Ngobrol

Download Caping, Ikuti topik seru lainnya

Siapa Bilang Maskawin Harus Barang Mahal?


Biasanya mahar nikah selalu diasosiasikan dengan barang-barang berharga dan bernilai misalnya uang atau emas. Namun apa yang dilakukan oleh pasangan ini justru sebaliknya. Mahar pernikahan mereka bukanlah emas, melainkan basreng atau bakso goreng.



Pernikahan unik ini viral di media sosial. Awalnya akun lambe_turah yang membagikan video tersebut. Dalam video terlihat sepasang pengantin yang sedang menjalani proses ijab Kabul. Ayah mempelai Wanita lalu menyebutkan mas kawin yang diberikan yaitu uang, seperangkat alat salat, dan satu kotak basreng. Ketika berada di pelaminan, keduanya pun menyantap basreng yang dijadikan mahar.






Video pernikahan yang tidak bias aini pun riuh dikomentari oleh netizen. Ada yang menyukai konsep pernikahan pasangan tersebut karena dinilai tidak memberatkan. Namun ada juga netizen yang tidak percaya dan menganggapnya sebagai gimmick. Salah satu netizen juga ada yang mempertanyakan apakah mahar nikah dengan basreng bisa dianggap sah?



Dilansir dari Kumparan, ada ketentuan-ketentuan yang harus diikuti mengenai mahar atau maskawin. Syaratnya antara lain adalah harta berharga, baik sedikit maupun banyak asalkan bernilai. Lalu barang tersebut harus suci, bermanfaat, dan bukan barang ghasab. Ghasab artinya adalah mengambil barang milik orang lain tanpa seizinnya namun tidak bermaksud memilikinya karena berniat untuk mengembalikannya kelak. Syarat terakhir adalah bukan barang yang tidak jelas keadaannya.



Apakah basreng yang dijadikan maskawin oleh pasangan tersebut sudah masuk dalam syarat maskawin yang sah? Lagipula bukan hanya sekali ini saja ada pasangan yang menggunakan maskawin tidak biasa. Asalkan maskawin tersebut memiliki nilai, tidak haram, dan disetujui oleh kedua pihak.



Bagaimana menurut kamu?

Post

  • yuyu kang"

  • 2 months ago

mahar ya surat Ar Rohman yang ngleleng

  • 0

  • 0

  • 0

  • afriani

  • 2 months ago

mahar itu tidak memberatkan si prianya tapi tidak juga mempermalukan si wanitanya

  • 0

  • 0

  • 0

  • ditocahyono

  • 3 months ago

unik dan sederhana adalah kunci kelanggengan, sederhana namun sangat terbilang mewah

  • 2

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.10966488

  • 3 months ago

hidup basreng

  • 1

  • 0

  • 0

  • dafuk

  • 3 months ago

KELVIN GIMANG NIH

  • 1

  • 0

  • 0

  • KHAIRULNISA

  • 3 months ago

seperangkat alat sholat

  • 47

  • 5

  • 0

  • Gundul Jejak

  • 3 months ago

nais

view more >>

  • jeje

  • 3 months ago

mantap jiwa

  • 47

  • 1

  • 0

  • Jakarta_No.10940462

  • 3 months ago

jeje

  • Asih Santoso

  • 3 months ago

seluruh hidup diabdikan untuk suami ya jangan mau dong diberi mahar murah

  • 45

  • 2

  • 0

  • hayu

  • 3 months ago

betuuul hargai wanita dengan pantas !!! mosok cuma basreng ada juga sandal jepit.

view more >>

  • R.ay Wulan

  • 3 months ago

lha itu mah mahar tambahan doang kali,tuh udah ada uang dan seperangkat alat sholat nya.biar unik aj

  • 43

  • 2

  • 0

  • Jakarta_No.10940462

  • 3 months ago

Ray Wulan

view more >>

  • Sujarwati Oktaningtiyas

  • 3 months ago

yg namanya nikah memang harus dipermudah jangan dipersulit

  • 44

  • 1

  • 0

  • Jakarta_No.10725931

  • 3 months ago

sebotol oooooooooo ada komentar itu

  • Nasir Ali

  • 3 months ago

Batagor Bakso Tahu Goreng tp tak ada di penjual gorengan

  • 43

  • 1

  • 0

  • Jakarta_No.10940462

  • 3 months ago

Nasir Ali

  • Deedy

  • 3 months ago

makan bakso sebelum tidur biar bobonya nyenyak

  • 44

  • 0

  • 0

  • ꍟꀘꌗꍏꈤ ꃅꀤꀸꍏꌩꍏ꓄

  • 3 months ago

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔╲ ▕╮╭┻┻╮╭┻┻╮╭▕╮╲ ▕╯┃╭╮┃┃╭╮┃╰▕╯╭▏ ▕╭┻┻┻┛┗┻┻┛ ▕ ╰▏ ▕╰━━━┓┈┈┈╭╮▕╭╮▏ ▕╭╮╰┳┳┳┳╯╰╯▕╰╯▏ ▕╰╯┈┗┛┗┛┈╭╮▕╮┈▏

  • 44

  • 0

  • 0

  • Norjihan

  • 3 months ago

kalau menurut aku,,mahar itu apa aja boleh asal ada kesepakatan diantara dua belah pihak.

