Home

5 Atlet Terkaya Dunia Ini Dulunya Hidup Miskin Lho

Duitpintar | 1 year ago

Latar belakang ekonomi tentu gak berpengaruh terhadap kesuksesan seseorang menjadi atlet terkaya dunia. Gak sedikit kok jawara-jawara di dunia sepakbola, basket, hingga bela diri yang masa kecilnya hidup di bawah garis kemiskinan.

Kalau ditanya soal jumlah kekayaannya, atlet-atlet tersebut punya harta senilai jutaan dolar Amerika Serikat! Kalau di rupiahkan, US$ 1 juta saja setara dengan Rp 13 miliar. Bayangin kalau dia punya puluhan atau ratusan juta dolar Amerika, bisa buat beli apa aja ya?

Bicara soal keberhasilan lima atlet terkaya di dunia ini, kesuksesan mereka adalah buah dari kerja keras dong pastinya. Ini membuktikan kalau orang yang berangkat dari nol dan gak punya apa-apa, bisa juga kok jadi sukses dan jadi orang kaya.

Berikut ini adalah lima atlet terkaya dunia yang masa kecilnya hidup susah. Kamu juga bisa lho kayak mereka kalau mau usaha. Yuk disimak ulasannya!

1. Lebron James

Buat penggemar bola basket pasti tahu dong ini siapa? (Lebron James / theundefeated)

Buat penggemar bola basket pasti tahu dong ini siapa? (Lebron James / theundefeated)

Nama ini tentu gak asing lagi bagi para penggemar basket. Kekayaan Lebron James mencapai

USD 86 juta

lho. Atlet basket berkulit hitam ini juga di-

endorse

oleh Coca Cola, Nike, Beats by Dr. Dre, dan Kia Motors. Bayangin di-endorse merek-merek gede macam gitu buat seluruh kampanye komersial. Gak cuma Instagram doang lho! Wiih.

[Baca: Gimana Caranya Jadi Influencer Instagram Sukses? Lakukan Saja 7 Langkah Ini]

Tapi, tahukah kamu bahwa di masa kecilnya, James dibesarkan oleh ibunya seorang diri di Akron, Ohio. Dan konon, kabarnya ayah Lebron James mendekam di penjara.

Lebron James lahir pada 1984 silam saat ibunya, Gloria, berumur 16 tahun. Pada awalnya mereka hidup di sebuah rumah besar yang sudah ditempati oleh empat generasi keluarganya. Ketika Gloria pergi bersekolah, Lebron dititipkan ke buyut dan neneknya.

Tapi beberapa bulan setelah kelahiran James, buyutnya meninggal dunia, dan neneknya pun wafat pada 1987. Pascakematian orangtuanya, kehidupan Gloria dan James makin berantakan. Mereka pun dikabarkan hidup menumpang di apartemen milik orang lain. Siapa yang menyangka kalau sekarang pemain basket ini jadi tajir melintir kan?

2. Cristiano Ronaldo

atlet terkaya di dunia

Gak cuma cowok-cowok yang ngefans, cewek-cewek juga pasti histeris lihat si ganteng ini! (Christiano Ronaldo / goal)

Pesepak bola asal Portugal ini punya kekayaan hingga

US$ 93 juta

, dan telah mendapat penghargaan sebagai pemain sepak bola terbaik FIFA selama empat tahun. Selain mendapat

endorsement

dari Nike, Ronaldo juga di-

endorse

jam tangan mewah Tag Heuer, dan suplemen Herbalife.

Namun jangan salah ya, Ronaldo bukanlah orang yang lahir dari keluarga mapan. Ibunya bekerja sebagai tukang masak, sedangkan bapaknya adalah tukang kebun.

Sang ayahnya seorang alkoholik, dan meninggal dunia pada 2005 karena penyakit ginjal. Dan selama ibunya menjadi tulang punggung, keluarga Ronaldo sering mengalami masalah ekonomi.

Bakatnya di dunia sepak bola mulai terlihat saat Ronaldo menginjak usia 16 tahun. Dan pada 2003 dia pun berhasil menjadi pesepak bola asal Portugal pertama, di klub Manchester United. Pada 2009 hingga saat ini, Ronaldo memperkuat tim bola asal Spanyol, Real Madrid.

