Home

8 Tanda Kamu Punya Kecerdasan Di Atas Rata-Rata

Selipan | 1 year ago

Berdasarkan Business Insider, ada kemungkinan kamu memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Banyak orang yang penasaran mengenai apakah dia tergolong orang cerdas atau tidak. Jalur umum yang digunakan untuk mengetahuinya adalah dengan menjalankan sebuah test standar. Namun, beberapa peneliti menemukan ciri dan kebiasaan yang umum pada orang cerdas.

1. Kamu anak tertua

Anak tertua biasanya lebih pintar tetapi penelitian menunjukkan kepintaran itu tidak dipengaruhi genetik. Penelitian di tahun 2007 menunjukkan kepintaran anak tertua mengacu pada faktor psikologis dan dinamika keluarga. Misalkan karena kamu anak pertama sehingga ada tanggung jawab untuk menjaga nama baik keluarga, menjadi tulang punggung keluarga, atau harus menjaga adik-adikmu. Dinamika keluarga seperti ini dapat merangsang kamu untuk belajar secara cepat.

0802-13 019.CR2 0802-13 Joe Price Brigham Young University Professor Joseph Price poses with his children (L->R) Joseph who is 6, Benjaman who is 5, and Kaylana who is 3. February 8, 2008 Photo by Jaren Wilkey/BYU © BYU Photo 2008 All Rights Reserved photo@byu.edu (801)422-7322

Anak tertua menjadi harapan keluarga yang pertama via news.byu.edu

2. Kamu mengambil pelajaran musik

Penelitian di tahun 2011 menemukan bahwa kecerdasan lisan dapat ditingkatkan dengan memberikan pelajaran musik selama satu bulan. Namun, penelitian ini menunjukan pengaruh musik hanya terjadi pada anak perempuan yang berumur 4 sampai 6 tahun.

violinmusic

Memainkan alat musik biola via oneeyepublications.com

3. Kamu tidak merokok

Penelitian di tahun 2011 menemukan bahwa kecerdasan lisan dapat ditingkatkan dengan memberikan pelajaran musik selama satu bulan. Namun, penelitian ini menunjukan pengaruh musik hanya terjadi pada anak perempuan yang berumur 4 sampai 6 tahun. Memainkan alat musik biola via oneeyepublications.com

Sebuah penelitian di Israel pada tahun 2010 yang melibatkan 20,000 pemuda berumur 18 hingga 21 tahun menemukan bahwa perokok memiliki IQ yang lebih rendah dibandingkan yang bukan perokok. Dimana mereka yang merokok memiliki IQ 94 sedangkan mereka yang tidak merokok memiliki IQ 101. Selain meningkatkan IQ, kebiasaan tidak merokok dari kecil dapat mengurangi risiko kematian perokok dan  orang-orang yang menghirup asap rokok.

When-You-Quit-Smoking

Tidak merokok dari kecil via quitesmokingcommunity.org

4. Kamu kurus

Peneliti di Perancis menemukan bahwa orang yang mengalami obesitas dapat mengingat 44% dari tes kosakata yang dilakukan. Mereka yang kurus memiliki kemampuan mengingat yang lebih baik, yaitu mencapai 56% dari tes kosakata yang dilakukan. Penelitian ini dilakukan pada tahun 2006 dan berhasil membuktikan bahwa tubuh yang sehat memiliki hubungan dengan pikiran yang sehat.

aadya2

Di dalam tubuh yang sehat terdapat pikiran yang sehat via shivrahasya.com

5. Kamu kidal

Penelitian terbaru menghubungkan antara orang kidal dengan pola pikir yang berbeda. Orang kidal mampu menghasilkan ide yang cemerlang dengan seketika. Kemungkinan pola pikir yang berbeda tersebut juga terjadi karena kebiasaan mereka untuk menggunakan tangan kiri. Jika kamu menggunakan tangan kanan, maka kamu hanya perlu menyontoh saja karena sebagian besar orang juga menggunakan tangan kanan. Beda halnya dengan yang kidal, kamu tidak bisa serta merta menyontoh apa yang dilakukan orang lain.

20131229_125729_tangan-kidal

Aku bertangan kidal via tribunnews.com

6. Kamu pernah menggunakan narkoba

Penelitian ini cukup mengejutkan karena mengusung hubungan antara IQ yang tinggi pada masa kanak-kanak dengan penggunaan obat terlarang saat dewasa. Hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 ini menunjukkan bahwa ada hubungan di antara keduanya. Anak yang memiliki IQ tinggi cenderung memiliki kebiasaan yang membahayakan.

pengguna-narkoba-ilustrasi

Obat-obatan terlarang berbahaya untuk digunakan via catatanpinggir.com

7. Kamu punya kucing

Orang yang memelihara anjing lebih ramah sedangkan orang yang memelihara kucing lebih cerdas. Kesimpulan ini diperoleh setelah dilakukan penelitian pada tahun 2014. Hal ini diperkirakan terjadi karena pemilik hewan peliharaan yang introvert lebih memilih hobi yang lebih intelek.

kucing-lucu-Indonesia-1024x576

Cilukbaaaaa~~~ via meongku.com

8. Kamu tinggi

Sebuah penelitian di Universitas Princeton menemukan bahwa anak yang badannya lebih tinggi memiliki perubahan tertentu dalam tes kognitif. Dengan catatan, anak tersebut diberi tes saat berumur 3 tahun hingga sebelum masuk ke sekolah karena sekolah dapat mempengaruhi kecerdasan anak.

child-taking-ccat

Masa playground via classroom.synonym.com

Salah satu poin yang ditekankan adalah walaupun kamu memulai kebiasaan di atas dari sekarang, tidak ada efek yang membuatmu menjadi cerdas. Jadi, jangan menggunakan narkoba ya!

sumber: Lifehack


Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

Rumah 40 Meter Persegi Ditempati 3 Keluarga? Masih Muat Lho!

Rumah123

Gara Gara Juru Foto, Pasangan Pengantin ini Bercerai Saat Resepsi Pernikahan

Palingseru

10

5 Kondisi Vagina yang Menunjukkan Kondisi Kesehatan Wanita

DokterSehat

Angkat Beban Terlalu Berat, Orang Ini Mengalami Kengerian yang Bakal Bikin Was-Was Kamu yang Hobi Nge-gym. Beware!

Keepo.me

1

7 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

Go-Dok

Tulis komentar...