Home

Ini Efek Negatif Terlalu Banyak Mengkonsumsi Kafein

Tempo | 2 years ago

TEMPO.CO, Jakarta - Konsumsi kafein memang memiliki manfaat baik untuk kesehatan, seperti merangsang sistem saraf pusat yang bisa membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus. Selain itu, zat yang terkandung dalam kopi, teh, dan soda ini membantu tubuh tetap terjaga.

Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, kafein justru bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Berikut ini efek buruknya bagi kesehatan, seperti dilansir Boldsky.

- Mempengaruhi kesehatan jantung
Dengan kafein masuk dalam tubuh, detak jantung akan meningkat dan sistem syaraf bekerja. Itulah sebabnya, kita langsung terjaga setelah meminum kopi. Namun, jika terlalu banyak kafein dalam tubuh, detak jantung akan bekerja dengan sangat keras yang berakhir dengan naiknya tekanan darah dan menyebabkan hipertensi.

- Membahayakan kesehatan janin
Kafein adalah zat stimulan. Jadi tak hanya bisa mempengaruhi detak jantung peminumnya, tapi juga bisa berdampak pada kesehatan jantung dan metabolisme bayi dalam kandungan, bahkan bisa menyebabkan kelahiran prematur atau keguguran. Karena itu, ibu hamil harus membatasi asupan zat ini.


- Merangsang produksi asam lambung
Bila kita sering mual saat minum kopi pada pagi hari, itu merupakan tanda bahwa asam lambung meningkat. Hal ini terjadi karena minum kopi saat perut kosong akan merangsang produksi asam klorida yang membuat mual.
 
Untuk menghindari berbagai masalah di atas, mulailah pola makan yang sehat dan hindari konsumsi kafein berlebihan agar tidak membahayakan kesehatan. 

TABLOIDBINTANG

Artikel lain:
8 Hal Pemicu Asma dan Cara Atasinya
Ladies, Ayo Konsumsi 10 Makanan Sahabat Liver Ini

Mau Sehat Sampai Tua, Jaga Bagian Tubuh Berikut dengan Baik






Lihat Sumber


Rekomendasi Artikel

Peter Sutcliffe, Pembunuh Berantai Sadis yang Kini Hidup Menderita Karena Dihantui Wajah-wajah Korbannya

Intisari-online

Prabowo Sebut Menteri Pencetak Utang, Ini Kata Jusuf Kalla

Hetanews

Selama 25 Tahun, Perempuan Tergemuk di Dunia Hanya Terbaring di Ranjang

Koranmetro

11

Handphone Dual Kamera Pertama di Dunia? Ini 3 Faktanya!

JalanTikus

Magang Bersertifikat, Alternatif Sumber Rekrutmen Pegawai BUMN

Metrotvnews

Latest Comments

24

42

[face=Semangat!]

4

7

mantap

16

28

ngeri juga yah

24

42

tAplikasi penghasil uang legit dengan baca berita.. bayarannya double dari pada kubik dan gk ada kata stock not enough kaya caping,,dan sudah banyak yg download dan mendapatkan uang nya dan juga bisa di tukar dengan pulsa, motor

29

50

👇 👉 94ern8👈 ☝️ Jgn lupa saat daftar masukan kode 94ern8 undangan,, 3000 poin,, sampai 100.000,,dapat jga pulsa,,, untuk pencairan nya wawwwww

view more >>

Tulis komentar...