Home

5 Keajaiban Alam Paling Menakjubkan di Dunia Es

Terselubung | 2 years ago


Baik di Kutub Utara ataupun wilayah ekstreme bersuhu rendah lainnya, dapat dipastikan akan selalu ada salju dan es. Namun uniknya tidak semua benda cair yang ada di kawasan bersuhu rendah menjadi lempengan ataupun bongkahan es. Beberapa keajaiban alam tercipta seperti sungai yang mengalir di atas permukaan es. Gak percaya? Berikut kami merangkum 5 keajaiban alam di dunia es, dikutip dari unikgaul.com.

 

1. Blue River, Greenland

Bagi para pecinta olahraga kayak, berlayar di Sungai Biru, Greenland, sangatlah mengasyikan sekaligus memicu adrenalin. Sungai Biru merupakan sungai yang mengalir di antara daratan es. Air yang mengalir di Blue River tersebut berasal dari Glasier Petermann yang mencair akibat suhu hangat. Uniknya alur sungai dapat berubah setiap musimnya, namun warna biru yang berasal dari endapan glasier tetap ada.

 

2. Air Terjun Glasier di Svalbard, Norwegia


Keajaiban yang satu ini dikenal dengan nama Svalbard (pesisir es), letaknya 650 Km dari kawasan utara Eropa, sebagian wilayahnya masuk ke negara Norwegia dan Kutub Utara. Uniknya meskipun berdekatan dengan Kutub Utara, suhu di Svalbard lebih hangat. Dan ternyata kehangatan tersebut berasal dari Gulf Stream. Meski pun hangat Pulau Svalbard sejak lama tidak dihuni oleh manusia.

Pulau yang luasnya 62,050 Km2 itu 60% wilayahnya diselimuti oleh glasier. salah satu glasier yang besar dan fenomenal adalah Brasvellbreen, terletak di Nordaustlandet. Brasvellbreen memiliki panjang 200 Km dengan tinggi glasier mulai dari 15 hingga 20 meter, sehingga fenomena air yang mengalir menyerupai air terjun. Namun fenomena air terjun di Svalbard dan Brasvellbreen hanya dapat disaksikan di musim panas.

Baca Juga:  Fenomena Ratusan Ikan yang Berloncatan di Sungai Mississippi

 

3. Crystal Cave, Islandia


Fenomena kristal yang terjadi di Crystal Cave ini berasal dari proses air sungai yang mengalir di atas atap goa. Air sungai yang mengalir di atas gua membawa sedimentasi mineral. Bersamaan dengan udara ataupun angin yang bertiup seiring waktu endapan mineral tersebut kemudian mengeras, sementara airnya membeku dan sebagian tetap mengalir ke bawah goa.

Gua kristal yang terdapat di Islandia ini memiliki panjang 7 m,dengan tinggi urang lebih 1,2 m. pintu masuknya berada di pesisir pantai. Meski demikian memasuki goa es ini tidaklah aman, karena dapat runtuh setiap saat terutama ketika cuaca sedang hangat. Namun sebuah pengalaman yang mendebar sekaligus mengagum ketika dapat memasuki goa es ini, selain menikmati keindahannya, para pengunjung dapat mendengar deru arus air dan suara retakan glasier.

 

4. Glasier Briksdal, Norwegia


Briksdalsbreen atau Glasier Briksdal merupakan salah satu keajaiban alam yang terdapat di kawasanTaman Nasional Jostedalsbreen, Norwegia. Briksdalsbreen merupakan sebuah alirang sungai yang membeku, meski kemudian mencair secara perlahan. Aliran air beku Briksdal yang indah itu berakhir di sebuah danau es kecil, Briksdalbrevatnet, yang berada di ketinggian 346 meter di atas permukaan laut.

 

5. Birthday Canyon, Greenland


Canyon yang satu ini terbentuk oleh es yang mencair, kedalamannya saja mencapai 45 meter. Birthday Canyon, merupakan tebing es bersalju yang dilintasi oleh sungai berwarna biru. Keindahan dari keajaiban alam ini ada di garis antara lapisan es dan salju yang telah terbentuk selama bertahun-tahun.

 

Republished by Blog Post Promoter

Lihat Sumber

  • 1

  • 0


Latest Comments

  • shashafira

  • 2 years ago

13

22

wah keren2 banget sih tempatnya

  • shenni

  • 2 years ago

ini mah emang keren2 bgt dah

  • shimi

  • 2 years ago

9

15

wah ada yah kayak gini

  • shenni

  • 2 years ago

iya nih yah ada aja nih kayak gini

  • Dara Deren

  • 2 years ago

16

28

enak sih tempaty tapi menakutkn

  • Ardy Tagor

  • 2 years ago

24

42

[face=Ketawa]

Tulis komentar...