Home

5 Kota di Indonesia dengan Biaya Hidup Termahal

Jadiberita | 2 years ago

Tentunya setiap orang ingin hidup di suatu kota yang biaya hidupnya rendah, sehingga mereka hidup layak. Meski demikian, tak semua tempat memiliki biaya hidup rendah, termasuk juga di Indonesia. Hasil survey Badan Pusat Statistik tentang biaya hidup di kota-kota di Indonesia menunjukkan beberapa kota dengan biaya hidup paling mahal. Bahkan upah minimum tertinggi di Indonesia sekalipun tidak cukup untuk bisa hidup layak di kota-kota mahal ini. Kota apa saja? Berikut 5 kotanya.

PrevNext

1. Surabaya

Surabaya (Ohfact)

Perekonomian Surabaya tumbuh pesat dalam beberapa tahun terakhir. 2014 silam pendapatan per kapita masyarakat mencapai 84 juta/kapita setiap tahun. Wajar jika kondisi tersebut tercermin pada Survey Biaya Hidup yang dirilis BPS. Menurut survey tersebut, biaya hidup layak di Surabaya mencapai Rp 6 juta per bulan. Adapun upah minimum kota dipatok sebesar Rp 3 juta.

2. Depok

Masjid Kubah Emas di Depok (UI)

Pertumbuhan ekonomi Depok banyak dipengaruhi keberadaan kelas menengah yang bekerja di ibukota. Menurut temuan BPS, biaya hidup rata-rata penduduk kota berkisar Rp 6,3 juta. Bandingkan dengan Upah Minimum Kota yang dipatok sebesar Rp 3 juta per bulan.

3. Ternate

Ternate (Wikipedia)

BPS menaksir sekitar 35% biaya hidup bulanan digunakan untuk membeli makanan. Sementara sisanya terbagi antara biaya transportasi, rumah, pendidikan dan pengeluaran lain. Ternate mendarat di posisi ketiga kota termahal Indonesia. Kota di kaki gunung Gamalama itu baru saja menaikkan upah minimum menjadi Rp 1,9 juta Rupiah. Padahal menurut BPS, biaya hidup bulanan di Ternate sebesar Rp 6,4 juta.

4. Jayapura

Jayapura (Wonderful Indonesia)

Lantaran kelangkaan infrastruktur dan mahalnya biaya transportasi, kota-kota di timur Indonesia banyak mengisi daftar 10 besar kota termahal di tanah air. Jayapura adalah salah satunya. Dibutuhkan pendapatan bulanan sebesar Rp 6,9 juta buat setiap penduduk untuk bisa hidup layak di ibukota provinsi Papua ini.

5. Jakarta

Jakarta (Thousandwonders)

Untuk peringkat pertama, jelas ibukota Indonesia, Jakarta-lah yang pantas menempatinya. Menurut BPS, untuk bisa hidup layak di Jakarta, dibutuhkan biaya sebesar Rp 7,5 juta per bulan. Padahal, UMK untuk Jakarta sekarang ini baru sekitar Rp 2 juta hingga Rp 3 jutaan. (tom)

Lihat Sumber

  • 1

  • 0


Rekomendasi Artikel

37% Pria Susah Ereksi Saat Pakai Kondom

Sindonews

Suami Alami Penyakit Kulit, Nikita Mirzani: Azab dari Allah

Okezone

5 Cara Bikin Rutinitas Harian Jadi Lebih Cepat dan Efektif

Idntimes

8 Fakta di Korea Utara Ini akan Membuatmu Bersyukur karena Tak Tinggal di Negeri Kim Jong Un

Tribunnews

5 Cara Mudah Meningkatkan Kesehatan Mata Secara Alami

Okezone

106

Top Comment

  • Almadina

  • 2 years ago

0

0

Yaaahh beginilah klo hidup di kota besar.. Pengeluaran pun ikut besar

  • elia

  • 2 years ago

setuju nih

view more >>

  • Blue Bling

  • 2 years ago

1

0

ga ada yg mahal, kalau cuma mau hidup. yg bikin mahal, ya gaya hidup. maksa

  • elia

  • 2 years ago

iya nih bener bgt nih kayak gini

view more >>

Latest Comments

  • Dal Allen

  • 2 years ago

4

7

Gara2 gaya hidup mahal biaya nikah juga ikutan mahal

  • elia

  • 2 years ago

wah ini bener bgt nih kayak gin inih

view more >>

  • erlangga0510

  • 2 years ago

16

28

percuma cari uang banyak" klo cma buat memenuhi gya hidup gk bakal cukup..

  • elia

  • 2 years ago

iya nih bener bgt nih

view more >>

  • Marshaa

  • 2 years ago

12

21

Tetep papua sih yg paling mahal

  • elia

  • 2 years ago

papua emang gila bgt nih yah

view more >>

  • shierins

  • 2 years ago

12

21

papua sih mahal bgt kayanya

  • cantika123

  • 2 years ago

papua emang udah terkenal mahal yah dr dulu

  • Jelitta28

  • 2 years ago

36

63

jajajhahaha apa sih jakarta yg nggak mahal semua serba mahal

  • elia

  • 2 years ago

iya nih jakarta mah mahal semua nih

view more >>

view more >>

Tulis komentar...