Ngobrol

CAPING

Berani Komen itu Keren!

Pasang

Download Caping, Ikuti topik seru lainnya

Kontroversi Ceramah 'Asal-Asalan'

Ceramah agama yang seharusnya mendidik dan memberi pencerahan kini justru memberi informasi yang 'asal-asalan' dan tidak bisa dipertanggung jawabkan.

Setelah ceramah Ustadz Syam yang kontroversial. Kini muncul lagi ceramah yang menyatakan bahwa penyebab wanita susah hamil adalah pembalut dan sepatu hak tinggi, dan ada juga ceramah yang menyatakan wanita yang melahirkan secara sesar berada dalam pengaruh jin.

Apakah ini lantaran profesi penceramah kini jadi profesi paling gampang karena hanya bermodal gelar "ustadz" atau "ustadzah" dan terlihat alim di depan kamera? Perlukah ada sertifikasi resmi
dan standar khusus bagi profesi penceramah agar konten ceramah?

Post

  • monica chandrakanti

  • yesterday

di yaumul hisab nanti..biarlah mulutnya bersaksi..entah meringankan atau memperberat timbangannya. dan jika ceramahnya bermanfaat akan dikalikan sebanyak penerima manfaatnya. namun jika tidak, Tuhan Maha Adil

  • 3

  • 1

  • 0

  • ivanstar

  • yesterday

[face=Oke!]

  • Triyansah Sentralcell

  • 3 days ago

Happy sih enaknya kalau ada maksud nya... Kalau asal asalan mah anak SD juga bisa

  • 1

  • 0

  • 0

  • Zakaria Daud

  • 3 days ago

tidak perlu ditambah dan tidak perlu dikurangi.itu aja si...agama itu sudah sempurna

  • 1

  • 0

  • 0

  • ASD003

  • 3 days ago

Kontroversi Ceramah 'Asal-Asalan' . . . https://m.caping.co.id/Home/DeepLinks/615dNGOBROL

  • 1

  • 3

  • 0

  • ASD003

  • 3 days ago

[face=Sedih]

view more >>

  • Jhoeny Adex

  • 4 days ago

ya enjoy aja masuk kuping kiri keluar kuping kanan....😁😁😁😁

  • 0

  • 1

  • 0

  • alice123

  • 3 days ago

asal duduk tenang aja yah

  • Husna Hamsoen

  • 1 week ago

tiap org punya pemahamannya masing", asalkan penyampaiannya punya referensi yg akurat, ga ada salahnya kan utk di smpaikan kpda org bnyak, hanya sj klw tanpa referensi yg jelas, sebagai pendengar pasti lbih tau apa yg bs d lakukan,,, #coba tanyakan sama si om gugel 😄😄

  • 3

  • 25

  • 0

  • vickyadhif

  • 1 week ago

ya tapi kan kita engga bisa diem aja sis kalo ada yg kaya begini.

view more >>

  • Endang Sarifudin

  • 1 week ago

yiah..kita tu cuma bisanya sok ngomentarin doang.. ngaco lah asal2an lah,sesatlah begitu entengnya bicara, masih mending ustadz tu ada kiprahnya syi'ar berusaha menyebarkan kebaikan klo ada salah wajar lah manusiawi, manusia tu ga ada yg sempurna kita jg harus pandai menyikapinya,darimanapun datangnya kebaikan itu walaupum dari bool ayam klo telor ya ambil halal ko tp kotorannya jangaan.ibarat ilmu jg gt ambil yg baiknya buang yg buruknya,tanpa harus melecehkan atau mengomentari kesalahannya aja..tampilah kita didepan kalo memang kita merasa lebih pintar lebih mengetahui urusan keagamaan...sok manggo

  • 5

  • 12

  • 0

  • Ariyani Mirna

  • 1 week ago

[face=Semangat!]

view more >>

  • ivanstar

  • 1 week ago

i don't want talk about it

  • 2

  • 13

  • 0

  • vickyadhif

  • 1 week ago

hahaa..bingung abisan brook ya.. mau coment apa..😁

view more >>

  • Endang Sarifudin

  • 1 week ago

ga beres ni mimin kali2 ceramah propokasinya yahudi dong yg ditampilkan atau yg lain,parah anda min ustadz vs ulama aja yg ditonjolkan jangan2 ada keberpihakan ni,mimin harusnya netral, takutnya member caping ada yg terjerumus sara ditangkap gmn..??

