

bodo amat

  • 16

  • 0

  • 0

  • M F R

  • 3 months ago

iyaaa makasih ya

  • 16

  • 0

  • 0

  • phipit kenang

  • 3 months ago

saya tidak merayakan, dan tidak tertarik.

  • 13

  • 1

  • 0

  • Agustin Ernaw

  • 3 months ago

Benar... bukan budaya kita... dan bukan ajaran agama kita

  • Jakarta_No.1745630

  • 3 months ago

hari kasih sayang itu seharusnya tiap hari gaes jangan cuman tgl 14 aja, jadi menurit saya pribadi tgl 14 dan lainya itu sama aja gaes

  • 13

  • 1

  • 0

  • Мьон каяермц,

  • 3 months ago

betul gaes

  • +62xx

  • 3 months ago

Hadehhh ,yg namanya sayang²an manjain pasangan tuh tiap hari dong.

  • 15

  • 0

  • 0

  • Kentoez Cazanova

  • 3 months ago

hleh rk penting

  • 15

  • 0

  • 0

  • Gugun Gurnita

  • 3 months ago

Umat Islam NO..!!!

  • 15

  • 0

  • 0

  • Mirzan Ar Rasyid

  • 3 months ago

saya tidak merayakan nya, karena valentine day itu hari zina. haram...

  • 15

  • 0

  • 0

  • Wahyu Subuh

  • 3 months ago

wkwkwk

  • 15

  • 0

  • 0

  • Ica Samsudin

  • 3 months ago

menurut saya itu tergantung orangnya,,yang mau merayakan silahkan,dan yang ga mau juga silahkan.Karena hari valentine itu menurut saya tidak penting .Kalau tidak merayakan juga gak jadi dosa dan ga akan masuk penjara kok .Jadi menurut saya merayakan hari valentine itu perlu gak perlu .

  • 15

  • 0

  • 0

  • Lapanlima_a

  • 3 months ago

Perlu ga perlu si, tapi kan budaya orang Indonesia mah kalo lagi susah ibadah nya kenceng, pas lagi seneng lupa sama ibadahnya.

  • 15

  • 0

  • 0

  • Richa Cha

  • 3 months ago

gk begitu penting karena rasa sayang bisa diungkapkan setiap saat gak harus nunggu tgl 14/02 kan???

  • 15

  • 0

  • 0

  • Artini

  • 3 months ago

tidak perlu

  • 15

  • 0

  • 0

  • herizal Adek

  • 3 months ago

biasa aja

  • 15

  • 0

  • 0

  • Ria Kinanthi

  • 3 months ago

It's not too important for me... everyday is love day.

  • 10

  • 2

  • 0

  • muhammad rifa

  • 3 months ago

ya.... good

view more >>

  • Мьон каяермц,

  • 3 months ago

gak perlu

  • 10

  • 2

  • 0

  • Ady Juan

  • 3 months ago

lh emng knpa bos

view more >>

  • Efendi 98

  • 3 months ago

tidak pernah merayakan

  • 14

  • 0

  • 0

  • Nita 123458

  • 3 months ago

perlu

  • 14

  • 0

  • 0

  • Walkot caping

  • 3 months ago

Nyimak sjalah....maklum pak walkot jomblo

  • 14

  • 0

  • 0

  • Zukyy

  • 3 months ago

b aja sih kagak ada spesial spesialnya hari velenten mah kan jomblo , jomblo mah nyimak aja :v

  • 14

  • 0

  • 0

  • gendis 58

  • 3 months ago

kurasa ga usahlah

  • 14

  • 0

  • 0

  • Lugino

  • 3 months ago

Ra butuh

  • 14

  • 0

  • 0

  • Viiovis _

  • 3 months ago

bagiku setiap hari adalah hari kasih sayang

  • 14

  • 0

  • 0

  • Gats

  • 3 months ago

hmmmm mmmmm

  • 14

  • 0

  • 0

  • i pit

  • 3 months ago

ora penting

  • 14

  • 0

  • 0

  • Edwin M Sirait

  • 3 months ago

jgn dirayakan kalau hanya untuk makan cokelat. buat yg berbeda

  • 14

  • 0

  • 0

  • Farras Faza

  • 3 months ago

saya pribadi sih ngga yaa, tapi kalo orang lain mau merayakan yaa jangan juga dilarang yaa..

  • 14

  • 0

  • 0

  • Batote

  • 3 months ago

Biasa aja.. seperti hari hari yang lain.

