Home

Inilah 11 Cara Sederhana untuk Meningkatkan IQ

Intisari-online | 2 years ago

Intisari-Online.com - Kecerdasan intelektual (IQ) telah menarik perhatian banyak peneliti. Selama bertahun-tahun mereka mencari pelbagai cara untuk meningkatkan kecerdasan kita. Nah, berikut ini adalah 11 cara sederhana agar IQ kita makin meningkat.   

1. Belajar bermain alat musik dan fotografi
Berdasarkan hasil sebuah penelitian, orang dewasa yang memiliki hobi baru seperti fotografi, memiliki hasil tes memori yang baik. Selain itu, memainkan alat musik juga menjadi kunci utama untuk meningkatkan IQ kita. Soalnya, fungsi sel-sel otak kian meningkat bila kita belajar bermain alat musik.

2. Mengonsumsi makanan yang baik untuk otak
Cerdas memilih makanan, Semakin cerdas pula otak kita.  Penelitian yang dimuat dalam The Journal Neurology menemukan, diet berkualitas jadi faktor penting untuk menurunkan risiko kehilangan memori dan kemampuan berpikir. Diet mediterania, misalnya. Diet ini memanfaatkan minyak zaitun dan kacang-kacangan yang kaya akan antioksidan. Alhasil, dapat mencegah penuaan dan melindungi saraf otak kita.

3. Tidur yang berkualitas
Sebuah studi mengatakan kalau tidur dapat mempertajam memori kita. Ketika tidur otak akan membuat neuron baru yang baik untuk fungsi otak. Kurang tidur justru sebaliknya, merusak saraf dan fungsi otak kita.

4. Olahraga
Menurut The Alzheimer's Association, rutin berolahraga dapat mencegah penurunan kognitif. Menurut peneliti, olahraga sederhana seperti berjalan dapat meningkatkan kreativitas kita.

5. Hindari Stres
Stres dapat berdampak serius pada pikiran kita. Padahal, kunci untuk menjadi cerdas adalah fokus. Namun, jika kita dapat menemukan kedamaian dan ketenangan, otak akan merespon segala hal dengan lebih baik.

6. Meditasi
Meditasi telah terbukti memiliki banyak manfaata pada fungsi otak kita. Melalui meditasi kita dapat meningkatkan konsentrasi dan kreativitas.

7. Membaca
Cobalah membaca buku bacaan ‘serius’, setidaknya satu buku perminggu. Ha ini akan membuat kosakata, kecerdasan verbal, dan pengetahuan umum kita kian meningkat. ]

8. Aktif secara sosial
Bersosialisasi dengan orang lain bisa memaksimalkan potensi otak kita. Hal ini disebabkan karena otak akan terus bekerja. Seperti memperoleh wawasan baru, mengemukakan ide-ide baru, hingga mengingat hal-hal spesifik mengenai kawan kita.

9. Bermain game
Menurut profesor di University of California Irvine, bermain game yang mengasah otak bisa meningkatkan IQ kita. Misalnya game-game yang berbau strategi, atau game yang membutuhkan daya ingat.

10. Menonton TV
Jangan salah, menonton TV juga dapat membuat kita lebih cerdas. Tapi, tentunya bila menonton program yang mendidik. Contohnya acara dokumenter atau program pendidikan. Dengan begitu, pengetahuan umum kita akan makin meningkat.

11. Berteman dengan orang cerdas
Kita juga bisa ‘ketularan’ cerdas bila berteman dengan orang cerdas. Bersama mereka kita bisa berdiskusi atau berdebat mengenai berbagai macam hal. Alhasil, kecerdasan dan pengetahuan kita akan meningkat. Selain itu,kita juga bisa belajar untuk mengerti cara mereka berpikir dan mengekspresikan dri.
 

(Medicaldaily.com, Cnn.com, Huffingtonpost.com, Menshealth.com)

Lihat Sumber

  • 7

  • 0


Rekomendasi Artikel

Terapi Musik Bikin Hidup Lebih Sehat, Yuk Coba!

Akurat.co

5 Lagu yang Bisa Membangkitkan Semangat

Merryriana.co

Siap-Siap Aja Ya, Ada Wacana Biaya Kuliah Bakal Naik Lagi! Baca 4 Alasan Dibaliknya

Hipwee

3

Wow! Bayi Kembar Ini “Berkelahi” dalam Rahim

Terselubung

3

Ini Nih Negara-Negara yang Jual Produk Apple Termurah

Duitpintar

Latest Comments

  • bellas

  • 2 years ago

29

50

ini baru mantap nih kayak gini

Tulis komentar...