3. Novak Djokovic

atlet terkaya di dunia

Petenis tajir ini punya yayasan amal di Yugoslavia untuk pendidikan anak-anak lho! (Novak Djokovic / si.com)

Pemain tenis kelahiran Yugoslavia (Serbia) 1987 ini memiliki total kekayaan sebesar

US$ 180 juta

. Segudang penghargaan pun berhasil dikantonginya. Dan saat ini, Djokovic mendirikan yayasan amal untuk membantu pendidikan anak-anak di negaranya.

Seperti diketahui, Djokovic dibesarkan di Kota Belgrade yang saat itu sedang diselimuti oleh ketidakpastian politik dan ekonomi. Sebagai negara di Eropa Timur, Yugoslavia adalah negara yang mayoritas penduduknya hidup miskin.

Djokovic lahir di keluarga pencinta olahraga. Kehidupannya di masa kecil cukup keras, karena negaranya terlibat konflik. Ketika terjadi pengeboman, keluarga Djokovic terpaksa tinggal di ruang bawah tanah setiap malamnya. Mereka juga mengalami kesulitan dalam mendapat pasokan makanan dan minuman.

Pria yang akhirnya dinobatkan sebagai petenis terbaik sepanjang masa itu mengatakan bahwa kehidupan keras itulah yang memotivasinya untuk terus maju di dunia tenis. Di usianya yang ke-13, Djokovic mulai mengembangkan sayap dengan mengikuti pertandingan di Jerman.

4. Yasiel Puig

atlet terkaya di dunia

Pemain baseball asal Kuba ini ternyata pernah melarikan diri dari negaranya lho! (Yasiel Puig / si.com)

Pemain baseball kelahiran Cienfuego, Kuba, ini memperkuat tim Dodger asal Los Angeles. Dan dikabarkan memiliki kekayaan sebesar

US$ 8 juta

.

Sejak remaja, Yasiel Puig selalu berusaha untuk melarikan diri dari negaranya. Tahu sendiri kan sebagai negara komunis, mayoritas masyarakat Kuba itu hidup miskin, termasuk Yasiel Puig.

Semasa hidupnya, profesi Yasiel Puig adalah atlet baseball yang pendapatannya cuma US$ 17 per bulan! Tapi Puig akhirnya keluar dari Kuba setelah diculik kartel Meksiko. Tapi peristiwa nahas itu justru membuahkan keberhasilan karena dirinya menjadi atlet terkaya dunia di Amerika Serikat.

5. Jose Aldo

atlet terkaya di dunia

Mau Jadi pesepakbola eh malah jadi petarung di UFC! (Jose Aldo / slickstermagazine)

Mantan juara kelas bulu Ultimate Fighting Championship (UFC) ini, total kekayaannya mencapai

US$ 9 juta

. Pria asal Brazil ini sebenarnya bercita-cita menjadi pesepak bola. Namun, di usianya yang ke 17, dia bermigrasi ke Rio de Jainero dan berlatih beladiri campuran (MMA).

Aldo yang mahir dalam tehnik Muaythai dan Brazilian Jiujitsu, hidup miskin sejak kecil di Manaus. Semasa dirinya belajar bela diri, dia tinggal di sasana dan tidur di matras bersama rekan-rekannya.

[Baca: Ini 5 Alasan Belajar Bela Diri Agar Dompet Terlindungi]

Ayahnya bekerja sebagai kuli bangunan dan ibunya hanya seorang ibu rumah tangga. Orangtuanya pun bercerai saat Aldo masih kecil. Meski demikian, Aldo tetap mendapat dukungan dari orangtuanya untuk menjadi petarung.

Terbukti kan, lima atlet terkaya dunia di atas punya kehidupan yang cukup sengsara di masa kecil. Tapi hal itu gak menghalangi mereka untuk jadi yang terbaik.

Kamu pun bisa menarik pelajaran berharga dari mereka, bahwasannya hidupmu akan berubah menjadi lebih baik dengan kerja keras. Jadi, gak perlu minder deh dengan segala keterbatasanmu. Giatlah untuk belajar demi menjadi yang terbaik.

Tags:

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

7 Cara Jitu Memilih Asuransi Mobil Versi Adira

Otojurnalisme

10 Objek Sehari-hari Ini Terlihat Menyerupai Wajah Beberapa Karakter Terkenal

Yukepo

Tunda Kemoterapi Leukemia Demi Bayinya, Ibu Ini Meninggal, Begitu Pula Bayinya

Intisari-online

4 Negara dengan Seragam Sekolah Paling Seksi di Dunia

Terselubung

19

6 Kesalahan yang Mungkin Anda Lakukan Saat Masak Ikan

liputan6

5

Tulis komentar...