Home

Jangan Disepelekan! 10 Etika Sehari-hari Ini Harus Kamu Ketahui

Papasemar | 2 years ago

etika sehari-hari

Etika sehari-hari via blog.cengage.com

Menjaga etika adalah hal yang penting dilakukan semua orang. Karena etika merupakan cara seseorang menunjukkan moralitasnya. Karena pandangan seseorang terhadap moralitas berbeda, mengetahui etika terhadap orang lain merupakan hal yang penting. Ada saatnya dimana kamu harus menujukkan etika dan rasa sopan santun terhadap orang lain.

Terutama dalam dunia pekerjaan yang membutuhkan moralitas yang tinggi. Kamu harus mengetahui beberapa etika modern terutama di dunia pekerjaan. Kira-kira apa saja ya hal yang sebenarnya sepele, tapi terlihat tidak etis atau tidak sopan di depan orang lain?

Berikut 10 etika modern yang harus kamu ketahui dan terapkan dikehidupanmu,

Ini mungkin terlihat sepele, tapi jangan pernah mengunjungi seseorang sebelum memberitahukannya

etika sehari-hari

Surprise visit via youtube

Kalau kamu merencanakan kunjungan tiba-tiba setidaknya berkoordinasilah dengan orang yang ada di rumah tersebut agar mereka setidaknya bisa bersiap-siap untuk kunjungan tamu. Etika sehari-hari yang sepele ini harus kamu lakukan yah, apalagi jika kamu tahu jika orang yang rumahnya ingin kamu kunjungi, menjunjung tinggi privasi.

Siapa tahu saat itu di rumahnya ada sesuatu yang tidak bisa kamu lihat, demi menghormati privasinya hubungi dia dulu sebelum berkunjung.

Biasakan mengetuk pintu sebelum masuk ke dalam ruangan

etika sehari-hari

Jangan lupa ketuk pintu via thenewspaper.net

Hal ini hampir sama dengan sebelumnya. Setiap orang pasti punya privasi yang ia simpan untuk dirinya sendiri, untuk itu jika kamu mengunjungi wilayah pribadinya ketuk dulu pintu kamarnya untuk menandakan bahwa ada seseorang yang ingin masuk.

Ketika ia sudah mengijinkanmu masuk, barulah kamu membuka pintunya dan masuk ke kamarnya.

Jika kamu mengajak seseorang makan bersama, kamu yang harus membayarnya

etika sehari-hari

Kalau kamu yang ngajak ya kamu yang bayar dong via today

Walaupun ini merupakan salah satu aturan tidak tertulis, kamu harus mengetahui betul. Jika kamu mengajak seseorang untuk makan bersama, yang bertanggung jawab untuk membayar makanannya adalah kamu. Beda hal jika ada perjanjian sebelumnya.  Kamu harus mengatakan kesepakatan untuk membayar makanan sebelum datang ke tempat makan yang kalian tuju.

Berikan jalan kepada orang yang mau keluar lift atau kereta atau transportasi lainnya

etika sehari-hari

Etika sehari-hari via re-digest.web.id

Jika kereta atau lift dalam keadaan penuh, usahakan kamu memberi jalan kepada orang yang mau keluar. Hal tersebut merupakan cara menghormati orang lain yang kerap kali tidak dilakukan banyak orang. Jangan mendorong orang lain agar kamu bisa masuk lebih dulu ya.

(Baca juga: 10 Hal yang Pasti Kamu Sesali Ketika Sudah Tua)

Duduk di belakang pengemudi mobil merupakan kursi terbaik untukmu!

etika sehari-hari

via vintag.es

Etika yang satu ini dikhususkan untuk wanita, sedangkan pria harus duduk di sampingnya yang kemudian membukakan pintu untuk wanita keluar dari mobil. Hal ini merupakan etika bisnis paling dasar yang sering dilupakan orang-orang.

Jadikan obrolan politik, uang, dan agama menjadi hal yang tabu dibicarakan dengan orang lain

etika sehari-hari

Hindari obrolan politik via mountainx.com

Nah orang Indonesia masih sering mengabaikan ini nih. Kalau di luar negeri pembicaraan tentang agama, uang dan pilihan politik adalah hal yang tabu. Agama, uang dan pilihan politik adalah urusan pribadi orang terhadap apa yang ia percayai, kita hanya perlu menghargai keputusan bukan ikut campur dan mengomentari apa yang ia pilih.

Jangan menggunakan kacamata hitam saat berbicara dengan orang lain

etika sehari-hari

via gentlemansgazette

Berbicara dengan orang lain harus menatap matanya sebagai tanda kalau kita menghormati lawan bicara kita. Jadi, jika kamu sedang menggunakan kaca mata hitam, lepas dulu kaca mata mu saat berbicara kemudian baru gunakan kembali ketika sudah selesai bicara.

Etika sehari-hari yang kerap terlewatkan lainnya adalah ini nih, kalau mau membenarkan makeup jangan di depan umum ya, girls

etika sehari-hari

via downtownmagazinenyc

Di semua lokasi pasti akan tersedia toilet yang dilengkapi kaca, jadi kamu bisa memperbaiki makeupmu disana girls. Memperbaiki makeup di depan umum terlihat tidak etis dan tidak sesuai tempat.

Kalau ngobrol di tempat umum kondisikan suaramu ya, jangan berbicara terlalu kencang apalagi sampai heboh

etika sehari-hari

via independent.co.uk

Jika kamu sedang kumpul bareng bersama teman-teman memang tidak mungkin untuk tetap diam. Apalagi kalau berjumpa dengan teman lama, karena saking banyaknya yang ingin diceritakan, kadang kalian jadi heboh dan berisik di tempat umum.

Pasalnya hal tersebut tidak etis dilakukan karena belum tentu orang-orang yang ada di tempat yang sama denganmu akan menyukai kehebohan kamu. Jika sekiranya pertemuan yang akan kamu lakukan akan berlangsung heboh dan berisik, sebaiknya kamu lakukan saja di rumah.

Setelah makan letakkan alat makan secara terbalik dan sejajar, jangan dibentuk X

etika sehari-hari

via brightside

Kalau yang biasa dilakukan orang adalah menaruh peralatan makan terbalik dan dibentuk dengan format X, tapi nyatanya yang seharusnya dilakukan adalah menaruhnya dengan posisi searah jam 4.

Nah itulah dia etika sehari-hari yang kadang masih disepelekan oleh banyak orang. Padahal etika-etika tersebut dilakukan untuk menghormati orang lain loh. Mulai sekarang jangan lupa diterapkan ya 10 etika sehari-hari di atas.

 

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

Kisah Hanum KKN di Klaten, Kesurupan Penunggu Rumah Berulang Kali

Okezone

3

Bukannya Tersiksa, Para Penjahat yang Dihukum di Pulau Terpencil Ini Justru Bahagia Karena Hal Berikut

Intisari-online

14

Istimewa, 5 Zodiak Ini Katanya Bakal Jadi Calon Ibu Terbaik

Idntimes

Daging Hewan yang Mati Tertabrak akan Disuguhkan di Resepsi Pernikahan Ini

Hetanews

Meski Diklaim Tidak Sehat, Mengapa Junk Food Tetap Digemari dan Terasa Lezat di Lidah? Ini Dia Alasannya

Intisari-online

Latest Comments

  • sheli

  • 2 years ago

24

42

jgn disepelekan lah ginian

  • ponita

  • 2 years ago

33

57

emang nih yah ga bole di sepelein

  • sheli

  • 2 years ago

iya nih ga boleh di sepelein yah

Tulis komentar...