Home

9 Aturan Sekolah di Jepang yang Gak Akan Pernah Ada di Indonesia

Idntimes | 2 years ago

Di Jepang, mempunyai banyak aturan yang jauh lebih ketat dari sekolah-sekolah yang ada di negara lain. Kita sepertinya sudah pada tahu ya kalau negara jepang itu rata-rata penduduknya memang hampir semuanya sikap disiplin yang tinggi, terutama untuk aturan sekolahnya.

Dari dulu Jepang memang terkenal dengan struktur sekolah yang sangat jauh berbeda dibanding negara lainnya, bahkan perbedaan struktur sekolah Jepang bisa jadi berbalik 180 derajat dengan negara Amerika. Berikut ini adalah beberapa aturan sekolah di negara Jepang yang mungkin belum kalian ketahui, dan semoga bisa menjadi inspirasi buat sekolah-sekolah di Indoneisa.

Tepat waktu merupakan hal yang sangat penting di setiap sekolah yang ada di Jepang.

flickr.com/Angie Harms

Siswa di Jepang harus sudah berada di sekolah jam 08:30 AM tepat! Tidak boleh terlambat sedikitpun. Jika ada siswa Jepang yang datang terlambat 5 kali, mereka harus bertanggung jawab dan menerima konsekuensinya. Mereka akan dihukum untuk datang lebih awal lagi untuk membersihkan sekolah.

Indonesia mungkin punya peraturan seperti ini, tapi soal pemberian hukumannya, masih banyak siswa yang lolos dari hukuman.

Setiap siswa harus makan di dalam ruang kelas mereka masing-masing.

ashventures.wordpress.com

Alih-alih pergi ke kantin, untuk makan saja mereka harus tetap berada di dalam kelas masing-masing, membawa bekal sendiri dan juga membawa alas untuk makanan mereka sendiri-sendiri. Membuang-buang makanan sangat tidak diperbolehkan, jadi mereka diminta untuk makan segala sesuatu yang ada di piring mereka!

Indonesia? Penjual Cilok biasanya akan antri di luar gerbang sekolah ketika waktu istirahat tiba.

Siswa tidak diperbolehkan untuk memodifikasi penampilan fisik alami mereka.

lifebuzz.com

Peraturan seperti ini memang tidak semua sekolah di Jepang memberlakukannya, akan tetapi hampir semuanya punya peraturan seperti itu. Aturan ini berarti semua siswa tidak boleh pakai makeup atau segala jenis kosmetik untuk memoles wajah mereka biar terlihat lebih cantik. Jangankan memakai bedak, menggunakan cat kuku dan merapikan alis mereka saja dilarang.

Di Indonesia? Bisa sebaliknya, makeup adalah hal yang wajib nempel di wajah mereka!

Siswa tingkat SMP dilarang berpacaran dan memiliki hubungan yang terbuka.

blog.gaijinpot.com

Semua sekolah tingkat menengah di Jepang sepakat untuk memberlakukan aturan yang satu ini, dilarang pacaran! Tujuan diberlakukannya aturan ini untuk mencegah aktifitas belajar siswa terganggu. Aturan ini bahkan menjadi aturan tertulis di setiap sekolah.

Adakah peraturan seperti ini di Indonesia, mungkin saja. Tapi kita banyak mendengar siswa yang masih duduk di bangku SMP hamil, miris banget kan?

Sesepuh sekolahan selalu disambut dengan sangat baik sebagai tanda penghormatan.

kotaku.com

Salam yang baik memang selalu diberikan para siswa pada guru atau sesepuh, sebab merekalah yang memberikan kita pendidikan. Siswa akan selalu membungkuk di depan gurunya dengan khusyu'.

Lain halnya di Indonesia. Salam yang diberikan oleh para siswa Indonesia tidak akan bisa setulus siswa-siswa Jepang.

Ponsel tidak diperbolehkan untuk digunakan di lingkungan sekolah.

flickr.com/Jenn Vargas

Seluru siswa di Jepang hanya diperbolehkan menggunakan ponsel mereka sebelum masuk dan setelah pulang sekolah, itupun mereka harus menggunakannya di depan gerbang sekolah, jika ketahuan menggunakan ponsel di lingkungan sekolah, mereka akan menerima hukumannya.

Kalian bisa bayangkan jika peraturan ini diberlakukan di Indonesia, bisa jadi tidak akan ada siswa yang mendaftarkan diri ke sekolah tersebut.

Tidak pernah ada guru pengganti di kelas.

regex.info

Di Jepang sangat jarang sekali guru yang absen atau tidak bisa mengajar murid-muridnya. Jikapun mereka harus absen dan tidak bisa masuk, maka tidak akan pernah ada guru yang akan menggantikannya. Dan sebaliknya siswa harus belajar sendiri dan tetap dengan perilaku yang baik. Sewaktu-waktu, guru lain hanya akan datang sebentar sekedar untuk check-in di kelas.

Siswa dilarang untuk memakai pakaian luar yang menutupi seragam mereka.

scmp.com

Sekalipun mereka memakai jaket atau sweater, tetap tidak diperbolehkan dipakai diatas seragam sekolah atau menutupi seragam sekolahnya. Tidak hanya itu saja, siswa juga dilarang untuk memakai perhiasan jenis apapun.

Dan ini sama sekali tidak pernah terjadi di Indonesia.

Seluruh siswa di Jepang di bawah usia 18 tahun dilarang keluar rumah jam 10 malam.

debate.org

Aturan setiap kota di Jepang bisa bervariasi dalam urusan ini, akan tetapi Tokyo dan Yokohama adalah dua kota yang dengan tegas menegakkan aturan dilarang keluar rumah mulai dari jam 10 malam untuk siswa di bawah usia 18 tahun. Dan jangan pernah berarap kalian akan menemui aturan ini di Indonesia.

Lihat Sumber

  • 6

  • 0


Rekomendasi Artikel

Terungkap, Lumba-lumba Berbicara seperti Manusia

Kompas

3

6 Alasan Kamu yang Mudah Nangis Justru Kuat Secara Emosi. Jadi Nggak Perlu Malu Lagi

Hipwee

68

7 Hal yang Katanya Ganggu dan Nggak Berguna Ini Nyatanya Berdampak Besar Buat Hidup Kita, Lho!

Hipwee

Sebelum Ditembak Mati di Depan Anaknya, Ayah ini sempat untuk Tenangkan Putrinya dan Menyerahkan ke Pengasuhnya

palingseru.com

Breatharian, Orang-orang yang Bisa Hidup dengan Energi Alam Tanpa Makan dan Minum

Terselubung

12

Latest Comments

  • shashafira

  • 2 years ago

3

3

wah peraturannya keren2 semua yah

Tulis komentar...