  • 13

  • 0

  • 0

  • bisimdeba

  • 3 months ago

lha..heran koq buanyak yg sirikk

  • 13

  • 0

  • 0

  • Guruh Satrio Pamungkas

  • 3 months ago

gak ikut

  • 13

  • 0

  • 0

  • Rizal Saputra

  • 3 months ago

sok swet

  • 13

  • 0

  • 0

  • sintiya elina

  • 3 months ago

ohhhhh

  • 13

  • 0

  • 0

  • Yono Chairul

  • 3 months ago

ga perlu kayanya yg penting kerjaan hari 2 tdk terganggu sama hal2 yg kurang penting

  • 13

  • 0

  • 0

  • par no

  • 3 months ago

gak perlu di peringati karena tiap hari udah diperingati

  • 13

  • 0

  • 0

  • Mizan_Fahru

  • 3 months ago

hhmm.....

  • 13

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.4138716

  • 3 months ago

valentine tidak perlu di Raya kan bagi umat islam

  • 13

  • 0

  • 0

  • Pitra

  • 3 months ago

bagus lah

  • 13

  • 0

  • 0

  • Dafa

  • 3 months ago

nyimak wae

  • 13

  • 0

  • 0

  • Bernandus Jah

  • 3 months ago

bodi amat

  • 13

  • 0

  • 0

  • Mudah Akg

  • 3 months ago

selamat yg lagi ngerayain valentine

  • 13

  • 0

  • 0

  • Hendra Hhendra

  • 3 months ago

gak pemting

  • 13

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.6688713

  • 3 months ago

bodo amat

  • 13

  • 0

  • 0

  • Agung Wardhan

  • 3 months ago

Biasa aja

  • 13

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.6612816

  • 3 months ago

bodo amat

  • 13

  • 0

  • 0

  • Ika Nuri

  • 3 months ago

hdrrr

  • 13

  • 0

  • 0

  • asep

  • 3 months ago

biasa aja

  • 13

  • 0

  • 0

  • dwi edi siswo

  • 3 months ago

buat kekasihku yang tdk pernah jumpa semoga kau curahan hatiku

  • 13

  • 0

  • 0

  • rossa.so

  • 3 months ago

tidak terlalu penting,,

  • 13

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.64

  • 3 months ago

perlu

  • 13

  • 0

  • 0

  • LeMinerale

  • 3 months ago

tetap produktif,

  • 13

  • 0

  • 0

  • Elkan Elzira

  • 3 months ago

Saya udah biasa mesra2an dan sayang2an dgn pasangan TIAP HARI....... ^_^

  • 12

  • 0

  • 0

  • Hom Lah Galak-galak

  • 3 months ago

pribadi saya tidak perlu.

  • 12

  • 0

  • 0

  • bisimdeba

  • 3 months ago

ya iyalahh

  • 12

  • 0

  • 0

  • Ady Juan

  • 3 months ago

saya sie ikutan aja biar rame

  • 12

  • 0

  • 0

  • Idrus Muhamad

  • 3 months ago

tidak perlu untuk merayakan

  • 12

  • 0

  • 0

  • ade Riani

  • 3 months ago

Dihari valentine 14 februari 2020, anak aku lahir di dunia, merupakan momen yang tak terlupakan

  • 10

  • 1

  • 0

  • Agustin Ernaw

  • 3 months ago

Selamat ya..... semoga menjadi anak yg bisa mengangkat derajat orang tuanya di dunia dan akhirat

  • Ivone

  • 3 months ago

siapa saja bisa merayakan atau pun tidak hari valentine. semuanya tergantung orang memandang hari raya valentine itu. yah kalau makna valentine yang sebenarnya adalah momen untuk mengingatkan untuk menyebarkan / menunjukkan kasih sayang kepada siapa saja terlebih terhadap orang terdekat yang diwujudkan dengan berbagai pemberian (coklat, bunga, dsb). - kalau ada orang yang memaknai dengan negatif dan melakukan hal-hal yang keliru dan negatif, bukan salah hari valentinenya. bukan soal dari mana hari valentine ini dimulai budaya barat atau agama kristen, tapi salah dari orang, oknum yang memaknainya secara keliru. -setiap hari bisa dimaknai sebagai hari valentine-

  • 12

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.6560481

  • 3 months ago

Gak penting juga

  • 12

  • 0

  • 0

  • viansyah

  • 3 months ago

gk penting

  • 12

  • 0

  • 0

  • Ngatebi

  • 3 months ago

Fokus Membangun kebun sebagai sarana hubungan rumah tangga yang sakinah.

