Home

Yerussalem: Kota Satu Tuhan, Tiga Agama, Sejuta Pertikaian

Idntimes | 2 years ago

Yerussalem merupakan sebuah kota di Timur Tengah yang merupakan kota suci bagi agama Yahudi, Kristen, dan Islam. Tak hanya itu, ada beberapa fakta menarik di dalamnya seperti berikut ini:

1. Kota tertua di dunia.

i2.wp.com

Kota suci tiga agama ini merupakan salah satu kota tertua di dunia. Dalam sejarahnya, kota Yerusalem pernah dua kali dibumihanguskan, diblokade 23 kali, diserang 52 kali, diduduki dan direbut kembali sebanyak 44 kali. Bagian tertua kota ini, di dekat mata air Gihon, diperkirakan dibangun antara tahun 4500-3500 SM.

2. Berada dalam status quo.

republika.co.id

Orang Israel dan Palestina mengklaim Yerussalem sebagai ibu kota mereka. Sebab, Israel mempertahankan lembaga-lembaga pemerintahan utamanya di sana, sedangkan Palestina memandang kota ini sebagai pusat kekuasaannya. Namun, kedua klaim tersebut tidak mendapat pengakuan secara internasional. Kini posisinya berada dalam status quo.

3. Kota tiga agama.

wikimedia.org

Pada tahun 2011, Yerusalem memiliki populasi 801.000 penduduk. Di antaranya terdiri dari 497.000 penganut agama Yahudi (62 persen), 281.000 (35 persen) menganut Islam, serta 14.000 (sekitar 2 persen) penganut Kristen. Sebanyak 9.000 (1 persen) tidak dikelompokkan menurut agama. Dalam satu waktu, di sana kita akan mendengar lantunan adzan dari masjid, bersanding dengan bunyi lonceng gereja, dan alunan kidung-kidung Ibrani dari sinagog. Di sana pula terdapat Masjidil Aqsa, Masjid Umar, Via Doloresa, dan Tembok Ratapan. Dari tempat-tempat itu, nama Tuhan Yang Satu dikumandangkan dalam berbagai dialek bahasa.

Baca juga: Yuk, Intip Perayaan Lebaran di Negara Muslim Dunia!

4. Tempat Yesus Kristus disalib.

thechristianpost

Menurut sejarah Kristen, Yesus disalib di Yerusalem. Tepatnya di Golgotha atau bukit Calvary. Makamnya yang kosong berada di dalam gereja dan juga menjadi lokasi kebangkitannya.

5. Kota suci ketiga bagi umat muslim.

lostislamichistory.com

Wilayah muslim menjadi yang terbesar dibandingkan Kristen dan Yahudi. Di antaranya tempat suci Dome of Rock, Masjid Al-Aqsa, serta dataran tinggi yang dikenal sebagai Haram Al-Sharif. Masjid ini merupakan tempat suci ketiga bagi Islam setelah Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Dalam sejarah Islam, Yerusalem menjadi kiblat pertama pada 610 Masehi.

6. Lokasi batu fondasi penciptaan bumi.

nazarettour.co.id

Kaum Yahudi percaya Yerusalem merupakan lokasi batu fondasi penciptaan bumi, dan tempat dimana Ibrahim bersiap untuk mengorbankan anaknya Ismail. Sampai detik ini, "Tembok Ratapan" merupakan tempat terdekat bagi kaum Yahudi untuk berdoa ke Maha Kudus. Di lokasi ini, setiap tahunnya jutaan orang Yahudi dari seluruh dunia melakukan ziarah.

Baca juga: 7 Tradisi Unik Ramadan di Berbagai Belahan Dunia

Info lengkap klik di sini

Tulis artikel seputar Ramadan, Puasa dan Idul Fitri. Dapatkan gratis 100 poin!

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

6 Fakta Ajaib Tentang Mata Uang Yang Ada di Dunia

Catatansandk

3

Nenek 82 tahun Kepergok Ngutil Parfum Pemicu Sensualitas

Terselubung

10

Gemas! Haluu Hadirkan Spot Foto yang Instagramable

Akurat.co

Khusus 8 Barang Ini, Jangan Asal Beli Hanya karena Murah

Idntimes

1

Di Filipina, Puntung Rokok Aja Bisa Dijual Gaes. Weh, Buat Apaan Yak?

Keepo.me

Tulis komentar...