Home

Tips Maksimalkan Fitur Instagram untuk Persiapan Hari Pernikahan

TheWedding | 1 year ago

Instagram

Instagram The Wedding ID

Zaman sudah serba canggih. Kalau dulu kita harus membeli majalah atau mendatangi pameran untuk mencari inspirasi pernikahan, sekarang semua bisa dicari dalam genggaman tangan. Cukup bermodal ponsel pintar dan sambungan internet, voila semua informasi dan inspirasi yang dibutuhkan untuk hari bahagiamu bisa ditemukan.

Apalagi semenjak kehadiran Instagram. Berbagai fitur yang disediakan pada aplikasi berbagi foto ini nampaknya semakin memudahkan calon pengantin untuk menyiapkan hari pernikahan. Mulai dari mencari inspirasi pernikahan melalui hashtag tertentu hingga memanfaatkan fitur ‘live’ untuk melakukan siaran langsung di hari pernikahan.

Beberapa selebriti tanah air diketahui juga memaksimalkan aplikasi buatan Kevin Systrom dan Mike Krieger ini untuk hari pernikahan mereka. Rinni Wulandari dan Jevin Julian yang menikah di tahun 2017 ini misalnya, mereka memanfaatkan instagram untuk mencari beragam inspirasi melalui akun khusus pernikahan.

Jika kamu ingin melakukan hal yang sama berikut adalah beberapa tips memaksimalkan Instagram untuk hari pernikahan.

Sebelum Hari Pernikahan

Instagram

Instagram The Wedding ID

Gunakan Hashtag untuk Mencari Ide Pernikahan

Mulai cari ide pernikahan dengan fitur hashtag yang dimiliki Instagram. Cukup masukan sebuah hashtag dalam kolom pencarian maka ribuan bahkan jutaan foto yang memajang tagar serupa langsung tampil di layar ponsel. Telusuri foto yang muncul tersebut untuk memeroleh inspirasi. Sebagai sontekan, kamu bisa memasukan hashtag seperti #ikah #inspirasipernikahan #pengantin #prewed dan lain sebagainya.

Cari vendor melalui Instagram

Instagram tidak hanya memudahkan calon pengantin. Media sosial ini secara tak langsung memudahkan para vendor untuk memasarkan produk mereka. Akun media sosial ini juga menjadi salah satu portfolio digital dari para vendor yang bisa kita pelajari. Sebagai contoh, misalnya kamu menemukan foto dekorasi pernikahan yang diimpikan di Instagram, maka jangan ragu untuk segera menghubungi sang vendor dan meminta daftar harga mereka.

Jangan lupa juga untuk melihat komentar dan halaman “Photos of You” saat berburu vendor pernikahan. Dengan begitu, kamu bisa melihat melihat siapa saja yang telah menggunakan vendor tersebut dan bagaimana hasilnya.

Cuplikan Save The Date

Sampaikan kabar bahagiamu kepada para ‘follower’ Instagram melalui postingan foto pre wedding atau cuplikan video ‘save the date.’ Buat mereka semakin penasaran dengan cuplikan video berisi persiapan hari besarmu. Boleh juga tambahkan pesan romantis dan ‘love story’ agar mereka semakin terkesan.

Hari Pernikahan

Ilustrasi – (kiri) Pinterest | Stacy Crocker (Kanan) Pinterest | wedding chicks

Wedding Hashtag

Cara kreatif ini bisa membantumu menemukan momen spesial yang mungkin terlewat diabadikan oleh fotografer loh. Tentukan sebuah hashtag kreatif lalu minta tamu undangan untuk mencamtumkan hashtag tersebut saat mengunggah postingan di hari bahagiamu. Selain itu, hashtag juga memungkinkan foto pernikahan tidak tersimpan di galeri pribadi tapi bisa membuat resepsi kian eksis di media sosial.

Bahkan, saat ini ada vendor photobooth juga memanfaatkan fitur wedding hashtag untuk mencetak hasil foto. Caranya dengan meminta tamu undangan memposting foto dengan wedding hashtag yang sudah ditentukan. Lalu,foto yang telah diupload tersebut bisa tercetak otomatis dengan printer khusus.

Siaran Langsung

Tak masalah jika ada beberapa tamu undangan yang berhalangan hadir di hari bahagiamu. Mereka tetap dapat menyaksikan jalannya acara pernikahan melalui fitur siaran langsung di Instagram. Sekarang, bukan hanya pertandingan bola atau konser musik saja ya yang memiliki tayangan siarang langsung, pesta pernikahanmu pun bisa. Jangan lupa siapkan tripod untuk memastikan gambar terlihat stabil selama siaran berlangsung.

Paska Hari Pernikahan

Instagram

Ucapan Terima Kasih

Akhiri rangkaian momen  besarmu dengan menyampaikan “Terima Kasih” pada tamu undangan. Kamu bisa mengunggah sebuah video headline berdurasi 60 detik yang berisi momen-momen paling penting dan berkesan selama hari bahagiamu

#Throwback Pernikahan

Merasa sangat terbantu dengan fitur Instagram? Kini saatnya kamu berbagi dan membantu calon pengantin lain yang tengah ‘pusing’ menuju hari bahagia mereka. Caranya dengan mengunggah foto-foto di hari pernikahanmu dengan hashtag yang sesuai. Posting juga beberapa detil lain di hari bahagiamu seperti dekorasi, kue pengantin, cinderamata, cincin pernikahan, bridesmaid, dan bestmen.

Bila perlu tambahkan testimoni vendor sekaligus tips yang kamu peroleh berdasarkan pengalaman. Jika khawatir akan mengunggah terlalu banyak posting, maksimalkan fitur multi-image atau carousel. (*)

Baca Artikel Ini : Wedding Hashtag : Cara Baru Agar Resepsi Kian Eksis di Media Sosial

INTAN WIDIASTUTI

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

Orang Indonesia Emang Gokil Banget! 25 Tulisan Konyol Spanduk ini Dijamin Bakal Bikin Kamu Ngakak Seharian

Keepo.me

55

Oleh-Oleh Tradisional yang Harus dibeli di Thailand

Okezone

Gen Kanker Payudara Tidak Meningkatkan Risiko Kematian

Anibee.tv

Biar Temen Kamu Terkecoh, Bungkus Kado Kayak Gini Bisa Dijadiin Pilihan

Upstation

10 Destinasi Wisata Unik yang Wajib Masuk Bucket List Kamu di Tahun 2018! Wujudkan Resolusi Travelling Kamu!

Trivia.id

Tulis komentar...