Home

Kenapa Jamur Kotoran Sapi Termasuk Narkotika? Ini Dia Jawabannya

HaiOnline | 1 year ago

Media sosial beberapa hari ini dihebohkan dengan pemberitaan tentang penangkapan penjual kripik jamur bernarkoba. Lah, kok, bisa, yha? Soalnya, kripik jamur ini bukan sembarang kripik jamur biasa, tapi kiripik jamur dari kotoran sapi.

Menanggapi viralnya berita tersebut, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan pernyataan resmi. Dalam situs resminya, BPOM memberikan penjelasan mengenai kripik jamur berlogo Snack Good yang ketika dikonsumsi dapat memberikan efek halusinasi.

Kripik jamur tersebut terbuat dari jamur Psilocybin sp. yang juga dikenal sebagai  magic mushroom. Biasanya, jamur ini mudah tumbuh secara alami pada kotoran hewan, lumut, atau kayu yang busuk.

WADUH KENAPA NIH? Ini 10 Bukti kalo Indomie jadi Makanan Favorit di Nigeria !

Dikarenakan mudahnya jamur ini tumbuh pada kotoran hewan, ia juga sering disebut dengan jamur tahi sapi. Jamur ini memberikan efek halusinasi, mengubah mood, serta meluapkan perasaan sedih maupun senang. Oleh karena itu, jamur ini pun digolongkan sebagai narkotika golongan I.

Berdasarkan penelusuran data di BPOM sendiri, Snack Good nggak mempunyai izin edar Badan POM maupun nomor izin edar Dinas Kesehatan (PIRT). Kasus ini baru mencuat setelah polisi berhasil menangkap tersangka pembuat kripik jamur yang dipasarkan online tersebut.

Dikutip dari Antaranews, Kamis (26/10) Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Pol Eko Daniyanto menyampaikan bahwa mereka telah berhasil menangkap tersangka Eh alias Cyan (52), pembuat kripik jamur yang mengandung narkotika di Lembang, Bandung, Jawa Barat pada Minggu (22/10).

Menurut penelusuran Kompas.com, sebenarnya jamur tahi sapi atau magic mushroom ini pernah meresahkan masyarakat Bali, Yogyakarta, Surabaya, dan Jakarta pada 2013 dan 2014.

Pada saat itu, pakar kimia-farmasi Badan narkotika Nasional (BNN) Kombes Mufti Djusrin menegaskan bahwa jamur ajaib tersebut merupakan narkotika golongan I.

"Itu termasuk narkotika golongan satu. Memang orang banyak belum mengira bahwa itu adalah jenis narkotika, makanya saya tegaskan itu," ujar Mufti saat berbincang dengan Kompas.com di gedung BNN, Kamis (31/1) malam.

12

Sumber :

kompas.com

Reporter : Rian Sidik
Editor : Rian Sidik

Tags :

#jamur #kripik jamur #jamur narkotika #narkotika #narkoba

Nah, jadi jangan jajan jamur yang aneh-aneh, deh, yha. Dibanding ditangkep polisi, kan?

SEREM SIH, TAPI BIKIN PENASARAN! Ada Ikan Vegetarian! Ini Dia 7 Binatang Paling Unik di Bumi

 

Artikel ini pertama kali ditayangkan di Kompas.com, dengan judul artikel Viral Kripik Jamur Kotoran Sapi Bernarkoba, Ini Penjelasan BPOM

12SEE ALL

Sumber :

kompas.com

Reporter : Rian Sidik
Editor : Rian Sidik

Tags :

#jamur #kripik jamur #jamur narkotika #narkotika #narkoba

Lihat Sumber

  • 0

  • 1


Rekomendasi Artikel

Sederhana Tapi Ajaib, Inilah Kepiawaian dari HuskMitNavn Bikin Gambar 3D yang Seakan Beneran Hidup

Hipwee

9

Baru Melahirkan, Perempuan Ini Bikin Heboh karena Buat 13 Aturan untuk Tamu yang Ingin Melihat Anaknya

Bintang

Bikin Meleleh, Gaya Kencan Kakek dan Nenek Bakal Bikin Kamu Ingin Menua Sama Pasangan

Bintang

Menyingkap Misteri Pedang Zulfikar, Senjata Kebanggaan Nabi Muhammad

Terselubung

4

6 Tradisi Perayaan Hari Valentine Unik di Berbagai Negara, Jomblo di Prancis Bikin Api Unggun

Tribunnews

Tulis komentar...