Home

Ini Dia 7 Tips Dari Altet Untuk Mendapatkan Tidur yang Nyenyak

Papasemar | 1 year ago

tips tidur nyenyak

tips tidur nyenyak via expertbeacon.com

Tidur meruapak salah satu kebutuhan terpenting umat manusia. Di dunia ini enggak bakal ada manusia yang enggak tidur terus menerus deh. Tidur merupakan waktu dimana tubuh dan pikiran kamu beristirahat dengan total. Bukan cuma itu, tapi beberapa organ dalam tubuh yang sejak pagi bekerja, juga bisa beristirahat.

Untuk memiliki kualitas hidup yang sehat, sangat disarankan untuk tidur yang cukup sembari diimbangi dengan gaya hidup yang sehat. Tapi terkadang walaupun kita sudah tidur masih saja badan terasa lelah. Kualitas tidur pun buruk atau bisa dibilang tidak nyenyak.

Tidur yang tidak nyenyak ini akan menyebabkan kamu tidak fit saat di pagi harinya. Tapi tenang, bagi kamu yang bermasalah dengan masalah tidur, kamu bisa simak 7 tips tidur nyenyak ala Papasemar berikut ini:

Sebelum tidur jangan lupa berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing ya

tips tidur nyenyak

via http://bloggingforchrist-brillantvictory.blogspot.co.id

Walau terdengar sepele tapi ini bisa membuat kamu nyenyak loh. Rasa syukur dan rasa dilindungi bisa membawa energi positif pasa dirimu sehingga pikiranmu bisa beristirahat. Selain berdoa, kamu bisa saja mengucap syukur atas hal baik yang sudah terjadi padamu hari ini.

Berdoa dan bersyukur atas nikmat yang diberikan akan membuat kamu lebih bahagia dan selalu merasa cukup dalam menjalani hidup loh!

Tidur dengan posisi menyamping bagus mempengaruhi kualitas tidurmu loh

tips tidur nyenyak

via www.seegoodthings.com

Cara agar kamu bisa tidur dengan nyenyak yang selanjutnya adalah perhatikan posisi tidurmu. Posisi tidur menentukan nyaman atau tidaknya kamu tidur loh. Nah posisi yang paling baik adalah posisi menyamping ke arah kanan. Kenapa harus ke kanan?

Karena jantung memiliki bagian yang lebih besar dan itu berada di dada sebelah kiri. Kalau kita menghadap ke kanan, akan membantu jantungmu bekerja normal. Sehingga tidurmu bisa nyaman dan nyenyak.

Tips tidur nyenyak selanjutnya adalah, jangan tidur tengkurap!

tips tidur nyenyak

via http://blog.thebrick.com

Kalau kamu tidur tengkurap, kepalamu akan menghadap ke bantal. Hal itu akan menyebabkan otot yang ada di leher menekan arteri yang menuju ke otak, sehingga pasukan darah ke otak menurun. Tidur dalam posisi tengkurap ini bisa membuat kamu sakit kepala loh!

(Baca juga: 6 Rahasia Mendapatkan Tidur Malam yang Nyenyak dan Membuat Tubuh Kembali Bugar)

Usahakan suhu di kamarmu sejuk, jangan terlalu hangat

tips tidur nyenyak

via homefamily.net

Coba atur suhu udara di kamarmu jadi sekitar 22-24 derajat celcius agar lebih sejuk, jika suhu tersebut menurut kamu masih terlalu dingin, coba gunakan selimut yang tebal yang nyaman ya. Suhu yang terlalu tinggi atau hangat bisa membuat kamu dehidrasi saat bangun di pagi hari.

Pilihlah alat tidur yang tepat dan nyaman

tips tidur nyenyak

via huffingtonpost.com

Nah ini juga merupakan salah satu faktor kamu bisa mendapatkan tidur yang nyenyak atau tidak. Kadang memang suka disepelekan namun, ini sangat berpengaruh untuk kualitas tidurmu loh. Coba gunakan bantal yang empuk dan tidak terlalu tinggi, lalu sesuaikan selimut yang kamu gunakan dengan temperatur tubuhmu.

Jika suhu tubuhmu panas, kamu bisa gunakan selimut yang agak tipis. Begitu juga sebaliknya. Empuk tidaknya kasur tidak ada pengaruh besar kok.

Buat kamarmu segelap mungkin agar kualitas tidurmu menjadi lebih baik

tips tidur nyenyak

via cnbc.com

Tidur di dalam kegelapan itu ada manfaatnya loh dibanding dengan tidur dalam terang. Tidur di kegelapan dapat membuat sintesis dan sekresi hormon melatonin oleh kelenjar pineal menigkat. Hormon itulah yang membuat kita mengantuk di malam hari.

Saat mematikan lampu, hormon melatonin dapat berproduksi dan bekerja lebih efektif. Hormon ini bertugas untuk kekebalan tubuh kita terhadap penyakit, bahkan ada juga yang bilang kalau kita mematikan lampu saat tidur dapat memperendah risiko penyakit kanker!

Konsumsi makan makanan yang sehat juga bisa mempengaruhi kamu untuk bisa tidur nyenyak

tips tidur nyenyak

via only4party.pl

Beberapa jam sebelum tidur jangan mengkonsumi makanan yang sulit dicerna. Kurangi konsumsi kafein dan makanan yang kadar lemak dan gulanya tinggi. Makanan tersebut akan membuat suhu tubuhmu meningkat. Sebelum tidur kamu sebaiknya makan yang mengandung banyak vitamin dan protein.

Lihat Sumber

  • 0

  • 1


Rekomendasi Artikel

Apa Syahrini Kehabisan Ide Kata-Kata Cetar, Sampai Pilih Meniru Baju Idol Kpop Demi Cari Perhatian?

Hipwee

Sayap Pesawat Tabrak Tiang Lampu Bandara, Lion Air Minta Maaf

Idntimes

9

Bukan Lewat Rekrutmen, Pria Ini Bekerja di Uber Berkat Komentar di Twitter

Wartaekonomi

Sempat Bingung Inilah Asal Usul Kata Janc*k,Umpatan khas jawa timur!

Vebma

1

10 Editan Artis Dunia Kalau Jadi Orang Indonesia Ini Super Kocak

Idntimes

1

Tulis komentar...