Ngobrol

Download Caping, Ikuti topik seru lainnya

Salat Pakai Masker Saat Pandemi, Gimana Hukumnya?


Video pengurus masjid di Bekasi larang jemaah pakai masker dalam masjid viral di media sosial. Dalam video itu tampak seorang jemaah pria yang hendak salat mengenakan masker itu didatangi oleh beberapa takmir masjid.





"Jangan pakai masker, ada perbedaan masjid dengan pasar," kata salah seorang takmir seperti dikutip Suara.com, Senin (3/5).





Sang jemaah tetap bersikeras bahwa mengenakan masker di dalam masjid merupakan aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah untuk mencegah penularan Covid-19.





Ironisnya, jamaah masjid lainnya ikut menghakimi dan menyebut kalau masjid punya aturan sendiri yang berbeda dengan pemerintah.





Sontak kejadian ini pun langsung viral di media sosial. Banyak netizen yang geram dengan aksi tersebut, padahal jemaah itu tertib menerapkan protokol kesehatan.










Dikutip dari Republika, para ulama menyebutkan “hadist masker” benar adanya. Dalam al-Kutub as-Sittah (Kitab Hadis yang Enam) disebutkan sebagai berikut:





“Dari Abu Hurairah RA, sesungguhnya Rasulullah SAW melarang sadl (menjulurkan pakaian) di dalam sholat dan melarang seseorang menutupi mulutnya.” (HR Abu Dawud)





Dari hadist tersebut Rasulullah memang melarang kita menutupi mulut dengan suatu benda seperti masker, kain, jari tangan, dan lain-lain ketika sholat.  





Di antara alasannya adalah karena hal itu akan menghambat bacaan sholat dan menghalangi tersentuhnya hidung pada tempat sujud secara langsung sehingga mengurangi kesempurnaan sujud.





Tetapi larangan itu berlaku dalam kondisi normal dan tidak ada kebutuhan atau sebab yang mengharuskan kita menutupi mulut. Jika ada kondisi atau sebab yang mengharuskan kita untuk menutup mulut, maka hal itu diperbolehkan.





Nah, jadi dari kejadian viral tersebut kalau pendapat Capingers gimana, nih?

Post

  • ricita whri8w

  • 1 month ago

wah ribet amat

  • 1

  • 0

  • 0

  • Ade Wdr

  • 2 months ago

wajib pakai masker karena dalam keadaan pandemi bawa sajadah sendiri, sebaiknya setelah di bawa pulang, sajadahnya langsung di cuci, dan tikar masjidnya juga Lebih sering solat di rumah #DiRumahAja

  • 9

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.1851282

  • 2 months ago

intinya kita ini ibadah, jdi jgn di persulit,, nah kl di Arab Sana macam2orang Cara ibadah Ada yg cuma pake gamis aja ngk pake mukena tangan kaki kliatan, Ada yg solat pegang Qur, an, ngk masalah tu,, itu hanya Allah yg tau,

  • 8

  • 0

  • 0

  • Ayu Biuty

  • 2 months ago

islam tu indah.semua jls.mmng dilarang.tp ttp ad pengecualiannya.low mmng posisi nya hrs ya gpp pake masker.tp allah kan maha tau.kita bgt krn ngikuti aturan untuk kebaikan bersama

  • 10

  • 0

  • 0

  • Ewis

  • 2 months ago

maut kt udah ditentukan,berarti anda memilih duniawi

  • 2

  • 0

  • 0

  • Achmad Zaenur

  • 2 months ago

Pengurusnya harus lebih banyak belajar lagi tentang khazanah hukum Islam, memang benar ada hadis riwayat abu Hurairah yg melarang memakai masker ketika sholat, tapi didalam hadist tsb ada rawi yg bernama Hasan bin zakwan yg menurut para kritikus hadist, dia adalah rawi yg dhaif, dan sebagian ulama berpendapat bahwa status hadist ini Hasan, dan larangan tsb tidak sampai kepada hukum haram, bahkan imam Ibnu Majah sendiri meletakan hadist tsb pada bab makruhatu fissholah. lagipula larangan tsb tidak berlaku umum tapi memiliki sebab yg khusus yaitu agar tidak menyerupai orang majusi dalam beribadah, maka hukum memakai masker dalam masjid pada musim pandemi di perbolehkan.

  • 52

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.10480960

  • 2 months ago

Allah tidak pernah menyusahkan hambanya bgmn prasangka kamu aja krn ini msh musim pandemi mungkin pke masker lbh baik salam kompak slalu

  • 51

  • 0

  • 0

  • ꍟꀘꌗꍏꈤ ꃅꀤꀸꍏꌩꍏ꓄

  • 2 months ago

Entahlah, yg pasti Allah SWT maha baik & penyayang serta mengetahui. pasti do'a & ibadah diterima. selalu husnuzan aja

  • 49

  • 1

  • 0

  • KUNTILANAK

  • 2 months ago

siap pak lurah

  • KUNTILANAK

  • 2 months ago

ane kalau sholat jum'at ke masjid ya pakai masker, agar supaya tidak tertular virus covid-19, bahaya buat kita kalau tertular virus covid-19 saat sholat jum'at dimesjid

  • 50

  • 0

  • 0

  • Muhammad Rifai

  • 2 months ago

dasar dlm nya hanya memahami hadist dan alquran mengunakan akal bkn mengunakan tafsirul qura'an dan ilmu mustolahul hadist

