Home

Ini Makanan Paling Lezat Kata Mahasiswa Asing di Indonesia

Gregetan | 2 years ago

Indonesia memang terkenal dengan kuliner yang kaya rasa dan kaya rembah plus lezat tiada tara. Letak geografis Indonesia yang bagus membuat negeri tercinta ini kaya akan rempah-rempah untuk membuat makanan memiliki cita rasa yang khas. Mau yang asin tersedia, mau yang gurih ada, pengen yang asem manis dan pedas juga bisa, sampai mau sedikit unik juga semuanya ada.

Makanan Indonesia yang lezat itu sudah pasti nggak hanya dikenal sama orang Indonesia kayak kamu aja. Warga asing yang kerja di sini atau wisatawan sampai pelajar yang ikut pertukaran pelajar dan mahasiswa akhirnya kenal dengan makanan Indonesia ini. Nah, dari ratusan jenis makanan, ternyata mereka punya daftar favorit di setiap daerah. Dari survei kecil yang dilakukan Tim Gregetan pada mahasiswa pertukaran antarnegara di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, ternyata makanan favorit mereka ada lima yakni:

Nasi Padang

masakan padang

Kamu juga pasti suka nasi Padang. Makanan kaya rempah dengan porsi yang lebih banyak kalau dibungkus ini memang legendaris. Kuah kuning, sambal ijo, bumbu rendang, sayur singkong, gulai nangka, dan kuah-kuah lainnya menghasilkan komposisi rasa yang susah banget dideskripsikan sangking enaknya. Makan nasi Padang dengan kuah aja sudah enak banget, apalagi kalau ditambah rendang, ayam pop, ayam bakar, atau menu lainnya. Cita rasa yang khas dan kaya akan bumbu ini nampaknya cocok sama semua orang, termasuk para bule.

Nasi goreng

Orang Indonesia terkenal suka menggoreng makanan, bahkan nasi yang bisa langsung dimakan aja digoreng! Tapi, kamu nggak perlu repot mikirin kenapa nasi aja digoreng, soalnya kamu pasti tahu bahwa nasi goreng itu enak banget. Nasi goreng panas dengan telor ceplok dan kerupuk pasti juara, bisa kamu makan saat sarapan, makan siang, atau makan malam. Iya, kan? Para bule itu juga suka.

Sate

sate

Daging yang dibakar dan diberi bumbu kacang atau kecap ini memang juara! Bahkan berbagai perayaan yang dilakukan banyak orang seperti tahun baru atau lebaran pasti tidak pernah melewatkan ‘sate-menyate’. Perpaduan rasa gurih dan manis ini juga digemari para bule, lho! Mereka juga suka menyantapnya dengan lontong.

Bakso

bakso

Makanan indonesia berkuah panas yang asin ini bisa kamu kombinasikan sesuai selera, entah ditambah saus, sambal, atau kecap. Kata orang sih makan bakso paling enak saat dingin atau waktu lagi hujan, tapi kenyataannya mau panas-dingin atau mau hujan-nggak hujan semua orang suka makan bakso. Buat kita mungkin makan bakso tanpa nasi itu camilan, tapi buat para bule, makan bakso itu makan beneran dan sudah mengenyangkan. Para bule itu juga biasanya makan bakso dengan kuah bening, lebih terasa ‘rasanya’ gitu sih katanya.

Gado-gado

gado-gado

Makanan ini tampak seperti salad yang menggunakan sayuran rebus dan saus kacang kental. Tapi, gado-gado itu lebih khas dari salad. Gado-gado perlu direbus dengan tekstur sayur yang pas, nggak boleh terlalu lembut atau terlalu keras sayurnya. Kemudian ditambahkan tempe dan tahu goreng, diaduk dengan saus kacang berbumbu gurih-manis yang pas, diberi kerupuk, dan disajikan dengan lontong atau nasi. Kamu juga bisa menambahkan gorengan kalau kamu mau. Biasanya orang-orang bule itu makannya nggak pakai lontong atau nasi, tapi cuma makan gado-gadonya aja.

Kamu udah pernah nyobain semuanya, kan? Yakali kamu belum pernah nyobain! Semua makanan ini mudah ditemukan di sekitar kamu, kok! Ayo, cobain waktu makan siang nanti, ya! (kns)

 

Artikel Terkait:

Lihat Sumber

  • 0

  • 1


Rekomendasi Artikel

Percaya Deh, 7 Hal Ini Nih yang Disukai dan Tidak Disukai Orang Dewasa Padamu, Generasi Millennials!

Trivia.id

Menjelang 2018, 5 Hal Ini Patut Kamu Renungkan Agar Kesalahan yang Sama Tak Lagi Terulang di Tahun Depan

Trivia.id

Gara-gara Mengejan Terlalu Kuat saat BAB, Wanita Ini Terserang Amnesia

Akurat.co

1

Kekonyolan di India Memang Seperti Pada Filmnya, Kocak dan Menghibur...Ini Contohnya !

Pulsk

4

Jamaah Haji Indonesia Dapat Kemudahan Makkah Road Initiative

IMCnews

1

Tulis komentar...