  • 4

  • 11

  • 0

  • vickyadhif

  • 1 week ago

hahaa..ya maka nya kita juga harus bisa jaga jaga deh brook..😁

view more >>

  • Qiqi Buqi

  • 1 week ago

ceramah dr sumber "sumbu pendek"ya gt deh...asal jeplak

  • 2

  • 12

  • 0

  • Endang Sarifudin

  • 1 week ago

hussssh

view more >>

  • Etriwhy

  • 1 week ago

Ya Karena Tidak Logis,, Klo Bahas Medis Gak Nyambung 😁..

  • 5

  • 10

  • 0

  • vickyadhif

  • 1 week ago

aduh udah mau di tutup ama doa aja ni baru mau ikuta coment..😂

view more >>

  • Tarom Muhamad

  • 1 week ago

ambil yg baik" nya aja yg jeleknya jgn... wkwkwk... penceramah hrsnya ceramah utk kehidupan didunia dan nnt diakherat tp skrg byk ceramah berbau politik.. dipikir sambil ngopi brooott

  • 4

  • 7

  • 0

  • Hayleey

  • 1 week ago

iyaa bener sis.. kita udah gede tau mana yg baik dan buruk. di pilih yg baik2nya aja yaa

view more >>

  • Bart

  • 1 week ago

Harus pake sertifikasinlah biar gak asal asalan kasian orang di bego begoin

  • 8

  • 5

  • 0

  • Areef Wiseman

  • 1 week ago

Setuju !!! 👍👍

view more >>

  • Juita Sari Leta

  • 1 week ago

klo dengr ceramah ambil yg baik"nya aja deh klo yg nda msuk diakal jngn msukin ke otak ,soalnya ustad kn mnusia bukn nabi sebab mnusia kn tmptnya salah dn kilaf apapun jabatannya mnusia nda ada yg sempurna

  • 1

  • 7

  • 0

  • caturi

  • 1 week ago

nah iya nih ambil yg baek2nya aja deh

view more >>

  • septhiani dwi putri

  • 4 days ago

Perlu sih sertifikasi, biar pikiran orang lain yang mendengarkan juga gak terjerumus gak jalan yg gak baik:)

  • 3

  • 6

  • 0

  • ivanstar

  • 4 days ago

berarti yg keluarin sertifikat 'raja ulama' dwonk...☺

view more >>

  • Tegar Nitinegoro

  • 1 week ago

gini..mulut gak bisa d'jaga se'akan2 ustad/ustadzah namanya cuma hanya gelar/cuma buat profesi doang,,padahal etika cara bicaranya asal jemplak,,ini buat pelajaran jgn menilai se'seorng dr sudut pandangan..karna yg baik blm tentu menjadi yg terbaik

  • 8

  • 3

  • 0

  • Etriwhy

  • 6 days ago

[face=Oke!]

view more >>

  • vickyadhif

  • 1 week ago

yah gimana yah.. hedeh jaman sekarang pada asal aja sih..no coment lah..😧😥

  • 4

  • 5

  • 0

  • Eny Surya

  • 1 week ago

haaddeeehhhh kok no coment....capt jaman sekarang pada asal entu yg nulis jin apa...

view more >>

  • Dony Laode

  • 1 week ago

kalau boleh tahu, siapa ya memberi statemen ceramah agama asal asalan?

