Home

Nepal Sudah Terapkan Pelarangan PUBG Secara Total

Indogamers | 4 months ago


Banjir komplain terkait PUBG

ID

GS, Senin, 15 April 2019 - Melarang peredaran video game akhir-akhir ini tengah marak. Entah karena dianggap memicu kekerasan, membuat anak kecanduan, politik, atau alasan-alasan lainnya. 

Kali ini kembali game battle royale populer PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) yang jadi sorotan karena sepertinya telah dilarang total di Nepal. 

Para penyedia jasa layanan koneksi internet di negara tersebut telah diperingatkan oleh otoritas telekomunikasi pemerintah pada awal minggu ini untuk memblokir PUBG. Instruksi ini datang dari pengadilan distrik Kathmandu. 

Pejabat senior kepolisian setempat, Dhiraj Pratap Singh menuturkan kepada AFP (via Daily Mail): "Kami memohon perintah dari pengadilan untuk melarang PUBG setelah banjir komplain dari para orang tua, wali anak dan juga organisasi-organisasi sekolah untuk memblokir game tersebut dengan alasan menimbulkan efek psikologis negatif terhadap anak-anak maupun remaja." 

Berita ini datang seiring dengan kabar kematian seorang remaja 16 tahun asal India yang tewas dengan cara bunuh diri setelah dimarahi oleh orang tuanya untuk berhenti bermain PUBG dan fokus terhadap sekolah. 

Ini bukan pertama kalinya PUBG disalahkan atas kejadian memilukan serupa. Pada awal tahun ini, dua pria usia 20an kehilangan nyawa mereka karena perhatiannya tersedot pada PUBG Mobile dan kemudian tertabrak kereta lewat. Selain itu di China, seorang anak lelaki 13 tahun meloncat dari lantai 4 gedung apartemen tempat dia tinggal, di mana diduga ia menirukan karakter dalam PUBG yang tak mengalami luka berarti saat jatuh dari atap gedung. 

Beberapa negara bagian di India sudah mulai melarang PUBG, seperti Gujarat. Bahkan dua pemuda ditangkap hanya karena ketahuan memainkan PUBG di negara bagian itu. 

Sedangkan di Nepal, siapa saja yang tertangkap basah memainkan PUBG (dan versi mobilenya) dapat menghadapi ancaman penahanan. Meski begitu, Nepal sendiri dikecam karena dianggap pelarangan bukanlah solusi. 

Indonesia sendiri juga nyaris mengharamkan PUBG, hanya saja setelah diskusi dengan berbagai pihak dan ahli, MUI pada akhirnya membatalkan fatwa haram PUBG. 

Bagaimana menurut kalian? 

 

(Stefanus/IDGS)


Sumber: Gamebyte

Gambar Titel: PUBG Corp.

Lihat Sumber

  • 0

  • 1


Rekomendasi Artikel

Kucingnya Sakit Ginjal, Wanita Ini Rela Habiskan Rp 260 Juta untuk Transplantasi, Begini Kondisinya

Tribunnews

10 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Orang Saat Interview Kerja

Idntimes

11 Gambar Seni Ilustrasi yang Dibuat dari Benda Sehari-hari ini Kelewat Kreatif

Yukepo

4

1 Dari 200 Wanita Bisa Hamil Tanpa Hubungan Seks

Terselubung

18

Cara Membuat Blog untuk Mencari Penghasilan bagi Pemula Hanya dalam 20 Menit

Rimma

Latest Comments

  • Fadiel Fadiel

  • 2 months ago

24

42

saya setuju kalau pub g itu berbahaya.kalau pemerintahan ya memblokir pub g ,ya udah bagaimana lagi.

  • Kitty

  • 2 months ago

4

7

Ortunya jg salah, knp memfasilitasi game ke anak dan kurang diawasi

  • ÑÃMÃ ĶŪ BĒÑȚÕ

  • 4 months ago

12

21

Yaudh-Yaudh Kalo Gaboleh Maen Pubg DiNepal Maen Hago aja Cuy Atao 8bit😂😂😂🖕

  • Ahmad Arya

  • 4 months ago

33

57

mereka cuma kurang diawasi oleh orang tua nya, seharusnya ortunya menanggapi hal itu

  • milla

  • 4 months ago

5

8

"6k81i"

view more >>

Tulis komentar...