Home

Mendikbud Minta Orang Tua dan Guru Contohkan Budaya Membaca pada Anak

Republika | 2 years ago

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengimbau pada orang tua dan guru agar jadi teladan gemar membaca buku bagi anak-anak. Muhadjir meminta jangan biarkan anak-anak disuruh membaca, tetapi tidak diberikan contoh atau teladan.

"Beri contoh kepada anak bahwa membaca itu mengasikkan," kata dia pada pembukaan acara Discovery 4, Gerakan Banyuwangi Membaca, di Taman Blambangan, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (4/3).

Dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, selain menjadi teladan, para orang tua dan guru harus membimbing anak-anak memahami buku yang dibaca. Menurutnya, banyak cara yang dapat dilakukan untuk membantu anak-anak memahami buku bacaan. Salah satunya, yakni menugaskan untuk meringkas buku yang telah dibaca.

Di hadapan ribuan pelajar, Mendikbud menerangkan mengajak anak-anak untuk gemar membaca sejak dini. Ia meyakini, menanamkan budaya membaca sejak dini merupakan wujud dari penguatan pendidikan karakter.

Dalam kesempatan itu, Mendikbud mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dan kantor berita Radar Banyuwangi yang telah menginisiasi program Banyuwangi Discovery 4 sebagai upaya menyosialisasikan gerakan gemar membaca. Pada kesempatan ini Mendikbud memberikan buku Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) edisi terbaru kepada Pemerintah Kabupaten Banyuwangi yang diterima langsung oleh Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko.

"Ini langkah yang tepat memperkenalkan kepada anak sejak dini untuk gemar membaca," ujar Mendikbud.

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

Opini Orang Jepang atas Membesarnya Oppai Wanita Jepang

Akibanation

18

Ini yang Terjadi di Tubuh Saat Menahan Pipis Terlalu Lama

Rakyatku

13

Kisah Kereta Hantu di Carolina Utara, 128 Tahun Setelah Kecelakaan Mematikan Konon Kereta Itu Masih Berjalan Hingga Tim Pemburu Hantu Berakhir Tragis

Intisari-online

1

Mau Selfie Bareng Monyet di Monkey Forest Ubud, Ini Triknya

Tribunnews

5 Cara Simple yang Justru Luluhkan Hati Cowok Cuek, Gak Perlu Kalut!

Idntimes

1

Latest Comments

  • yunit

  • 2 years ago

33

57

nah bagus nih yah kayak gini

Tulis komentar...