Home

Inilah 10 Tanda Seseorang Susah Kaya. Catat dan Hindari Ya, Sahabat Moola!

Moola.id | 1 year ago

Pada umumnya, setiap orang ingin menjadi kaya. Kita ingin punya banyak uang dan asset agar bisa punya lebih banyak pilihan menikmati hidup, Setiap orang apapun ras, agama, suku ataupun orientasi seksualnya, memang berhak untuk jadi kaya.

Salah satu penghalangnya ternyata adalah soal pola pikir dan kebiasaan. Menurut Business Insider, inilah 10 tanda kita takkan menjadi kaya:

1. Hanya Bekerja Keras Tapi Tidak Bekerja Cerdas

Ric Edelman, pendiri dan kepala ekesekutif Edelman Financial Service, mengungkap bahwa motivasi untuk bekerja keras saat sekolah tidaklah cukup untuk membuat kita menjadi kaya. Edelman adalah seorang penasihat keuangan papan atas.

Di samping bekerja keras, seseorang haruslah bekerja cerdas jika ingin kaya. Salah satu cara yang disarankan Edelman adalah dengan berinvestasi di pasar modal atau dana pension. Dengan memanfaatkan bunga berganda, uang kita akan menghasilkan uang. Hal itu bisa terjadi tanpa resiko yang terlalu besar, usaha sangat keras dan waktu yang terlalu banyak.

2. Hanya Konsentrasi Menabung Tapi Tidak Berusaha Keras Meningkatkan Penghasilan

Hanya menabung tanpa meningkatkan penghasilan takkan membuat kita kaya. Orang-orang kaya fokus melipatgandakan penghasilan. Orang-orang kaya tidak takut kehabisan uang. Ini bukan berarti mereka tidak menabung.

Steve Siebold, penulis buku “How Rich People Think” menyatakan bahwa, orang-orang kaya lebih fokus menambah pendapatan dibandingkan takut kehabisan uang. Persamaan di antara para orang kaya adalah mereka membangun arus pendapatan berlipat ganda sekaligus kebiasaan menabung dengan cerdas

3. Membeli Barang Yang Tidak Mampu Dibeli

Kita takkan kaya bila hidup di atas harta yang kita miliki. Kekayaan yang makin bertambah tidak membenarkan kita untuk bergaya hidup mewah. Warren Buffet tetap tinggal di rumah yang sama dari tahun 1958 hingga sekarang.

Mark Zuckerberg hanya mengendari mobil seharga 30 ribu dollar AS. Sekalipun ia mampu membeli mobil sport mahal seperti Ferarri. Bill Gates hanya memakai jam tangan seharga 10 dollar Amerika.

Para orang kaya tersebut dikenal karena etika kerja dan kumpulan asetnya. Mereka tidak peduli dengan barang-barang mewah yang bersifat remeh temeh. Kasus First Travel jadi contoh di depan mata untuk kita di Indonesia bahwa gaya hidup mewah tidak menjamin kekayaan yang sesungguhnya.

4. Puas Dengan Penghasilan Tetap

Orang-orang kaya biasanya adalah wirausaha. Mereka tidak puas dengan penghasilan tetap. Sebaliknya, orang-orang biasa cukup puas dengan gaji per jam kerja. Orientasi mereka bukanlah penghasilan berdasarkan hasil, sebagaimana fokus orang-orang kaya.

Orang-orang biasa cukup merasa puas dengan kehidupan finansial yang stabil dan penghasilan tetap. Sedangkan orang-orang kaya menjadi wirausaha untuk mengakumulasi kekayaan dengan cara cepat.

5. Belum Memulai Berinvestasi

Salah satu cara tercepat menjadi kaya adalah dengan berinvestasi. Semakin cepat berinvestasi, semakin baik. Kita bisa memulainya dengan berinvestasi untuk masa pension, misalnya. Dalam jangka panjang kita dapat melihat hasilnya.

Kita tak perlu menjadi ahli keuangan atau mendengarkan jargon fantastis ekonomi untuk mulai berinvestasi. Kita hanya perlu memulai dari langkah kecil. Rata-rata, para miliarder menghinvestasikan 20% dari penghasilan tetap mereka.

Kekayaan para orang kaya tersebut dihitung berdasarkan simpanan dan investasi dari waktu ke waktu. Penghasilan tetap bukanlah dasar penghitungan kekayaan mereka.

