Home

Unik, Bakso Ini Mie dan Kuahnya Terbuat dari Kelapa Muda

Jadiberita | 2 years ago

Kamu pasti sering melihat atau bahkan doyan dengan makanan yang bernama bakso. Masyarakat di Indonesia tentu tidak asing dengan menu daging yang dibentuk bulat, kemudian disajikan dengan mie dan kuah ini.

Namun bakso yang ada di Yogyakarta tepatnya Warung Berkah, Jalan Sugeng Jeroni No 62 Wirobrajan, Patangpuluhan, berbeda dengan bakso lainnya. Perbedaan bukan terletak pada ukuran baksonya, melainkan bahan dan penyajiannya yang menggunakan kelapa muda.

Bakso berbahan kelapa muda itu dinamakan Bakso Degan. Bahkan di Yogyakarta sendiri, inilah satu-satunya gerai bakso yang menjual hidangan unik tersebut. “Bakso Degan ini baru yang pertama di Yogyakarta,” ujar Wiwik Adriana, salah satu pemilik warung Berkah, seperti dikutip dari Kompascom, Selasa (17/1/2017).

Bakso Ikan Degan Warung Berkah (Pojokjogja)

Di warung bakso Berkah, air degan (kelapa muda) yang biasanya diolah menjadi minuman justru menjadi kuah bakso. Rasa gurih dan manisnya air degan diracik dengan bumbu, menghasilkan kuah bakso yang berbeda dan istimewa di lidah.

“Kuahnya memang air degan yang udah diracik dan dimasak dengan bumbu-bumbu rahasia kami. Degan yang digunakan degan hijau, tentu harus dipilih yang pas, tidak terlalu muda dan terlalu tua,” beber Wiwik.

Tak hanya itu, keunikan lainya adalah mie bakso. Jika biasanya mie bakso terbuat dari tepung, di Warung “Berkah” justru mengunakan serutan daging degan alias daging kelapa muda sebagai mie.

Tingkat kekenyalan daging degan dan rasanya yang gurih berkombinasi dengan kuah bakso panas, terasa unik namun nikmat di lidah. Selain itu, daging yang digunakan dalam bakso degan juga berbeda. Bukan sapi, melainkan terbuat dari ikan kakap.

Bakso kelapa muda (Pojokjogja)

Penyajiannya pun cukup unik. Bakso, mie dan kuah degan disuguhkan dalam sebuah mangkuk yang terbuat dari batok kelapa. Tak hanya itu, pembeli yang menginginkan porsi lebih spesial akan disuguhkan bakso di dalam kelapa utuh. Menggunakan sendok, pembeli dapat mengupas sendiri daging degan di dinding-dinding bagian dalam sebagai mie.

Bagi kamu yang ingin menikmati bakso degan tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Harga bakso degan dalam mangkuk batok kelapa dipatok seharga Rp 13 ribu per porsi, sedangkan bakso dalam kelapa utuh dipatok seharga Rp 18 ribu per porsi.

Tertarik untuk mencoba bakso dengan kuah dan mie berbahan kelapa muda ini? (tom)

Lihat Sumber

  • 1

  • 0


Rekomendasi Artikel

Pria Ini Gelontorkan Rp662,5 untuk Operasi Jadi Alien Tanpa Gender

Okezone

5

6 Mitos Tentang Bra yang Harus Kamu Ketahui

KawaiiBeautyJapan

KPK Geledah Kantor PT Adhi Karya Makasar, Sejumlah Dokumen Disita

Akurat.co

7 Cara Fenomenal Menghadiri Pesta Pernikahan Mantan, Niscaya Dia akan Menyesal Tujuh Turunan!

Hipwee

6

Tipe Pria Seperti Inilah yang Jadi Pilihan Wanita untuk Selingkuh

Tribunnews

Latest Comments

  • yunalesca

  • 2 years ago

4

7

wah unik bener nih yah kayak gini

  • yunalesca

  • 2 years ago

4

7

waduh ini rasanya kayak apa yah

Tulis komentar...