  • 12

  • 0

  • 0

  • Ichwan

  • 3 months ago

gak merayakan valentine soalnya saya masih jomblo

  • 12

  • 0

  • 0

  • Rahid

  • 3 months ago

kalo hari duit sedunia pasti saya rayakan

  • 11

  • 0

  • 0

  • kang hen

  • 3 months ago

Media jak yang heboh

  • 11

  • 0

  • 0

  • Febry R O T

  • 3 months ago

lolll

  • 11

  • 0

  • 0

  • Yana Sur Yana

  • 3 months ago

ga mengharap kan

  • 11

  • 0

  • 0

  • Rafli Akbar

  • 3 months ago

gak perlu sama pacar,sama temen aja dah bahagia

  • 11

  • 0

  • 0

  • Dede Supriyad

  • 3 months ago

saya pribadi tidak merayakan valentine,banyak di raya kan dengan hal2 yang banyak mudhorot nya.

  • 11

  • 0

  • 0

  • Alif Adhani

  • 3 months ago

saya rasa tidak perlu, valentine hanya untuk orang kurang kasih sayang saja. seperti saya

  • 10

  • 0

  • 0

  • Kecil Cilik

  • 3 months ago

tidak perlu,tidak ada gunanya

  • 10

  • 0

  • 0

  • M.Faisal Fiqi

  • 3 months ago

Tiada Tuhan selain Allah ❤️❤️

  • 10

  • 0

  • 0

  • Maukari Uly P

  • 3 months ago

semua kembali pada diri kita sndiri. mau ikut rayakan atau tidak tdk jadi masalah. karna tdk ada yg memaksa kita harus ikut. dan tdk ada orang juga yg maksa kita untuk ikutan kaya orang barat yg kebarat-baratan. hanya saja kita sndiri yg Ter'opsesi untuk ikut gaya orang barag.. to mereka saja tdk perna ikut gaya alay alay kita Indonesia ko.. semua bada ribut si.

  • 10

  • 0

  • 0

  • Danang ZR

  • 3 months ago

:v:v:v

  • 10

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.6688648

  • 3 months ago

gsgshhshshhs

  • 10

  • 0

  • 0

  • muhammad rifa

  • 3 months ago

di hari valentine saya tidak pernah merayakan saya jomblo... wkwkwkwkkwkw

  • 10

  • 0

  • 0

  • agung

  • 3 months ago

sayang masa cuman sehari . .

  • 10

  • 0

  • 0

  • Sie Treex

  • 3 months ago

mantull

  • 10

  • 0

  • 0

  • Joko budi doy

  • 3 months ago

ya gak harus...bkin hppy aja,yg pnting nyman

  • 10

  • 0

  • 0

  • Eko ade syaefullah (Kolenk jr.

  • 3 months ago

musyrik

  • 10

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.4750335

  • 3 months ago

ngga perlu apa manfaatnya yang ada menjurus ke maksiatan

  • 10

  • 0

  • 0

  • Bu Bun

  • 3 months ago

Tidak ada gunanya

  • 10

  • 0

  • 0

  • Rhirie Fitri

  • 3 months ago

menurut kamuuuuuuu gimanaaaa

  • 10

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.3145682

  • 3 months ago

tidak perlu..krn it budaya barat..budaya kita org indonesia.mnunjukkan ksih sayang stiap saat baik kpd psangan,ortu,klrga semua dan sesama mhluk ciptaan yg esa

  • 7

  • 1

  • 0

  • Skyzen

  • 3 months ago

anehnya orang Indonesia ya gitu, anti budaya barat.. tapi koq budaya timur tengah yg ga sesuai sama Indonesia bisa diterima di sini?

  • Andhika Saputra

  • 3 months ago

Tentu tidak

  • 9

  • 0

  • 0

  • Mifzal Syafiq

  • 3 months ago

orang Islam tidak boleh merayakan valentine bro

  • 9

  • 0

  • 0

  • Rizamz_

  • 3 months ago

kalo menurut ku kasih sayang jangan dirayakan pada hari itu aja. kasih sayang tu diberikan setiap hari

  • 9

  • 0

  • 0

  • Dendy Jawir

  • 3 months ago

maaf klu saya pribadi tidak perlu merayakan

  • 9

  • 0

  • 0

  • Dhan Sekizy Pap Pap

  • 3 months ago

sedang ap

  • 9

  • 0

  • 0

  • Van Grooss

  • 3 months ago

hari kasih cynx tidak harus di hari itu dan tgl 14 Februari. kasih sayang bisa setiap saat, setiap waktu, selagi tidak sibuk

  • 9

  • 0

  • 0

  • amiralubis02

  • 3 months ago

saya sebagai agama Islam. tidak pernah merayakan hari valentine. Karena tidak boleh dirayakan.