6. Mengejar Mimpi Orang Lain Bukan Mimpi Diri Sendiri

Menentukan dan mengejar keinginan besar menjadi syarat sukses. Mengerjakan apa yang kita suka dapat membuat kita mencintai pekerjaan. Tidak mengerjakan apa yang kita suka lalu mengejar mimpi orang lain dapat membuat kita tidak bahagia menjalani profesi.

Kinerja dan kompensasi (berupa gaji, bonus, misalnya) akan mencerminkan hasrat kita pada pekerjaan. Kita akan bersusah payah hidup dan berjuang keras secara finansial bila kita tidak mengerjakan apa yang kita suka.

7. Jarang Keluar Dari Zona Nyaman

Keluar dari zona nyaman dan kepastian adalah syarat jika ingin sukses dan kaya. Kenyamanan fisik, psikologis dan emosional adalah tujuan utama dari pemikiran kaum kelas menengah. Sebaliknya orang-orang kaya menemukan kenyamanan dalam ketidakpastian.

Para miliarder paham betul menjadi kaya tidaklah mudah. Menginginkan kemudian terjebak pada zona nyaman akan menghancurkan impian kaya mereka. Orang-orang kaya merasa nyaman saat berada dalam situasi yang tidak pasti. Mereka telah terlatih dengan resiko terukur dan mengatasi ketakutan.

8. Tidak Punya Tujuan Keuangan

Punya tujuan yang jelas dan spesifik sebelum merancang perencanaan keuangan membuat proses akumulasi kekayaan menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Orang-orang kaya selalu memegang komitmen kuat dalam mengumpulkan kekayaan. Para miliarder menjadi kaya karena mereka paham betul tujuan mereka mengumpulkan kekayaan.

Tulis semua keinginan kita. Membeli kapal pesiar? Pensiun dengan nyaman? Jalan-jalan ke luar negeri setiap minggu? Memang butuh kerja keras, kecerdasan, keberanian dan konsentrasi untuk mewujudkannya. Namun dengan visi dan tujuan yang jelas hal itu sangat mungkin tercapai.

9. Menghabiskan Uang Lebih Dulu Baru Menabung

Bayarlah diri anda dulu sebelum membayar orang lain. Menabung dan berinvestasilah sebelum membayar tagihan kartu kredit, telepon dan sewa rumah/apartemen. Begitu memperoleh gaji, sisihkan segera uang untuk diri sendiri.

Alokasikan untuk menabung, dana darurat dan investasi, misalnya. Perlu usaha untuk membiasakan perilaku ini. Namun keuntungan berlipat ganda akan terasa dalam jangka panjang dari kebiasaan ini.

10. Percaya Tidak Akan Pernah Kaya

Percaya bahwa hanya orang-orang tertentu yang beruntung yang dapat menjadi kaya adalah pemikiran orang pada umumnya. Kenyataannya, setiap orang punya hak untuk menjadi kaya, terlebih lagi di negara yang menganut mekanisme pasar.

Tiap orang bisa kaya dan meningkatkan nilai tambah untuk orang lain selama mereka punya niat yang kuat. Semua orang berhak kaya, mereka berhak berpikir besar dan menetapkan ekspektasi tinggi seperti orang-orang kaya.

Itulah 10 kebiasaan dan pola pikir yang tidak akan membuat kita kaya. Kita bisa mengubah pola pikir dan kebiasaan itu jika benar-benar menginginkan kekayaan.


Lihat Sumber

  • 1

  • 0


Rekomendasi Artikel

5 Jenis Sarapan yang Bikin Cepat Gemuk

Rakyatku

9

Kamu Jomblo? Kalau Iya, Berarti Kamu Harus Nonton 10 Film Ini. Isinya Penuh Motifasi Bagi Kamu yang Suka Sendirian

Keepo.me

7

Hii... Ada Katak, Kodok, Kadal, dan Kelelawar Ditemukan di Kemasan Salad, Kok Bisa?

Intisari-online

5 HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SEBELUM MEMBELI ALAT KOPI

Ottencoffee

Bikin Merinding! Bayangan Bocah ini Bergerak Lebih Cepat dari Si Bocahnya Sendiri!

Keepo.me

1

Tulis komentar...