Home

Inilah 5 Faktor Utama yang Bikin Mahasiswa Akhir Malas Kerja Skripsi

Yukepo | 1 year ago

life.idntimes.com

Line Yukepo.com

Jadi mahasiswa tingkat akhir itu banyak yang bilang nggak enak. Beban tuh serasa menumpuk di pundak dan rasanya mau kerja skripsi tuh malas banget. Biasanya yang jadi penghiburan ya godain adik tingkat atau kalau nggak ya sibukkan diri nyalurin kepenatan ke hobi masing-masing atau bisa jadi malah rajin kelarin pekerjaan rumah.

Kalau dipikir-pikir, mahasiswa tingkat akhir itu kan harusnya bahagia ya. Udah mau wisuda, menyandang gelar dan udah bisa bikin bangga orang tua harusnya semangat. Tapi kok realita gak berbicara gitu ya? Nah, kali ini YuKepo mau bahas nih 5 faktor utama yang bikin mahasiswa tingkat akhir galau dan malas kerja skripsi. Yuk kepoin ulasan di bawah ini.

1. Mikirin kerjaan setelah lulus

image-serve.hipwee.com

Para sarjana zaman sekarang emang jarang ada yang langsung dapat kerja setelah lulus. Realita bilang banyak dari mereka yang harus berjuang untuk mendapatkan kerjaan yang pas dengan jurusan kuliah yang diambilnya. Inilah yang kadang jadi bikin galau mahasiswa tingkat akhir. Pikiran kayak begini juga bisa jadi penghambat mahasiswa kerjain skripsinya. Perasaan takut itu begitu mencekam dan memuncak di tingkat akhir.

2. Belum punya pacar

www.selipan.com

Udah menginjak semester akhir pastinya banyak yang nanyain, “udah punya pacar belum?” atau kalau nggak tanyanya gini: “nanti pas wisuda, pacarnya datang kan?” Pertanyaan itu rasanya menampar hati para mahasiswa akhir yang masih jomblo. Mereka tahu kalau tuntutan di luar kuliah itu besar sekali dan inilah yang kadang bikin malas kerjain skripsi. Hmm, sabar ya!

3. Pengeluaran makin banyak

image-serve.hipwee.com

Mahasiswa tingkat akhir dikenal mahasiswa yang harus sediakan budget lebih. Ini dikarenakan biaya nge-print skripsi dan fotokopi sumber bacaan itu nggak murah. Makanya nggak jarang banyak mahasiswa tingkat akhir yang beli printer, tinta dan kertas sendiri supaya bisa lebih berhemat. Kalau nggak ya mereka ada yang bela-belain cari kerjaan tambahan supaya tetap bisa bayar kebutuhan kuliah dan nggak nyusahin orang tua.

4. Krisis teman

life.idntimes.com

Gara-gara berkutat terus menerus kerjain skripsi, mahasiswa tingkat akhir jadi banyak kehilangan teman. Mau diajak nongkrong seperti biasa nggak seleluasa karena ada skripsi yang jadi fokus utama. Apalagi kalau ada teman yang mau PDKT jadi nggak bisa juga karena alasan skripsi. Gimana dapat gandengan nih kalau sibuk terus?

Baca Juga : Foto-foto Ospek Lawas ini Bikin Kamu Nostalgia Pengalaman Jadi Mahasiswa Baru

5. Dapetin dosen pembimbing yang nyebelin

image-serve.hipwee.com

Ada dosen pembimbing yang enak diajak diskusi pas ngerjain skripsi dan ada dosen yang nyebelin. Nyebelinnya ya kadang nggak bisa bantuin nyari sumber bahan skripsi, suka nyalahin tanpa berikan solusi dan lebih mematikannya lagi bisa bikin mahasiswanya nggak lulus. Intinya, jadi mahasiswa tingkat akhir perlu kuatin mental deh supaya nggak kaget juga di pekerjaan yang tantangannya lebih dahsyat lagi.

Itulah 5 faktor utama yang bikin mahasiswa tingkat akhir malas kerjain skripsi. Memang fase ini nggak bisa dihindari tapi pasti bisa dilewati kok. Banyak berdoa saja ya, karena kalau kamu mahasiswa tingkat akhir bisa lulus dan wisuda, itu semata-mata pertolongan dari Sang Pencipta dan dukungan dari orang-orang yang tulus sayang kok.

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

Mumi 2.300 Tahun Direkonstruksi, Wajah Cantik Seorang Putri Pun Terungkap

Kompas

15

Begini Lho 4 Proses dan Tahapan Persalinan Normal. Calon Ibu Perlu Kenali Sembari Menunggu HPL

Hipwee

2

Nggak Cuma Rokok, Ternyata Patah Hati Pun Bisa Membunuhmu!

Keepo.me

8 Makhluk Ini Berpredikat paling mengerikan di Muka Bumi. Untung saja sudah punah, kalau belum, Musnahlah kita!

Vebma

Meski Terdengar Baik atau Manis, Nama-nama Bayi Ini ‘Haram’ Digunakan di Beberapa Negara

Intisari-online

Tulis komentar...