Home

Ternyata Melamun Memiliki Manfaat Untuk Otak

Vebma | 1 year ago

Ternyata Melamun Memiliki Manfaat Untuk Otak.

Mood kita senantiasa fluktuasi naik turun. Kita harus pandai mengelola mood agar tidak mengganggu aktivitas dan semua pekerjaan bisa terselesaikan dengan rapi. Namun, kegiatan kita sehari-hari rasanya tidak bisa lepas dari mood yang kurang bagus, contohnya melamun yang kita akan bahas di sini. Dibandingkan mengkhayal, melamun lebih diartikan pada hal yang terkait dengan masa lampau atau mengingat kembali sesuatu yang telah berlalu. Entah kenapa, melamun di Indonesia lebih banyak ke sisi sedihnya dibandingkan kisah bahagianya. 

Melamun berarti termenung sambil pikiran melayang ke mana-mana.

Melamun adalah aktifitas "menerbangkan pikiran." Entah berdasarkan suatu masalah atau tidak, pikiran kita "dibebaskan" untuk melayang ke mana-mana. Bahasa jasmaninya adalah merilekskan tubuh setelah kecapaian. Jadi, melamun adalah merilekskan pikiran dari suatu keadaan yang menjemukan/membosankan.

Beda merenung dengan melamun. Kalau merenung diniatkan sedangkan melamun umumnya terjadi secara tanpa sadar pada saat pikiran sedang kosong. Di saat pikiran tidak mempunyai aktifitas maka pikiran akan dibawa untuk melamun. Itu seperti "emergency lamp"; lampu baterai yang menyala otomatis ketika terjadi pemadaman listrik PLN. Jadi, itu faktor alamiah kita.

Pada saat melamun pikiran kita diajak menjelajah ke suatu alam yang tidak jelas seperti mobil yang tidak dikendalikan sehingga belok kiri belok kanan sesuka-sukanya. Tentu saja itu sangat membahayakan sekali. Karena itu pikiran melamun itu harus segera dikendalikan. 

Ternyata Melamun Memiliki Manfaat Untuk Otak.

Arahkan pikiranmu saat melamun untuk memikirkan hal yang baik. 10 hal yang ini akan kamu dapat saat melamun.

  • Melatih otak

Kemampuan mengingat masa lalu dan membayangkan masa depan dapat membantu otak manusia untuk membuat jalur otak yang baru. Dengan kata lain, melamun bisa melatih otak kamu.

  • Mengistirahatkan otak

Saat melamun, dapat membuat dua bagian dari otak aktif secara bergantian seolah ada lampu yang bercahaya di kedua bagian otak tersebut yang menyala secara bergantian.

  • Menjadi lebih kreatif

Saat melamun, pikiran berjalan ke bagian-bagian otak yang berbeda dan mengumpulkan informasi-infromasi yang akan tersambung menjadi ide yang unik.

  •  Melatih rasa empati, open-minded, dan memahami orang lain

Dengan melamun dapat berpikir tentang apa yang orang lain rasakan atau pikirkan tentang diri kita.

  •  Merasa lebih terkoneksi dengan orang-orang terdekat

Penelitian menunjukkan bahwa ada approach oriented, jenis lamunan tentang seseorang yang dicintai dan akan menimbulkan rasa bahagia, rasa cinta, dan koneksi secara emosional.

  • Meningkatkan daya ingat

Penelitian terbaru dari University of Wisconsin and the Max Planck Institute for Human Cognitive and Brain Science menunjukkan bahwa ada hubungan antara melamun dan kemampuan working memory.

  • Lebih sehat jiwa raga

Melamun itu diibaratkan juga dengan self-hypnosis. Inilah yang membuat orang yang melamun jadi nggak gampang stres. Melamun juga menyehatkan otak, misalnya dengan membantumu untuk lekas tertidur.

  •  Membantu menggapai cita-cita

Terdapat penelitian yang membuktikan bahwa ketika kamu melamun, bagian otak yang berfungsi untuk memecahkan masalah jadi lebih aktif.

  • Paling penting, kamu bisa merasa lebih bahagia

Dengan melamun kamu jadi punya harapan dan mampu mengantisipasi hal-hal di kemudian hari. Nah, kedua hal itu erat kaitannya dengan rasa bahagia.


Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

Waspadai 3 Tanda Bahaya Ini Saat Pacaran! Baca Baik-baik Sebelum Putuskan Ke Pelaminan!

Jawaban

Foto-Foto Jadul Ini Ngebuktiin kalo Manusia Emang Weird dari Zaman Nenek Moyang. Nggak Ada Bedanya Sama Sekarang

Keepo.me

1

Viral Video Mesum 10 Detik Diduga di Kampus Bandung, Polisi Langsung Angkat Suara

PojokSatu

17

Terungkap! Calon Wapres Ini Punya Hobi yang Jarang Diketahui Masyarakat Luas

Keepo.me

Inilah Tips Ampuh Menghasilkan Uang Dalam Waktu Cepat

Vebma

Tulis komentar...