  • 0

  • 7

  • 0

  • Hayleey

  • 1 week ago

siapa hayoo.. masa gak tauu.. googlingg

view more >>

  • Zuri Yati

  • 1 week ago

Bisa jd ngawor bicaranya....karna hanya memperdlm agama saja. Blh saja sie Ustadz n ustadzah harus ada sertifikat. ini yg lbh menentukan...

  • 1

  • 6

  • 0

  • vickyadhif

  • 1 week ago

harus nya ya semakin bagus dong kalo cuma memperdalam agama aja kerja nya..

view more >>

  • Gina Anggraeni

  • 1 week ago

liat keaadan bangsaa saat ini ko makin aneh..duh miriss... eta terangkanlah kalau gitu😀

  • 0

  • 6

  • 0

  • Hayleey

  • 1 week ago

iyaa coba siss coba lah tolong diterangiin haha

view more >>

  • Wildan Nugraha

  • 6 days ago

klo ustadz syam sih bukan asal2an min, cma dia terlalu vulgar menerangkan gambaran di surga seperti apa... pd intinya di surga terdapat segala sesuatu yg dirindukan oleh nafsu

  • 4

  • 4

  • 0

  • ivanstar

  • 6 days ago

iyakah ??!

view more >>

  • Lambok Nababan

  • 6 days ago

perlu ada sertifikasi penceramah..agar mudah dikontrol dam mudah melakukan pengawasan.mengingat orang indonesia yg gampang terhasut atau di cuci otaknua.

  • 1

  • 5

  • 0

  • munarohh

  • 6 days ago

harus nya sih diperketat yaa

view more >>

  • kharin tull

  • 1 week ago

intinya duit kemegahan dan popularitas.yg iklhas krn tuhan jarang 0,0,0,01% ada dizaman skg

  • 0

  • 4

  • 1

  • vickyadhif

  • 1 week ago

iya sih susah nyari yg 100 % ori sekarang mah brook ya.

view more >>

  • Hayleey

  • 1 week ago

iyalah umat nya malah jadi salah kaprah nanti. menyesatkan kata2 nya.. jangan kaya gitu harusnya, kan didengar orang banyak

  • 7

  • 2

  • 0

  • Bart

  • 1 week ago

Iya mending gak usah didengerin lah

view more >>

  • Teddy Iman Sudjudi

  • 1 week ago

Btul pnceramah agama Islam yg mnjamur kn ank baru gede pngalaman dn interaksinya msih tr batas baru hafal bacaan teoritis n blm luas wswasannya..y gitu kbablasan n over acting(gue yg pa ling nyaho,pling bisa,ente" biar leb ih tue tpi gk pnter ngaji kn,gue fas ih basa Arab)

  • 1

  • 5

  • 0

  • Hayleey

  • 1 week ago

terkadang mereka emang niatnya hanya karna cari duit bro. tp gak semuanya kaya gitu kok. ada yg memang bener ahli agama

view more >>

  • Jamal

  • 6 days ago

bisrkan ajalah dia ngomong hikmahnya aja kita petik

  • 0

  • 5

  • 0

  • munarohh

  • 6 days ago

iya bener tuh setuju dah

view more >>

  • peter cipto

  • 1 week ago

  • 2

  • 4

  • 0

  • vickyadhif

  • 1 week ago

lah sepi aja tuh brook..??😁

view more >>

  • Alfian Akbar

  • 1 week ago

Yang mendengarkan juga harus memiliki pengetahuan, jangan apa yang diceramahkan lantas didengar karna semua harus dicerna dlu, karna banyak sekarang cermah yg begituan

  • 1

  • 4

  • 0

  • caturi

  • 1 week ago

nah setuju nih si pendengar jg harus bijak deh

view more >>

  • Wahyu Gusti

  • 1 week ago

ceramah agama di fokus kan di berlomba lomba berbuat baik sehingga tercipta tatanan kehidupan masyarakat selamat dan sejahtera.

