Home

Tips Menjadi Instagramers dan Selebgrams Terkenal. Begini Caranya Agar Bisa Dilirik Orang dan Brand!

Trivia.id | 2 years ago

Instagram, sosial media yang berbasis foto, menjadi salah satu sosial media pilihan anak muda. Apalagi ketika mendengar ada yang berani membayar mahal Instagramers dengan followers banyak. Instagramers terkenal atau lebih sering disebut selebgram ini memang sering menjadi pilihan brand untuk endorse produk mereka.

Namun, memang tidak semua Instagramers bisa mendapatkan followers banyak dan dilirik brand. Berikut ini, saya ingin share ke Sahabat Trivia gimana caranya. Tips menjadi selebgram ini saya rangkum dari berbagi sumber termasuk menanyakannya pada beberapa orang yang saya kenal dan memang sudah terkenal.


1. Pilih tema feeds Instagram kamu

Kalau kata motivator, selalu mulai segala sesuatu dengan sebuah visi, demikian juga kalau Sahabat Trivia ingin menjadi Instgramers terkenal. Perhatikan saja para selebgram yang ada di feeds kamu. Mereka pasti punya tema yang serupa setiap kali mereka posting sesuatu di instagram.

Entah itu mengambil tema makanan (foodies), perjalanan (travel), gaya hidup (life), busana (fashion), dan lainnya. Awkarin juga menjadi terkenal karena tema yang diupload kan? Dia mengambil gaya hidup remaja yang dianggap kekinian. Dan hal ini menarik followers mereka.

Salah satu foodblogger yang saya ikuti, @Mod_eka, feeds Instagramnya berisi makanan.

2. Beritahukan siapa dirimu

Isi profil instagram kamu dengan informasi yang diperlukan agar orang yang datang dan membuka profil instagrammu itu paham siapa dirimu sebenarnya dan followers akan terbayang isi feeds kamu akan berisi apa saja. Boleh juga kamu isikan link di profile kamu dengan profil kamu di sosial media lainnya.

Jangan lupa sertakan kontak kamu, entah itu e-mail ataupun nomor handphone yang bisa dihubungi agar brand bisa mengontak kamu lebih mudah.

Biasanya, Instagramer terkenal juga mempersiapkan satu hashtag yang memang mencerminkan dirinya dan menggunakannya di setiap postingan mereka.

Travel Blogger Indonesia, @bartzap menjelaskan dengan jelas siapa dirinya di profile IG

3. Gunakan foto profil yang jelas

Kamu harus menampilkan wajah jelasmu. Biar semua orang tahu lebih pasti akan siapa dirimu. Karena pada akhirnya, kita lebih percaya untuk yang lebih jelas kan? Kecuali jika kamu memang ingin membuat akun Instagram seperti LambeTurah yang tidak diketahui siapa dia sebenarnya.

Foto profile IG kalau bisa jelas, kalau @jajanbeken ini menggunakan logo.

4. Upload foto yang menarik dan asli punya kamu

Yang paling penting dalam mengunggah foto di Instagram kamu adalah jangan menggunakan foto dari website lain. Orang-orang, sama seperti kamu, lebih suka foto yang memang kamu punya. Unggahlah foto yang menarik yang kira-kira bisa membuat orang yang melihatnya untuk melirik dan mengklik tanda suka pada foto kamu.

Unggahlah foto yang unik dengan sudut pandang berbeda dari yang lain. Gunakan fitur search di Instagram di bagian top post. Jenis foto seperti itu banyak yang suka. Kamu bisa bermain dengan sudut pandang lain dari foto itu dan membuat foto yang tak kalah menariknya.

Fitur top post di instagram - bisa mencoba sudut pandang lain dari yang ada di situ

5. Posting secara rutin

Unggahlah foto secara rutin, terutama jika kamu masih baru bergabung dengan Instagram. Di tahun 2016 saja, per harinya ada 80 juta foto yang diupload di Instagram seharinya (sumber: searchenginewatch). Jadi, agar kamu bisa menjadi Instagramers terkenal atau selebgram, kamu haruslah rajin mengunggah foto kamu.

Upload foto yang menarik secara rutin. sumber foto: pexels

Tapi, jangan terlalu sering ya. Sehari 2-3 kali sebenarnya sudah cukup untuk unggah foto di Instagram kamu. Dan tetap ingat tips nomor 4 di atas, unggahlah foto yang menarik.

Menggunakan 1 atau 2 filter bawaan Instagram terbukti menarik orang untuk melihat feed instagram kamu.

Pertahankan gaya kamu sendiri dalam setiap unggahan. Kamu bisa mengambil contoh dri instagramer terkenal lainnya. Mereka memperahankan ciri khas mereka di setiap foto.


6. Post di jam yang sesuai

Untuk yang pertama kali bermain di Instagram, mungkin belum merasakan hal ini. Tapi, setelah beberapa kali mengunggah foto, kamu akan merasakannya, bahwa ada jam-jam di mana post kamu lebih banyak menarik orang untuk memberikan like pada post kamu.

Post foto kamu di Instagram di saat-saat di mana banyak yang akan melihat foto kamu. Carilah waktu yang paling tepat untuk mengunggahnya.


7. Caption yang menarik dan sesuai dengan foto

Caption di instagram itu juga bisa menarik orang untuk klik like dan kalau sudah banyak yang like, kamu bisa jadi instagramer terkenal deh. Satu hal yang harus diingat, caption itu haruslah caption yang jujur - sekalipun kamu mendapatkan bayaran dari post itu.

Jangan juga menggunakan caption yang akan menyakiti pihak lain. Ingat, tulisanmu harimaumu.

