Home

Mari Belajar Berhemat Melalui Menabung. Menabung Nggak Sesulit yang Kamu Bayangkan Kok!

Trivia.id | 2 years ago

Bang bing bung yok, kita nabung!

Saya masih terngiang dengan lagu favorit masa kecil saya. Lagu ini salah satu alasan yang membuat saya jadi suka menabung. Well, polemik utama untuk pelajar yang nge-kos adalah berhemat. Mereka pasti sudah diberi jatah oleh orang tua. Namun, pada praktiknya mereka bisa menghabiskan uang lebih dari batas yang ditentukan untuk sehari. Nah, ketika akhir bulan pasti pada kebingungan karena kehabisan uang. Beruntung bagi yang boleh-boleh saja minta jatah lagi dalam sebulan itu. Tapi, gak semua pelajar mengalami hal yang sama, kan? Akhirnya bingung juga mau makan apa. Kalau ada kebutuhan mendadak nggak bisa berbuat banyak. Gawat, nih!

Sebenarnya, kebiasaan berhemat itu seharusnya sudah ditanamkan sejak kecil. Tapi, memang dasarnya badung waktu bocah. Kadang seenak jidat saja menghabiskan uang jajan. So, mulai dari sekarang harus belajar berhemat. Muali dari nomnila kecil saja, nanti semakin lama diperbanyak nominal yang harus ditabung. Mau tahu cara menabung dari saya? Simak ya, Sahabat Trivia!


Tentukan tujuanmu menabung

Elite Daily

Untuk apa kamu menabung? Buatlah tujuan yang kuat dan konsisten untuk menabung. Pikirkan hal-hal yang penting dan akan membutuhkan uang nantinya. Kamu bisa juga memikirkan hal-hal menyenangkan yang bisa kamu lakukan setelah mengumpulkan uang nantinya. Tapi, masih dalam konteks positif dan tidak berlebihan. Well, saya pernah menabung untuk uang saku berlibur. Dengan memikirkan hal-hal yang akan saya lakukan ketika liburan, membuat saya semangat untuk menabung. Kalian bisa coba cara ini, Sahabat Trivia!


Tentukan nominal yang harus kamu sisihkan

Smartly Cents

Sebagai pelajar SMA, saya diberi jatah uang saku untuk satu minggu. Biasanya akan saya sisihkan antara Rp 5.000 - Rp 10.000. Jadi, selama satu minggu uang yang boleh saya bisa saya habiskan adalah Rp 40.000.

Nah, kamu bisa buat peraturan sendiri, berapa nominal yang harus kalian sisihkan untuk ditabung. Bahkan, hanya dengan Rp 2.000,00 per hari pun bukan suatu masalah. Ingat peribahasa, "Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit". Yang terpenting adalah kamu bisa menyisihkan uangmu untuk ditabung, berapa pun nominalnya.

Demi Berhemat, Pasangan Ini Tinggal di Parkiran Kantor Google dan Mampu Menabung 80% dari Penghasilannya

Gaya hidup berhemat pasangan Pete dan Kara yang tidak biasa, namun sangat menguntungkan. Berniat mengikutinya

Mudah bukan untuk memulai menabung? Pasti ada aja halangan dan rintangan yang bakal menghadang ketika awal menabung. Kalau sudah konsisten, kamu akan merasa bahwa perjuangan untuk mengumpulkan uang itu worth it. Yuk, mulai menabung, Sahabat Trivia!


#30DayWritingChallenge #UltahnyaTrivia






Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

5 Tanda Bahwa Hubungan Kamu Memiliki Komunikasi yang Tidak Baik

Idntimes

1

Ospek Minum Air Ludah Viral, Dokter Gigi: Kita Tidak Tahu Penyakit yang Diderita Orang Lain

liputan6

1

Narkoba Terbukti Merusak Tubuh, Seperti Ini Foto Mengejutkan Transformasi Wajah Beberapa Penggunanya

Intisari-online

32

5 Kiat Mengisi Waktu Libur Kuliah yang Produktif dan Bermanfaat

Idntimes

1

Atta Halilintar Alami Kerugian Fantastis Soal Gelar YouTuber Terkaya

Wartaekonomi

Tulis komentar...