  • 1

  • 4

  • 0

  • Hayleey

  • 1 week ago

aihh kata2nyaa sedaaap banget nih

view more >>

  • Suwaji Waji

  • 1 week ago

Ya ustad abal abal semua itu mereka berguru sama Rizieg Sihab.

  • 0

  • 4

  • 0

  • Hayleey

  • 1 week ago

hahaha eh bae2 ntr di persekusi lo haha

view more >>

  • Abah Dadang

  • 1 week ago

berapa kira kira harga sertifikasi nya?

  • 0

  • 4

  • 0

  • vickyadhif

  • 1 week ago

emang udah ada.?? kan belom di rencanain.

view more >>

  • Sriweni Sadjiman

  • 1 week ago

ambil yg positif aja ,,

  • 0

  • 4

  • 0

  • Hayleey

  • 1 week ago

iyaa yg negatif buang aja ya sis

view more >>

  • Riyat Jamal

  • 1 week ago

itu mimbar kayanya di mesjid Al Azhar Kalimalang deh,Ane pernah sholat disitu hehehe ngaco aja deh itu ustad knp bisa2nya ceramah ngawur dan sumbernya jg gak jelas.payah lah

  • 2

  • 3

  • 0

  • Bart

  • 1 week ago

Widih berani main apal apal mimbarnya haha

view more >>

  • Martinus Raynaldo

  • 6 days ago

harus lebih berhati-hati lagi dalam berbicara

  • 1

  • 3

  • 0

  • vickyadhif

  • 6 days ago

jangan salah ngucap dah brook jaman sekarang mah..

view more >>

  • ASD003

  • 3 days ago

Kontroversi Ceramah 'Asal-Asalan' . . . https://m.caping.co.id/Home/DeepLinks/615dNGOBROL

  • 1

  • 3

  • 0

  • ASD003

  • 3 days ago

[face=Sedih]

view more >>

  • Azmi Bolang Rinjani

  • 1 week ago

Jangan terlalu percaya jika belum ada bukti banyak yang suka merusak islam dengan islam

  • 1

  • 3

  • 0

  • Hayleey

  • 1 week ago

iyaa sih, kadang penceramah nya sih suka asal2an..

view more >>

  • sharif valey

  • 1 week ago

hehehe jaman ini udah canggih dan banyak yg pintar...jadi ya pengelola masjid lah atau pemuda2 islam yg harus nya bisa melihat dan layak atau tdk se seorang untuk tampil..apa lg ni bicara USTAD...hehe gue rasa sh gk bego2 bgt pengelola nya...makanya belajar kalo blm dasar ya jgn jauh2 dl lah hehe...bnyk org jg skrg yg br blajar di internet tau2 sdh bisa ceramahin temen ini lah itu lah...yaaah jaman skrg hehe bnyak org isntant hahaha..tengkyu..

  • 1

  • 3

  • 0

  • Hayleey

  • 1 week ago

iyaa harus pinter2 milih ustad yg kompeten bro

view more >>

  • Aulia Citra

  • 1 week ago

😊

  • 1

  • 3

  • 0

  • Riyat Jamal

  • 1 week ago

lah knp nyengir doang tuh

view more >>

  • tan triono

  • 1 week ago

seharusnya perlu sertifikasi resmi dan standar khusus bagi ustadz dan ustadzah spy jgn sampai terjadi lagi seperti kasus ustadz selebrity yg bilang pesta sex di surga

  • 1

  • 3

  • 0

  • vickyadhif

  • 1 week ago

ya semoga aja nanti kedepan nya ada buat yg kaya gitu nya sis.

view more >>

  • Faris

  • 1 week ago

Kalau yg ceramah artis ustd itu yg buat bingung....,stasiun tv jangan sembarangan undang usd yg nggak ada pendidikan formal agamanya nggak jelas harus yg ahli di bidangnya.

