Home

5 Faktor Lingkungan yang Pengaruhi Seseorang Idap Kanker

Okezone | 1 year ago

SESEORANG kini dapat saja menderita kanker dari faktor lingkungan. Seperti apa saja penyebabnya yang dimaksud?

Ahli Kanker Dr dr Nugroho Prayogo SpPD-KHOM dari RS Kanker Dharmais Jakarta menyebutkan lima faktor lingkungan yang memicu kanker di usia muda. Simak pemaparannya berikut yang dirangkum Okezone, Selasa 13 Juni 2017.

Polusi udara

Di perkotaan besar polusi udara tak dapat dihindari. Apalagi bagi Anda yang setiap hari harus berkutat dengan macet. dr Nugroho mengatakan, paparan polusi udara dapat mengubah genetik sel kanker. Tak dapat dipungkiri, banyak penduduk perkotaan yang menderita kanker sejak usia muda.

"Paparan asap kendaraan harus dihindari. Itu ganas sekali bisa mengubah sel baik dalam tubuh menjadi sel kanker," ujar dr Nugroho di sela acara Buka Puasa Bersama PT Kalbe Farma, di kawasan Gondangdia, Jakarta Pusat.

Makanan

Saat ini banyak restoran cepat saji yang menarik perhatian orang untuk membelinya. Padahal junk food sumber pemicu pertumbuhan sel kanker. Begitu juga dengan makanan awetan lainnya yang mengandung natrium yang cepat berubah menjadi zat karsinogenik.

Benda elektronik

Benda-benda elektronik di sekitar Anda, seperti televisi dan gadget juga bisa memaparkan radiasi yang memicu sel kanker. Biasanya orang akan mengalami tumor jinak di otak hingga menjadi penyakit kanker mematikan.

Paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari yang biasa mengenai kulit Anda juga memicu kanker. Apalagi sinar matahari yang memiliki tinggi ultraviolet. Karena itu, lindungi diri Anda dengan menggunakan pakaian serba lengan panjang.

Penggunaan kontrasepsi

Tahukah Anda, penggunaan alat kontrasepsi juga dapat memicu kanker. Bagi wanita yang menggunakan pil KB dalam jangka panjang bisa memicu banyaknya produksi estrogen.

"Pil KB sudah diteliti memicu kanker payudara jika digunakan dalam waktu lama. Makanya perempuan harus menghindari kalau bisa," kata dr Nugroho mengakhiri pembicaraannya.

(hel)

TAG : penyebab kanker kanker polusi udara

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

Mengapa Karakter Disney Memakai Sarung Tangan?

Inilah

6

Berat Badan Turun Tanpa Diet? Ini Tipsnya!

Wowuniknya

Batik Betawi dan Motif Permainan Indonesia Tampil di London

Viva

3

Lebih Mengerikan Dari Film Horror! Kisah Dalam Wikipedia Ini Terbilang Paling Keji

Serumpi

5 Orang yang Jadi Kaya Mendadak Hanya karena Menemukan Barang Langka di Tempat Pembuangan Sampah!

Keepo.me

7

Tulis komentar...