  • 8

  • 0

  • 0

  • Eti Ambarwati

  • 3 months ago

Islam melarang hari valentine jd saya tidak merayakan nya

  • 6

  • 1

  • 0

  • Skyzen

  • 3 months ago

situ Islam yg mana? baca tuh berita, orang Islam Dubai yg asli Islamnya aja merayakan Valentine koq..

  • Hernawan

  • 3 months ago

mantap 2

  • 8

  • 0

  • 0

  • Oneil

  • 3 months ago

biasa saja

  • 8

  • 0

  • 0

  • Rizkhi

  • 3 months ago

gak perlu sihh menurutku hehehe

  • 8

  • 0

  • 0

  • anonim

  • 3 months ago

enggak

  • 8

  • 0

  • 0

  • Cak Sukris

  • 3 months ago

gak perlu ada hari kasih sayang. krn dri kecil kita sdh diajarkan kasih sayang sesama tanpa harus melihat status sosial.

  • 8

  • 0

  • 0

  • herawadi

  • 3 months ago

tidak perlu

  • 8

  • 0

  • 0

  • Slamet purwan

  • 3 months ago

gak tu

  • 8

  • 0

  • 0

  • Rasiman Putra

  • 3 months ago

anvlddja

  • 8

  • 0

  • 0

  • Taufix Mhd

  • 3 months ago

apakabarr

  • 8

  • 0

  • 0

  • Hendra Palevi

  • 3 months ago

tidak sebab hari valentine adalah hari sex bebas sedunia

  • 8

  • 0

  • 0

  • Tri wahyuning

  • 3 months ago

Gak ya

  • 7

  • 0

  • 0

  • GEMA K TOBIGO

  • 3 months ago

bagi yg mau rayakan silahkan, bagi saya pribadi cukup rayakan dalam hati asalkan kita juga menyayangi dengan tulus ikhlas.

  • 7

  • 0

  • 0

  • Salman

  • 3 months ago

seperti biasa saja

  • 7

  • 0

  • 0

  • Wind from Sou

  • 3 months ago

Seperti biasa karena dirayakan setiap hari sama Ortu Pacar Sahabat Teman dll dsb.

  • 7

  • 0

  • 0

  • Faizah Faisal

  • 3 months ago

tidak

  • 7

  • 0

  • 0

  • Afandi Afif

  • 3 months ago

seperti biasa ....

  • 7

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.3145682

  • 3 months ago

tdk mnyukai budaya barat itu tdk aneh kok....yg sok kee barat²an itu yg nnrut saya yg aneh

  • 7

  • 0

  • 0

  • arjun

  • 3 months ago

harus

  • 7

  • 0

  • 0

  • Didin Conderfill

  • 3 months ago

astik

  • 7

  • 0

  • 0

  • smart gens

  • 3 months ago

perlu karena setiap hari adalah harinya kasih sayang terhadap sesama

  • 7

  • 0

  • 0

  • Iris 505

  • 3 months ago

tauku mung pak de karo mbok de, ra tau valentines day. tapi bagi yg merayakan aja

  • 6

  • 0

  • 0

  • Lintank

  • 3 months ago

Silahkan sja bagi mreka yg mau mrayaknnya point nya jngan gnakan ksempatan hari valentine itu hnya utk hnya hura2,free sex krna di fkir timingnya bgus nih.Mna ada sih agama khususnya di Indonesia yg mmbolehkan umatnya mlakukan hal2 yg unfaedah dan dosa.

  • 6

  • 0

  • 0

  • Gats

  • 3 months ago

hmmmm

  • 6

  • 0

  • 0

  • Kang AseP

  • 3 months ago

Jika dikaitkan dengan masalah agama dan sejarah kenapa bisa disebut hari "Valentine" orang muslim tidak perlu merayakan karena apa? Toh di Islam aja ga diperbolehkan berpacaran.. jangan khawatir guys hari "Valentine" bukan cuma untuk pasangan kok:) coba aja kalian rayakan hari ini dengan ibu atau kakak perempuan kalian atau bibi dan juga nenek kalian pasti dapat kok makna nya.. oh ya yg ngerayain "Valentine" kemaren.. coklatnya bagi² dong :D

  • 6

  • 0

  • 0

  • Asna Wati

  • 3 months ago

saya lahir d tanggal 14ga pernah tu merasa istimewa/di istimewai

  • 6

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.6721034

  • 3 months ago

tidak perlu karena islam tidak memperbolehkan

  • 6

  • 0

  • 0

  • Didin Conderfill

  • 3 months ago

santuy

  • 6

  • 0

  • 0

  • Tony Safri

  • 3 months ago

saya tdk merayakan karena jomblo

  • 6

  • 0

  • 0

  • Heri Haryanto

  • 3 months ago

tidak sama sekali.. yg termanis dan terkasih selalu saya dapat setiap saat disaat senang mau pun susah...

