Home

10 Fakta tentang Yogyakarta Ini Pasti Belum Pernah Kalian Dengar Sebelumnya

Keepo.me | 1 year ago

Tahu nggak fakta tentang kota ini?

Nggak mungkin kalian nggak tahu tentang salah satu provinsi di Indonesia ini. Provinsi yang terkenal sebagai kota pelajar. Yap! Bener "Yogyakarta". Tapi, kalian tahu nggak fakta tentang kota pelajar ini? Oke, nih aku kasih 10 fakta tentang Yogyakarta yang mungkin belum kalian tahu.


1

Asal Mula Nama Yogyakarta

Ada yang tahu asal mula nama Yogyakarta? Nama “Yogyakarta” diambil dari dua kata, yaitu “Ayogya” atau “Ayodhya” yang berarti kedamaian atau tanpa perang, dan “Karta” yang berarti baik.

Kok kayak mirip nama tempat dalam cerita wayang, ya?

2

HaNaCaRaKa

Kenapa HaNaCaRaKa?? Ternyata, kota Yogyakarta dalam bahasa Jawa disebut sebagai Hanacaraka. Hanacaraka sendiri merupakan sebuah aksara jawa atau bisa disebut sebagai tulisan jawa kuno. Aksara jawa ini sering sekali dijumpai di kota Yogyakarta. Mungkin kalian yang udah pernah ke Yogya pernah liat tulisan seperti ini di keraton, tertulis di papan nama jalan, di halaman depan Pasar Beringharjo, dll.

3

Pernah Jadi Ibukota Negara Indonesia

Yap! Betul, Yogyakarta pernah jadi Ibukota Indonesia.

Tepatnya pada tanggal 4 Januari 1946 ketika Pemerintah Republik Indonesia memindahkan ibu kotanya dari Jakarta ke Yogyakarta setelah Belanda dan Sekutu melancarkan serangannya ke Indonesia.


4

Banjir??

Sering denger kalo Yogyakarta banjir?? Ah, masa? Kayaknya nggak pernah tuh Yogya masuk TV gara-gara banjir. Hahahaha... Yogyakarta pernah banjir kok, pas musim hujan. Tapi jarang, jaraaanngg banget.

Ini karena sistem drainase yang tertata rapi (yang dibangun oleh pemerintah kolonial) ditambah dengan giatnya penambahan saluran air (yang dikerjakan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta) membuat kota ini jarang mengalami banjir meskipun terletak di lembah.

Yogya, Yogya, Yogya, you're so amazing..


5

Kota Pelajar

Hmmm, kalo yang ini sih udah pada tau semua. "Kota Pelajar" nama lain Yogyakarta yang sudah dikenal masyarakat luas.

Tapi, kalo yang ini pasti kalian belum tau. Di kota ini terdapat 137 perguruan tinggi dengan 20% penduduk produktifnya merupakan pelajar. Serius 137 puerguruan tinggi?? Iya, serius. Banyak orang dari seluruh penjuru Indonesia dari Sabang-Merauke yang rela datang dan pindah ke kota ini untuk mencari ilmu atau meneruskan pendidikannya.

Beberapa perguruan tinggi terfavorit dan terkenal di Indonesia ada di Yogyakarta. Diantaranya Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Islam Indonesia, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, dll.

Tinggal dipilih tuh..


6

Serangan Umum 1 Maret

Yogyakarta, selain ikut memainkan percaturan politik Indonesia pada masa perebutan kemerdekaan, juga menjadi saksi atas terjadinya Agresi Militer Belanda II pada tanggal 19 Desember 1948,yang akhirnya dapat diduduki Belanda. Yogyakarta tak mau diam. Sebuah serangan diluncurkan pada 1 Maret 1949 dini hari dan dipimpin oleh Jenderal Sudirman. Serangan ini disebut dengan Serangan Umum 1 Maret 1949 yang berhasil menguasai Yogyakarta selama 6 jam.

Appaluse.... Prok prok prok


7

Data Administrasi Kota Yogyakarta

Di kota Yogyakarta terdiri dari 14 kecamatan, yaitu Mantrijeron, Kraton, Mergangsan, Umbulharjo, Kotagede, Gondokusuman, Dannurejan, Pakualaman, Gondomanan, Ngampilan, Wirobrajan, Gedongtengen, Jetis, dan Tegalrejo.


8

Muhammadiyah

Muhammadyah adalah salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia yang didirikan oleh K.H. Ahmad Dahlan di Kauman, Ngupasan, Gondoman, Yogyakarta, pada tahun 1912. Organisasi Islam ini hingga saat ini masih berpusat di Yogyakarta


9

Bandara

Nah, buat kalian yang ingin berkunjung ke Yogyakarta kalian bisa naik segala macam jenis transportaso, salah satunya transportasi udara. Untuk mencapai Yogyakarta dengan menggunakan tranportasi udara, kalian akan dilayani oleh Bandara Internasional Adisutjipto yang terletak di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman.

Di Yogyakarta sendiri baru memiliki satu bandara untuk saat ini. Tetapi pemerintah kota Yogyakarta akan membangun satu bandara yang lebih luas dibanding Bandara Internasional Adisutjipto. Bandara ini akan dibangun di Kabupaten Kulonprogo.

Kalian bisa mendarat ditempat lain, deh


10

Trans Jogja

Sebagai kota yang tidak mengenal istilah angkutan kota seperti angkot dan armada minubus, Yogyakarta melayani masyarakatnya dedngan menyediakan sejumlah bus kota, yang paling terkenal adalah Trans Jogja.

Trans Jogja merupakan sistem transportasi bus yang terbilang baru—sejak Maret 2008—dan bertugas melayani masyarakat sebagai transportasi massal yang cepat, aman, nyaman, dan murah (hanya Rp.4000 untuk 1 kali jalan)

Om telolet om




Nah, itu tadi 10 fakta tentang kota Yogyakarta semoga bisa menambah wawasan kalian.

Fakta yang mana yang bikin kalian kaget?


Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

Lima Olahraga Air Selain Berenang

Metrotvnews

2

Pacar Marah Besar, Ini 5 Cara Minta Maaf Biar Lekas Baikan

Bintang

9 Hal Aneh yang Bisa Jadi Penyebab Seseorang Jatuh Cinta Padamu

Idntimes

7 Ragam Rokok & Bahayanya Masing-masing. Yang Dicap Lebih Sehat, Banyak Juga Risiko Tersembunyinya

Upstation

Piring Kesayangan Emaknya Tersangkut, Curhatan Wanita Malaysia Ini Jadi Viral Karena Kocak Banget

Keepo.me

Tulis komentar...