  • 1

  • 3

  • 0

  • vickyadhif

  • 1 week ago

ya kadang di tv juga pada asal aja sih brook.

view more >>

  • Dony Laode

  • 1 week ago

Sertifikasi para penceramah setuju. Tapi "Statatemen cermah asal asalan" menurut saya belum tentu benar.

  • 1

  • 3

  • 0

  • Hayleey

  • 1 week ago

mungkin bukan asal2an, tp gak jelas kebenarannya

view more >>

  • Endang Sukanto

  • 6 days ago

apapun yg dia ktakn, yg penting hikmh dn mkna y

  • 0

  • 3

  • 0

  • vickyadhif

  • 6 days ago

ya semoga aja ada hikmah nya dag brook.

view more >>

  • Fransiska

  • 1 week ago

ceramah itu kan mendidik ini qo malah menjatuhkan so perempuan itu adalah ciptaan yang bisa menahan sakit coba sok yg mau dibelah perutny mana ada?? jd jgn beranggapan yg SS tu sprti bukan manusiaa.. heran

  • 0

  • 3

  • 0

  • caturi

  • 1 week ago

nah loh ini jdnya gmana nih

view more >>

  • Hartini Hardjono

  • 1 week ago

sbg pendengar kita di wajibkan utk bisa memilah...mana yg benar..mana yg salah.lo benar ya dilakukan lo salah ya jgn.jgn asal main comot aja hanya karena yg jadi pembicara itu orang terkenal...mreka juga manusia yg tentu bisa berbuat salah...walaupun dgn tanda kutib,tidak disengaja...

  • 0

  • 3

  • 0

  • caturi

  • 1 week ago

bener nih pendengarnya jg harus bijak yah ini

view more >>

  • Naufal Irba Sahril

  • 1 week ago

Iyalah nda logis cramahnya tuuu

  • 0

  • 3

  • 0

  • vickyadhif

  • 1 week ago

tapi kalo menurut ke dokteran kalo perempuan sering pakai sepatu tinggi itu engga bagus juga brook.

view more >>

  • Dony Laode

  • 1 week ago

saya khawatir yang memberi statemen ceramah agama asal asalan karena ketidakpahaman dia atas materi ceramah tsb.

  • 0

  • 3

  • 0

  • Hayleey

  • 1 week ago

iyaa dia kurang paham atau salah sumber yah

view more >>

  • monica chandrakanti

  • yesterday

di yaumul hisab nanti..biarlah mulutnya bersaksi..entah meringankan atau memperberat timbangannya. dan jika ceramahnya bermanfaat akan dikalikan sebanyak penerima manfaatnya. namun jika tidak, Tuhan Maha Adil

  • 3

  • 1

  • 0

  • ivanstar

  • yesterday

[face=Oke!]

  • Rudy Susanto

  • 5 days ago

setiap hurup kata yg kita ucapkan akan dipertanggungjawabkan di akhirat. jadi hati2 kalau bicara.

  • 1

  • 2

  • 0

  • alice123

  • 5 days ago

setuju nih mesti ati2 nih yah kalo ngmg

view more >>

  • Ifan Slow

  • 1 week ago

ustad yg pengen uang nya j jd ceramah nya gg da judul

  • 3

  • 1

  • 0

  • caturi

  • 1 week ago

yah mau gmana nih kalo uda gini

  • Gita Adha Alvira

  • 1 week ago

itu ceramahnya tdk logis,apakah sang ustad tuhan,klu ceramah yg bagus dan gampang dicerna am masyarakat

