Home

10 Tradisi Seru Mahasiswa Usai Sidang, Kamu Juga Begini?

Idntimes | 2 years ago

Masa-masa kuliah memang masa yang penuh lika-liku hidup. Beda saat SMA. Kamu dituntut untuk menguasai ilmu di perkuliahan secara mandiri. Mulai dari semester awal, hingga akhirnya kamu harus membuat tugas akhir demi lulus dan mendapat gelar pendidikan yang kamu dambakan.

Saat berhasil menyelesaikan skirpsi misalnya, kamu harus melalui proses sidang skripsi di mana dosen-dosen yang dipilih akan menguji skripsimu. Nah, yang menarik, usai menjalani proses ini dan dinyatakan lulus, mahasiswa mainstream biasanya akan berselebrasi bersama para fans sahabat dan teman seperjuangan.

Tradisi ini belakangan dilakukan oleh para mahasiswa biar kekinian. Bagaimana tradisi tersebut biasanya berlangsung? Check this out!

Pakaian sidang yang hanya setelan hitam putih mendadak ramai atribut

blogger

Saat sidang skirpsi, biasanya kamu harus memakai pakaian rapi. Atasan kemeja putih dan bawahan hitam. Setelan polos tersebut niscaya akan berubah seketika, ketika teman-temanmu heboh memberikan atribut seusai sidang.

Atribut tersebut antara lain selempangan, bando lucu hingga mahkota

wordpress

Umumnya seusai sidang, orang-orang terdekat akan memberikan atribut berupa selempangan, balon, kado. Ditambah lagi bando yang berbentuk singkatan gelar akademik atau nama kalian. Ada pula yang memberikan mahkota/ hiasan bunga di kepala.

Semakin heboh teman-temanmu, maka semakin heboh pula atribut yang mereka berikan padamu. Bener gak?

Karena sukses menyelesaikan satu tanggungjawab dalam hidupmu, para sahabat tak ragu menyiapkan kado istimewa

blogger

Kadonya bervariasi, mulai dari kenang-kenangan, sampai barang yang kita impikan.

Tak jarang sahabat-sahabat di dalam dan luar kampus memberikan bunga tanda ucapan selamat

mahar's

Proses menyelesaikan tugas akhir mahasiswa memang butuh banyak pengorbanan. Buktinya, masih banyak yang kesulitan menyelesaikannya karena berbagai hambatan. Namun, saat usai sidang, berarti kamu telah melewati fase dalam menyelesaikan tanggung jawab sebagai mahasiswa. Itulah mengapa kamu dirasa pantas menerima kembang-kembang yang cantik tersebut dari para sahabat.

EDITORS' PICKS

Namun, tiada hal paling berharga dari dukungan para sahabat yang menemani dan mendoakan saat sidang

UNTAR

Di saat itu, mereka setia mendampingi ujian dan menemanimu mencari perlengkapan untuk sidang. Berterimakasihlah pada mereka sahabat-sahabat tersayang kalian.

Hal ini tak lepas pula dari para dosen pembimbing dan penguji, yang dengan baik hati meluluskan dan memberimu nilai layak

kgssulaiman

Kamu turut berterima kasih kepada para pembimbing yang selama ini membuatmu kuat menghadapi kenyataan hidup revisi berkali-kali. Tak lupa pula para penguji yang sudah menjalankan tugasnya untuk menjadikan kualitas dirimu semakin baik.

Paling penting ialah rasa syukur kepada Tuhan YME, rasa terima kasih ke orangtua dan keluarga

solopos.com

Terpenting adalah kamu bersyukur atas terlaksananya sidangmu yang berjalan lancar. Tentu tak lepas dari peran orangtua dan keluarga dong.

Mengabadikan momen bersama teman se-geng/ sahabat dekat dengan dresscode senada

instagram

Demi menambah keseruan dan kekompakan, biasanya para sahabat menyiapkan dresscode khusus untuk merayakan suksesnya sidangmu. Ya, hitung-hitung nyicil sebelum jadi bridesmaid yang seragamnya senada.

Mentraktir orang-orang terdekat

gregetan

Bagimu, sesekali mentraktir orang-orang terdekat dalam rangka mensyukuri lancarnya sidang gak masalah tuh. Jika memiliki rejeki lebih, kamu biasanya mentraktir orang-orang terdekat seperti pacar, sahabat, teman geng, teman les, teman organisasi, adik tingkat, kakak tingkat. Hmm, banyak juga ya?!

Melanjutkan perjuangan: revisi dan mempersiapkan syarat wisuda

trivia

Berakhirnya sidang skripsi bukan berarti perjuanganmu sudah selesai. Masih ada dosen pembimbing dan penguji yang menanti hasil revisimu. Setelahnya, kamu akan disibukkan dengan segala persyaratan wisuda. Semangat!

Info lengkap klik di sini

Tulis cerita serba-serbi mengenai kampusmu. Gunakan tagar #IniKampusku pada awal judul artikelmu. Dapatkan gratis 200 poin bagi artikel yang berhasil diterbitkan IDN Times Community.

Lihat Sumber

  • 1

  • 0


Rekomendasi Artikel

Percantik Organ Intim, Kini Ada Perhiasan untuk Vagina Lho!

Suara

Viral Sejumlah Pria Cuci Uang Pasca-Banjir Bandang di Sentani, Ini Faktanya

Okezone

Jadi Penyadap Karet Demi Besarkan Anak-anaknya, Saat Lumpuh Ayah Ditinggal

Rakyatku

3

7 Senjata ini Dibuat dari Bahan yang Gak Berasal dari Bumi. Bahkan Tokoh Dunia Terkenal pun Banyak yang Menggunakannya

Keepo.me

18

Menkes Angkat Bicara Soal Khasiat Kencing Unta

Inilah

Tulis komentar...