Home

Data KPK, Koruptor Terbanyak Bergelar Master

Wartaekonomi | 1 week ago

WE Online, Jakarta -

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Laode M Syarif, mengatakan orang-orang yang menjadi tersangka kasus korupsi mayoritas berpendidikan tinggi. Bahkan dari data yang ada, orang yang terlibat korupsi didominasi bergelar master at‎au magister (S2).

"Saya ingin perlihatkan data, kalau kami lihat dari individu-individu yang terjaring korupsi di KPK saja misalnya, strata pendidikan mana yang paling dominan? Para koruptor itu? Master," ujarnya di Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Ia menambahkan, urutan gelar pendidikan yang mendominasi para tersangka di KPK pertama yakni, master (S2), kemudian sarjana (S1), terakhir bergelar doktor (S3). Oleh karenanya, Syarif menyebut mayoritas koruptor berpendidikan tinggi.

Baca Juga: KPK Harap Jokowi Segera....

"Jadi, para koruptor itu yang paling banyak adalah yang mempunyai pendidikan tinggi. SMA sedikit, SMP hampir-hampir sedikit, ikut bantu-bantu gitu kan, ya terjepit di antara keadaan, karena dia turut serta melakukan perbantuan ya ikut terseret," jelasnya.

"Jadi, yang paling benaer bahwa yang paling banyak itu pendidikan tinggi. Sekarang apakah maraknya korupsi itu juga merupakan bagian dari tanggung jawab dunia pendidikan? saya pikir iya," sambungnya.

Karena itu, Syarif menagih komitmen implementasi pendidikan antikorupsi di perguruan tinggi. Syarif berharap pendidikan antikorupsi segera masuk ke dalam kurikulum pendidikan tinggi untuk mencegah maraknya korupsi di Indonesia.

Partner Sindikasi Konten: Okezone

Lihat Sumber

  • 1

  • 0


Rekomendasi Artikel

Pacar Dibully karena Pakai Baju Seksi, Pria Ini Lakukan Hal yang Tak Terduga

Bintang

56

Andi Arief Tak Pernah Pakai Narkoba, Kata Ferdinand Hutahaean

Wartaekonomi

Selain Kopi Luwak, Inilah 6 Kopi Khas Indonesia Yang Sudah Mendunia

Piknikdong

Supaya Nggak Perlu Bolak-Balik Ke Kantin, Siswa Ini Memodifikasi Meja Kelas Supaya Bisa Menampung Banyak Cemilan

Keepo.me

2

Mbah Mijan Yakin Syahrini dan Reino Barack Sudah Bertunangan

Suara

Latest Comments

  • Irfan Giffary

  • 1 week ago

37

64

Mungkin karena di sekolah tidak diajarkan moral yg penting, namun nilai lah yg paling penting. Bahkan untuk mengejar nilai banyak yg melakukan kecurangan, dan itulah awal dr sebuah kejahatan. Kecil si namun dampaknya sangatlah besar di masa yg akan datang

  • lihin

  • 1 week ago

9

15

uang manis yah pak siapa yang tidak mau menjilat.. moga korupsi di Indonesia cepat tuntas😅

  • Jakarta_No.1287316

  • 1 week ago

14

23

Berarti yang ngrusak negara ini orang pinter tapi ora bener... pinter ngomong kejujuran tapi tdk bisa melaksanakan kejujuran itu sendiri..... EDANNNN.....

Tulis komentar...