Banyak yang menggunakan caption berupa kutipan-kutipan menarik yang cocok dengan foto yang diupload. Atau bisa juga berisi kisah yang ingin disampaikan melalui foto yang kamu unggah itu. Tariklah mata mereka dalam kalimat pertama yang kamu tuliskan di caption tersebut.

Caption terinsiprasi dari foto @ryanluki24

8. Gunakan dengan hashtag yang cocok

Hashtag dalam dunia sosial media bukanlah hal yang baru. Dalam Instagram, kamu juga boleh menggunakan sampai dengan 30 hashtag dalam satu postingan foto kamu. Carilah hashtag yang memang cocok dengan foto yang kamu unggah itu.

Hastag terkait foto yang diupload - foto IG @Vsamperuru

Kamu juga bisa menggunakan hashtag populer untuk menarik orang yang mengamati hashtag itu untuk melihat feeds instagram kamu. Ini salah satu trik menjadi selebgram jika kamu ingin menaikkan follower kamu secara alami.

Jangan gunakan sembarang hashtag hanya untuk menarik orang untuk melihat feeds kamu.

Misalnya, untuk Foodies, bisa pakai #FoodPorn; #Foodgasm #InstaFood #JktFoodies #JktCulinary dan lainnya.


9. Masukkan lokasi foto kamu

Jika kamu mengunggah tempat wisata ataupun makanan di sebuah restoran, menggunakan lokasi tempat kamu mengambil foto yang kamu unggah itu akan menolong kamu untuk dilirik.

Lokasi yang kamu masukkan, selain membantu orang yang melihat foto unggahan kamu itu tahu di mana kamu berada, juga akan disimpan oleh Instagram. Jadi di masa depan, kalau ada yang mencari lokasi itu, foto yang kamu unggah masih akan muncul dalam pencarian itu.

Tapi, tentunya kamu harus hati-hati juga menggunakan lokasi ini. Jangan share lokasi pribadi di sosial media.


10. Tag akun yang sesuai dengan foto kamu

Misalnya kamu sedang berada di sebuah coffee shop dan kamu mengunggah foto pesanan kamu, berupa secangkir kopi, kamu bisa tag akun coffee shop itu. Hal ini akan membuat foto kamu masuk juga dalam akun instagram dari coffee shop tersebut.

Selain itu, untuk food blogger atau food instagramer, bisa tag akun-akun foodie yang cocok. Misalnya, foodiejkt, foodyid, jajanbeken, anakjajan, dan lainnya.

Hal ini akan membantu akun instagram kamu dikenal oleh orang lebih banyak. Apalagi jika kamu baru membuat akun instagram kamu. Kamu juga bisa tag akun artis yang kamu rasa cocok dengan foto yang kamu upload di instagram.

Yang terpenting dalam tagging akun instagram ini adalah jangan melakukan spam ke akun yang tidak cocok.


11. Like dan comment di akun Instagram yang lain

Interaksi adalah hal terpenting dalam menjadi influencer, termasuk menjadi instagramer terkenal ataupun selebgram. Coba saja tengok akun seperti Amrazing, dia sangat aktif memberi like atau comment di akun instagram lainnya dan juga menjawab komentar yang masuk di feeds instagramnya.

Semakin banyak komen yang masuk, tingkat interaksi kamu akan naik dan memungkinkan kamu untuk menjadi top instagramers yang disarankan oleh IG.


12. Promosikan akun Instagram kamu di sosial media lain atau messenger

Yang terakhir untuk tips menjadi Instagramer terkenal atau selebgram ini adalah jangan sungkan untuk membagikan link post kamu ke sosial media milik kamu lainnya. Bisa juga share ke aplikasi messenger yang kamu punya, ke teman-teman kamu untuk mendapatkan like ataupun follower.

Promosi di sosial media lainnya untuk mendapatkan engagement lebih. Sumber foto:

pexels.com

Great content is a must, but great promotion will make it alive.

Nah, itulah tips menjadi instagramers ataupun selebgram terkenal. Tapi, tentunya harus diingat, untuk menjadi terkenal atau sukses dalam bidang apapun, termasuk menjadi instagramers bukanlah proses instan. Semua membutuhkan waktu dan kerja keras. Kalau kamu sendiri, ada tips lainnya? Sila share di kolom komentar jika ada ya.

BACA JUGA


Kumpulan Kisah Horor dari Akun Instagram Sara Wijayanto. Yakin Berani Baca?

Setiap hari Kamis, Sara rutin memposting sebuah tempat yang dia ceritakan kisah horor di baliknya. Tentu cerita horornya ini yang ditunggu- ...

Mau tahu topik-topik kekinian yang diulas secara mendalam? Cari tahu di Tahu Banget!

#WeeklyChallenge




Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

Dear Para lelaki, Inilah 5 Sikap Laki-laki yang Tidak Disukai Oleh Para Perempuan, Kamu Wajib Tahu Nih!

Rula

Ngeri!! Cewek Ini Potong Kelamin Pacarnya Gara Gara Saat Bercinta si Cowok Gak Mau Lihat Wajahnya

Palingseru

62

10 Kisah ‘Paling Mengejutkan’ Para Korban Selamat Tenggelamnya Kapal Titanic 1912

Yangseru

1

Nggak Punya Orang Dalam Supaya Bisa Masuk Surga, Dua Cowok Ini Nekat Ngecheat Pahala. Udah Kayak Main Game Aja

Keepo.me

18

Pendeta Tawarkan Gereja untuk Muslim, Siap Tutup Salib dan Gambar Yesus

Rakyatku

4

Tulis komentar...