Home

Ilmuwan Ungkap Kehidupan Setelah Kematian

Okezone | 2 years ago

CALIFORNIA - Kehidupan setelah kematian telah dikonfirmasi oleh para ilmuwan, yang telah menemukan kesadaran berlanjut setelah seorang meninggal dunia.

Dalam sebuah studi skala besar lebih dari 2.000 orang, Boffins Inggris menegaskan bahwa pengalaman DO terbawa setelah jantung berhenti. Penelitian mengejutkan telah menemukan bukti yang paling meyakinkan dari pengalaman keluar dari tubuh untuk pasien dinyatakan meninggal.

Telah diyakini otak menghentikan semua aktivitas selama 30 detik setelah jantung berhenti memompa darah ke seluruh tubuh, dan bahwa dengan itu, kesadaran berhenti. Namun, studi dari University of Southampton menunjukkan, orang masih mengalami kesadaran sampai tiga menit setelah mereka telah dinyatakan meninggal.

Peneliti utama Dr Sam Parnia mengatakan, "Bertentangan dengan persepsi, kematian bukanlah momen tertentu tetapi sebuah proses yang berpotensi reversibel yang terjadi setelah penyakit parah atau kecelakaan menyebabkan jantung, paru-paru, dan otak berhenti berfungsi. Jika upaya yang dilakukan untuk membalikkan proses ini, disebut sebagai serangan jantung, namun jika upaya ini tidak berhasil itu disebut kematian."

Dari 2.060 pasien dari Australia dan Amerika Serikat, dan Inggris diwawancarai untuk studi yang selamat serangan jantung, hampir 40 persen mengatakan bahwa mereka ingat beberapa bentuk kesadaran setelah dinyatakan meninggal secara klinis.

"Ini menunjukkan lebih banyak orang mungkin memiliki aktivitas mental awalnya tapi kemudian kehilangan kenangan mereka setelah pemulihan, baik karena efek dari cedera otak atau obat penenang pada memori recall," kata Parnia yang dilansir Express, Selasa (16/8/2016).

Mereka yang mengalami beberapa kesadaran, hanya dua persen mengatakan pengalaman mereka konsisten dengan perasaan pengalaman luar tubuh, di mana orang merasa benar-benar sadar dan bisa mendengar dan melihat apa yang terjadi di sekitar mereka setelah kematian.

Hampir setengah dari responden mengatakan, pengalaman itu bukan dari kesadaran, melainkan ketakutan. Pria itu mampu mengingat dengan akurasi menakutkan apa yang terjadi di sekelilingnya setelah ia mati suri.

"Hal ini penting, karena sering diasumsikan bahwa pengalaman dalam kaitannya dengan kematian adalah kemungkinan halusinasi atau ilusi yang terjadi baik sebelum jantung berhenti atau setelah jantung telah berhasil kembali hidup, tapi tidak pengalaman yang sesuai dengan peristiwa nyata ketika jantung tidak berdetak. Dalam hal ini, sadar dan kesadaran tampak terjadi selama periode tiga menit ketika detak jantung," lanjut Parnia

"Ini adalah paradoks karena otak biasanya berhenti berfungsi dalam waktu 20-30 detik saat jantung berhenti dan tidak melanjutkan lagi sampai jantung telah memulai kembali. Selain itu, ingatan rinci kesadaran visual dalam hal ini konsisten dengan peristiwa diverifikasi," tambah Parnia.

(din)

0 Komentar

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

Inilah 5 Film Indonesia dengan Jumlah Penonton Terbanyak di Tahun 2017

Idntimes

Keuntungan Kerja di Startup Buat Lulusan Master Bidang Bisnis

Qerja

Kalau Mau Hidupmu Maju, Berhentilah Katakan 7 Kalimat Ini

Idntimes

Video Penganiayaan oleh Habib Bahar Dikecam Netizen

Gatra

Percaya Deh, 7 Hal Ini Nih yang Disukai dan Tidak Disukai Orang Dewasa Padamu, Generasi Millennials!

Trivia.id

Latest Comments

  • ariska97

  • 1 year ago

0

0

wah wah ada apa ini

  • Robin

  • 1 year ago

0

0

tak jelas...

  • shenni

  • 1 year ago

jd ga jelas nih yah

view more >>

  • iqbalrina

  • 2 years ago

0

0

Ahh judul sama artikel nya beda. payah nih

  • shenni

  • 1 year ago

emang nih yah payah bener

view more >>

Tulis komentar...