Home

Menyingkap Misteri 7 Tangan Raksasa di Dunia

Viva | 2 years ago

VIVA.co.id – Sebuah patung tangan raksasa yang berada di Venesia, Italia. Patung itu muncul dari dalam air seakan menopang sebuah Hotel Ca 'Sagredo di kawasan tersebut.

Itu adalah seni instalasi oleh seniman Italia Lorenzo Quinn yang ingin membuat pernyataan visual tentang dampak perubahan iklim dan naiknya permukaan laut di kota bersejarah tersebut.

Quinn bukan satu-satunya yang menggunakan tangan untuk menyampaikan pesan yang kuat. Berikut instalasi tangan raksasa lainnya di seluruh dunia, termasuk patung tangan raksasa di Bandung, seperti dilansir dari laman Amusing Planet.

1. Giant Hands, Venesia, Italia

Tangan raksasa di Grand Canal Venesia buatan Lorenzo Quinn ini adalah set terakhir tangan di dunia. Ini bukan instalasi permanen, tapi akan tetap sampai akhir November.

"Venesia adalah kota seni terapung yang telah mengilhami kebudayaan selama berabad-abad. Tapi untuk terus melakukannya dibutuhkan dukungan generasi kita dan generasi masa depan, karena terancam oleh perubahan iklim dan kerusakan waktu," kata Lorenzo.

"Saya ingin memahat apa yang dianggap sebagai bagian tubuh manusia yang paling sulit dan paling menantang. Tangan memegang begitu banyak kekuatan-kekuatan untuk mencintai, membenci, menciptakan, menghancurkan," ujarnya.


2. Mano del Desierto, Gurun Atacama, Chili

Mungkin tangan terpotong yang paling terkenal adalah "Mano del Desierto" di tengah Gurun Atacama, yang terletak 75 kilometer selatan kota Antofagasta. Karya seni tersebut diciptakan oleh seniman Chili, Mario Irarrázabal untuk menghormati korban ketidakadilan dan penyiksaan selama rezim militer di Chili. Struktur beton yang berdiri atas keseluruhan patung ini setinggi 11 meter.

3. Praying Hands, Tulsa, Amerika Serikat

Sepasang tangan perkasa yang terkunci dalam doa ini berdiri di pintu masuk kampus Universitas Oral Roberts di Tulsa, Oklahoma. Dengan tinggi 60 kaki dan berat 30 ton, ini dilaporkan merupakan patung perunggu terbesar di Amerika.

4. Hand of Harmony, Cape Homi, Korea Selatan

Hand of Harmony adalah sebuah patung tangan yang terletak di Pantai Homigot, salah satu titik paling timur di semenanjung Korea. Patung yang terbuat dari perunggu dan granit ini dibangun pada 1999.

5. Giant Hand di Bandung, Indonesia

Patung tangan baja raksasa ini terletak di pintu gerbang Setraduta, kompleks perumahan kelas atas di utara Bandung, Indonesia. Ini dirancang dan dibuat oleh Nyoman Nuarta, salah satu pematung Indonesia yang paling menonjol dan produktif saat ini.

6. Memorial Holocaust, Miami, Amerika Serikat

Di Memorical Holocaust, di Miami, Florida adalah patung tangan setinggi 12 meter, yang terulur berusaha mencapai langit, sementara ratusan manusia-manusia kecil berpegangan padanya dan satu sama lain. Patung ini dirancang oleh arsitek Kenneth Treister.

7. Hands & Molecule, Ramsgate, Kent, Inggris

Sepasang tangan, setinggi 2,4 meter, muncul dari tanah dan memeluk sebuah molekul terletak di Westcliff Promenade, Ramsgate, Kent, Inggris. Patung tersebut didanai oleh David Barnes dan perusahaan farmasi Pfizer. Patung ini diresmikan pada Juni 2000 untuk menandai pembukaan National Cycle Network (rute 15) di Thanet, Kent.

 

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

6 Alasan Mengapa Masih Jomblo Meskipun Kamu Cewek yang Ideal

Idntimes

5 Alasan Kenapa Jadian Sama Sahabat Bisa Jadi Keputusan Tepat

Idntimes

Tes Kepribadian: Bibir, Pohon, atau Akar? Apa yang Kamu Lihat Pertama Kali Ungkap Karaktermu!

Tribunnews

5 Hal Unik Seputar Hari Jumat, Kamu Wajib Tahu

Idntimes

1

Kotoran Panda Diubah Menjadi Suvenir yang Indah

Rakyatku

Latest Comments

  • anita93

  • 2 years ago

31

52

agak2 serem nih yah bentuknya

Tulis komentar...