  • 1

  • 2

  • 0

  • Hayleey

  • 1 week ago

iyaa aneh yaa ceramah nya kok gak bener gitu

view more >>

  • Areef Wiseman

  • 1 week ago

Sdh seharusnya pemerintah turun tangan utk hal tsb melalui Departemen Agama dan MUI, hrs ada Ketetapan Standar sbgai penceramah mulai dari penguasaan Ayat Suci dan hadist, penyajian materi ceramah dan penyampaiannya sehingga tdk serampangan apalagi ceramah yg berisi hujatan2 dan hasutan2 yg sebenarnya dilarang oleh agama itu sendiri. Sehingga berakibat tdk jelasnya misi keagamaan yg disampaikan, bahkan sampai terjadi pemecah belahan kerukunan umat. Dan sebaiknya Pemerintah juga memberikan pelatihan2 sehingga mereka lulus ujian seleksi dan memperoleh sertifikasi yg syah sbgai penceramah, itupun harus lebih 'Mengutamakan kpd mereka yg Memiliki Latar Belakang Pendidikan Sekolah Agama' pastinya. Jadi bukan mereka yg dadakan seperti Tahu Bulat yg digoreng dadakan. Betul gak siih..?

  • 3

  • 1

  • 0

  • caturi

  • 1 week ago

bener nih pemerintah harus turun tangan deh

  • Indahyanto Tri Prasetyo

  • 1 week ago

Makin dekat nya akhir jaman...

  • 1

  • 2

  • 0

  • caturi

  • 1 week ago

nah bener nih makin deket sama akir jaman

view more >>

  • Jimmy Samaran

  • 1 week ago

beragama tanpa ilmu.ya begitu tu jd menyesatkan umat.

  • 0

  • 2

  • 0

  • Hayleey

  • 1 week ago

iyaa gawat bgt, malah jadi menyesatkan yah

view more >>

  • arif cahyono

  • 1 week ago

ceramah itu intinya mengingat kan umat. Bukan membodohi, menilai, menasehati dll. itu kata saya Lo...

  • 0

  • 2

  • 0

  • Hayleey

  • 1 week ago

betul.. nanti nama agama nya yg jadi rusak :(

view more >>

  • Fathia N Rahma

  • 1 week ago

mungkin lebih baik sebelum memanggil seorang penceramah, lihat riwayat pendidikannya dulu, apakah kira kira kredibel atau tidak nah untuk kitanya yang mendengarkan, juga jangan asal "oke oke", lihat dulu alasanya, apakah rasional, apakah ada dalilnya, apakah tidak melenceng dari syariat. tetap kritis la intinya, tapi bukan berarti jadi keras kepala. kalo ada sertifikat bagus juga sih, lebih menjamin, tapi mungkin akan ada beberapa ustadz bagus yang menolaknya, karena sifat tawadhu, mungkin. jadi malah menutup kesempatan juga nantinya..

  • 0

  • 2

  • 0

  • Hayleey

  • 1 week ago

iyaa betul harus kompeten kan soalnyandia menyebarkan ilmu

view more >>

  • Dop Flang

  • 1 week ago

Ustadz kw

  • 0

  • 2

  • 0

  • Hayleey

  • 1 week ago

iyaa nih kayanya kw.. masa ceramah nya gitu yah.. jadi sedih liat Islam digituin..

view more >>

  • Widi Tamtyarini

  • 4 days ago

Kembalikan ke Quran dan sunnah pasti benar

  • 0

  • 2

  • 0

  • alice123

  • 3 days ago

nah bener nih mesti balik lg ke Quran yah

view more >>

  • lilik sunaryo

  • 4 days ago

pikir dahulu sebelum berbicara pak

  • 0

  • 2

  • 0

  • alice123

  • 3 days ago

bener nih mesti di pikir dulu yay

view more >>

  • Yusniar Nababan Yusniar

  • 5 days ago

klu ceramah asal2an jgn di panggil lagi dia ceramah kan beres.!

  • 1

  • 1

  • 0

  • alice123

  • 3 days ago

nah bener nih kelar dah urusan yah

  • Irwan Chan Sege

  • 5 days ago

Yang penting heppy😂😂😂

  • 1

  • 1

  • 0

  • alice123

  • 3 days ago

asal hepi aja nih yah yg penting

  • Suherdi Herdi

  • 6 days ago

gak perlu hanya pendengar yg bodoh yg saja yg mau mendengar ceramah2 dan mengikuti penceramah yg tak berkualitas

  • 1

  • 1

  • 0

  • vickyadhif

  • 6 days ago

kalo dia ceramah nya pas lagi sholat jum'at gimana tuh brook..?? kan bukan pengikut nya.