  • 6

  • 0

  • 0

  • Alfriz Rizal

  • 3 months ago

silahkan jika ada yang merayakannya

  • 6

  • 0

  • 0

  • yani sumar

  • 3 months ago

setiap hari selalu disayang

  • 5

  • 0

  • 0

  • Adi Sutrisna

  • 3 months ago

regular day

  • 5

  • 0

  • 0

  • Arif Bofin AR

  • 3 months ago

siswit

  • 5

  • 0

  • 0

  • Bobby

  • 3 months ago

bagi yang merayakan ya gpp bagi yang tidak merayakan juga gpp kan bukan suatu kewajiban

  • 5

  • 0

  • 0

  • wisnu pratama

  • 3 months ago

bagi aq sh semua hari sama y soalnya gk da hari yg spcial

  • 5

  • 0

  • 0

  • AjengRmadhani

  • 3 months ago

happy valentine's

  • 5

  • 0

  • 0

  • Wayangwong

  • 3 months ago

ikut aja ibarat sama² nunggu hujan reda gitu aja repot

  • 5

  • 0

  • 0

  • Doniganteng J

  • 3 months ago

hmmmm

  • 5

  • 0

  • 0

  • dwi edi siswo

  • 3 months ago

ada yang merayakan valentine ada juga yang tdk mengenal valentine.Jadi tergantung orangnya

  • 5

  • 0

  • 0

  • Nurcahyo Wido

  • 3 months ago

tidak pernah merayakan

  • 5

  • 0

  • 0

  • Alif Adhani

  • 3 months ago

percuma dirayakan, di kasih kado dan coklat pun belum tentu dia jadi sama kita

  • 5

  • 0

  • 0

  • Imelda Dike

  • 3 months ago

penting juga.. walaupun stiap hari sy mndapatkan kasih dan syg. dan hari ini spesial tuk kita semua. HVD for you all

  • 5

  • 0

  • 0

  • dewa

  • 3 months ago

mending beli coklat dimakan sendiri... manjain diri sendiri... - auto jomblo

  • 5

  • 0

  • 0

  • Jum Adi

  • 3 months ago

tergantung orangnya, kn ada yg munafik, ada yg gk. saya islam kata nya gk perlu rayaiin valentine, tapi lihat sih dikit, hadehhhh, sholat aja jarang dasar islam ktp

  • 4

  • 0

  • 0

  • Abdul Kadir Ilahude

  • 3 months ago

Apakah valentine day hr kelahiran valentino rosi? atau hr lahirnya pabrik susu valetine?

  • 4

  • 0

  • 0

  • Wahyu Subuh

  • 3 months ago

hahaha

  • 4

  • 0

  • 0

  • FitaAnanda

  • 3 months ago

gx butuh Valentine2 segala yg penting bahagia sama pasangan itu udah cukup

  • 4

  • 0

  • 0

  • kemal pak

  • 3 months ago

gxudjfjiis

  • 3

  • 0

  • 0

  • Amaru

  • 3 months ago

buat aku setiap hari harus valentine... jadi gak usah dirayakan lahh tohh umat Islam itu diharamkan

  • 3

  • 0

  • 0

  • FARIDA IKA

  • 3 months ago

igty

  • 3

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.6740832

  • 3 months ago

fwe2tujij

  • 2

  • 0

  • 0

  • L basjaw

  • 3 months ago

owow

  • 2

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.6658016

  • 3 months ago

cukup bahagia gak usah Valentin

  • 0

  • 0

  • 0

  • Yosha

  • 2 months ago

Sesuai dengan norma dan budaya yang berlaku

  • 0

  • 0

  • 0

  • Srii van Voll

  • 2 months ago

tidur santuy dirmh

  • 0

  • 0

  • 0

  • Jasmine Nandia Bagaskara

  • 2 months ago

Tidak krna tak ada pasangan

  • 0

  • 0

  • 0

  • Agus Bintang Kejhora

  • 3 months ago

hadir

  • 0

  • 0

  • 0

  • ADIYANDRIANA

  • 2 months ago

gk perlu..kn bukan cm valentine ja kita syng2an setiap hr kita bisa klo udh nikah maksudnya.

  • 0

  • 0

  • 0

  • the black

  • 3 months ago

hari valentine moment yang di inginkan oleh para remaja...

  • 0

  • 0

  • 0