  • 44

  • 0

  • 0

  • Noerbiie

  • 3 months ago

basreng memang enak

  • 43

  • 0

  • 0

  • ᴀɢᴜꜱ..☜

  • 3 months ago

hayoo siapa Чªnğ bilang itu

  • 42

  • 0

  • 0

  • iskandar

  • 3 months ago

y gpp sich tapi mestinya yang punya nilai gitu, soalnya kalo basreng abis pas malam pertama juga 😆😆😆

  • 42

  • 0

  • 0

  • ꍟꀘꌗꍏꈤ ꃅꀤꀸꍏꌩꍏ꓄

  • 3 months ago

Mimin sendiri yg bilang

  • 41

  • 0

  • 0

  • Praw

  • 3 months ago

hahahahhaha

  • 41

  • 0

  • 0

  • zenzozi

  • 3 months ago

mantul

  • 41

  • 0

  • 0

  • (❛∂αнנα∂ι❛)☞

  • 3 months ago

jgn lupa cuci tangan sebelum makan

  • 40

  • 0

  • 0

  • ricita whri8w

  • 3 months ago

aneh

  • 40

  • 0

  • 0

  • Anas Susanto

  • 3 months ago

saaaaah

  • 39

  • 0

  • 0

  • Menil Ganteng

  • 3 months ago

ok sip

  • 36

  • 0

  • 0

  • Sri Utami

  • 3 months ago

batagorrrr

  • 34

  • 0

  • 0

  • Bijak Sana

  • 3 months ago

vrwrbtwat

  • 31

  • 0

  • 0

  • Odhik Katon Tak Mateh

  • 3 months ago

ah sudahlah.. niat nikah dan berkahnya

  • 30

  • 0

  • 0

  • Fathur

  • 3 months ago

lucu

  • 24

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.3263416

  • 3 months ago

m🌼 🏵️💕🌼🌼🌼🎂👩‍🔧👩‍🔧 hikhmod🤤🤤🤤🤤🤤🤤🤦

  • 19

  • 0

  • 0

  • malika

  • 3 months ago

g g g g

  • 19

  • 0

  • 0

  • Yoseph Dharma

  • 3 months ago

viral oi

  • 18

  • 0

  • 0

  • Panji Nugroho

  • 3 months ago

mahar bisa apa saja yang bermanfaat dan sepantasnya. namun ada tradisi-tradisi yang masing-masing daerah itu berbeda. ada yang telah turun temurun dilaksanakan sehingga sulit untuk diabaikan.

  • 16

  • 0

  • 0

  • Kopi Gula

  • 3 months ago

ahahahaa

  • 8

  • 0

  • 0

  • Bagas Kusumaraharja

  • 3 months ago

mungkin ketika akad maharnya basreng, tetapi memberikan mahar/maskawin bisa setelah akad, sing pentiing happyy dan diantara kedua belah pihak setujuu :v

  • 8

  • 0

  • 0

  • mahmud

  • 3 months ago

dalam Pernikahan Ada dua Mempelai yg berhak menentukan pilihan tentang mahar, di bicarakan, dimusyawarahkan, ketika sudah sepakat,lanjutkan karena yg Menjalani mereka berdua bukan yg lain

  • 8

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.10964668

  • 3 months ago

yaah terserah yang punya hajatan suka tidak suka yg penting niatnya terlaksana dgn lamcar

  • 6

  • 1

  • 0

  • Jakarta_No.10725931

  • 3 months ago

Poo di

  • Some enak

  • 3 months ago

s s s

  • 7

  • 0

  • 0

  • Eman

  • 3 months ago

bagus

  • 5

  • 0

  • 0

  • Nazarudin Lat

  • 3 months ago

aqu suka batagor

  • 5

  • 0

  • 0

  • dhika

  • 3 months ago

seperangkat alat sholad

  • 4

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.10952168

  • 3 months ago

sukses kang

  • 4

  • 0

  • 0

  • ditocahyono

  • 3 months ago

unik dan sederhana adalah kunci kelanggengan, sederhana namun sangat terbilang mewah

  • 2

  • 0

  • 0

  • dafuk

  • 3 months ago

KELVIN GIMANG NIH

  • 1

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.10966488

  • 3 months ago

hidup basreng

  • 1

  • 0

  • 0

  • afriani

  • 2 months ago

mahar itu tidak memberatkan si prianya tapi tidak juga mempermalukan si wanitanya

  • 0

  • 0

  • 0

  • yuyu kang"

  • 2 months ago

mahar ya surat Ar Rohman yang ngleleng

  • 0

  • 0

  • 0