  • Suwaji Waji

  • 6 days ago

Ini kan persis Ceramahnya Novel Bamukmin yang cuma membahas Soal Janda saja.

  • 1

  • 1

  • 0

  • vickyadhif

  • 6 days ago

ah masa sih brook..?? ada vidio nya kah.??

  • BungRam Az

  • 6 days ago

Ulama itu menurut sy secara umum berdasarkan statusnya terbagi dua macam; ulama non formal dan ulama formal. Ulama non formal adalah ulama yang gelarnya diraih berdasarkan penilaian masyarakat thd ulama tersebut karena dianggap 'alim' (bentuk tunggal dari kata ulama) atas pengetahuannya dalam bidang tertantu, utamanya bidang ilmu agama Islam. Pengetahuan tsb meski kadang sangat terbatas, acapkali menjadikannya dipercaya olh masyarakat (yg juga kebanyakan sangat awam) dan mengantarkannya kpd posisi diakui sebagai org yang alim, salah satu indikatornya dia bisa ceramah, hafal sesikit dalil-dalil dr Al Quran dan Hadits, yg sering ia dengar dr ceramah2 ulama lainnya, dan ditambah pengetahuan dari berbagai buku. Sedangkan ulama formal, adalah para orang terdidik dan telah belajar dalam berbaagi bidang ilmu serta pengetahuannya dalam bidang ilmu tertentu sehingga menjadikannya memiliki pengetahuan secara formal, melalui proses pengujian secara akademik, sehingga ia mendapat ...

  • 1

  • 1

  • 0

  • alice123

  • 5 days ago

wah keren nih yah pendapatnya

  • Ron Ashrovy

  • 1 week ago

ustadz bukan profesi sebenarnya menurutku, tp karena bukan profesi kalo bicara jangan asal

  • 0

  • 1

  • 0

  • caturi

  • 1 week ago

iya nih jdnya bicara asal de

  • Aprian Mahardika

  • 1 week ago

top

  • 0

  • 1

  • 0

  • vickyadhif

  • 6 days ago

tukang ojek pangkalan brook ya..??haha

  • Jhoeny Adex

  • 4 days ago

ya enjoy aja masuk kuping kiri keluar kuping kanan....😁😁😁😁

  • 0

  • 1

  • 0

  • alice123

  • 3 days ago

asal duduk tenang aja yah

  • BungRam Az

  • 6 days ago

....gelar yang seauai dwngan keahliannya. nah problem yg terjadi adalah ulama yang non formal, dan minim pengetahuan banyak jumlahnya di masyarakat yg kebanyakan awam. kmd hampir tidak ada mekanisme atau badan yang mngawasi bgm "prkatek"sang ulama non formal itu, sehingga kekeliruan-kekliruan dalam menyampaikan ajaran, menafsirkan ayat dan mengambil kesimpulan atas permasalahan tertentu berujung kpd fanatisme dan kebodohan di yengah masyarakat. Sebenarnya ga. mesti harus dibuat badan sertifikasi ulama (non formal). Namun peran para ulama yg formal memberikan arahan kepada seluruh masyarakat dan membimbing para ulama non formal tsb dlm kegiatannya di tengah-tengah masyarakat.

  • 0

  • 1

  • 0

  • alice123

  • 5 days ago

wah mantap nih kritis bener pendapate

  • Zakaria Daud

  • 3 days ago

tidak perlu ditambah dan tidak perlu dikurangi.itu aja si...agama itu sudah sempurna

  • 1

  • 0

  • 0

  • Triyansah Sentralcell

  • 3 days ago

Happy sih enaknya kalau ada maksud nya... Kalau asal asalan mah anak SD juga bisa

  • 1

  • 0

  • 0