  • 50

  • 0

  • 0

  • Lapor pak

  • 2 months ago

kalau menurutku semua ibadah tu baik dan fleksibel gak memaksa..tergantung niatnya, misalnya sholat dikendaraan masih bisa karena niatnya ..bila dah pasti tidak air buat wudhu , bisa tayamum , gak bisa berdiri..bisa dengan duduk atau berbaring

  • 49

  • 0

  • 0

  • aciksu

  • 2 months ago

boleh dan sah sah saja asal. masker nya juga bersih dan steril dari virus

  • 46

  • 0

  • 0

  • Nhipon

  • 2 months ago

hemm

  • 44

  • 0

  • 0

  • Loli Shisi

  • 2 months ago

gapapa bukannya pake masker, Kan lagi pendemi

  • 44

  • 0

  • 0

  • SHOWBIZ GOSSI

  • 2 months ago

pas jaman nabi muhammad blm ada virus corona boss jadi blm ada hadist yg secara gamblang membahas itu. seandainya pandemi terjadi di saat itu saya yakin rasulullah tidak akan membahayakan keselamatan dirinya sendiri dan orang lain pada umumnya. jangan harus plek karena memang kondisinya saat ini nggak sama dengan dulu

  • 42

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.6872834

  • 2 months ago

yang penting maskernya bersih,ga najis/kotor

  • 41

  • 0

  • 0

  • Yeni Wulandari

  • 2 months ago

nyimak

  • 37

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.463400

  • 2 months ago

viral

  • 35

  • 0

  • 0

  • Edy Ma'ruf

  • 2 months ago

good

  • 33

  • 0

  • 0

  • Norjihan

  • 2 months ago

hmmm

  • 32

  • 0

  • 0

  • NISSA

  • 2 months ago

ho,oh

  • 29

  • 0

  • 0

  • Uday Sepang

  • 2 months ago

nyimak aja ..

  • 28

  • 0

  • 0

  • saning eddo

  • 2 months ago

keputusan yg diambil pemerintah adalah keputusan yg harus di patuhi,karena bila ada suatu wabah pandemi yg mengancam kehidupan orang banyak maka keputusan pemerintah itu di bolehkan.agama tidak menyulitkan hukum dan aturannya,tetapi orangnya saja yang mempersulit keadaan.

  • 24

  • 0

  • 0

  • ARI ARDIANSYA

  • 2 months ago

halah

  • 24

  • 0

  • 0

  • Fitri123

  • 2 months ago

kita harus mematuhi proses meskipun itu di masjid

  • 22

  • 0

  • 0

  • Bintang

  • 2 months ago

yang aman ber ibadah dirumah saja

  • 20

  • 0

  • 0

  • Norjihan

  • 2 months ago

hhhhhh

  • 19

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.9870888

  • 2 months ago

096th vvc

  • 18

  • 0

  • 0

  • Cacing tanah

  • 2 months ago

gggggggggyggy

  • 12

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.6016361

  • 2 months ago

z dan

  • 11

  • 0

  • 0

  • Pak Siregar

  • 2 months ago

kita juga salat pake masker selama pandemi ini. tidak masalah pake masker atau tidak

  • 11

  • 0

  • 0

  • Abahe Kevin

  • 2 months ago

Jgn kan dimaajid biasa lah dimaajidil haram ae gak gitu" amat . Emang Allah jamin org sholat dimaajid gak kena Corona ?

  • 11

  • 0

  • 0

  • ahmadhardi maulana

  • 2 months ago

jangan pernah mempersulit orang lain beribadah, karana akn mempersulit kita untuk masuk kesurga, dlu nabi memperjuangkan agar manusia mw ibadah sangat lah sulit dengan berbagai pengorbanan dia lakukan, tp sekarang umat nabi mw ibadah malh di usir,

  • 11

  • 0

  • 0

  • Ayu Biuty

  • 2 months ago

islam tu indah.semua jls.mmng dilarang.tp ttp ad pengecualiannya.low mmng posisi nya hrs ya gpp pake masker.tp allah kan maha tau.kita bgt krn ngikuti aturan untuk kebaikan bersama

  • 10

  • 0

  • 0

  • Ade Wdr

  • 2 months ago

wajib pakai masker karena dalam keadaan pandemi bawa sajadah sendiri, sebaiknya setelah di bawa pulang, sajadahnya langsung di cuci, dan tikar masjidnya juga Lebih sering solat di rumah #DiRumahAja

  • 9

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.1851282

  • 2 months ago

intinya kita ini ibadah, jdi jgn di persulit,, nah kl di Arab Sana macam2orang Cara ibadah Ada yg cuma pake gamis aja ngk pake mukena tangan kaki kliatan, Ada yg solat pegang Qur, an, ngk masalah tu,, itu hanya Allah yg tau,

  • 8

  • 0

  • 0

  • vini sahara

  • 2 months ago

hmmm

  • 4

  • 0

  • 0

  • Jati Mustofa

  • 2 months ago

syah " saja

  • 2

  • 0

  • 0

  • Ewis

  • 2 months ago

maut kt udah ditentukan,berarti anda memilih duniawi

  • 2

  • 0

  • 0

  • ricita whri8w

  • 1 month ago

wah ribet amat

  • 1

  • 0

  • 0