Home

5 TIPS MELINDUNGI ANJING ANDA DARI PENCURI

Qubicle.id | 1 year ago

Hi Dog Lovers,

Memiliki hewan peliharaan dirumah berarti membuat tanggung jawab anda semakin bertambah. Kadang kala kita lupa bahwa anjing yang kita pelihara – walaupun diperuntukan sebagai penjaga – tetap saja mereka adalah mahluk yang mudah untuk di-“manipulasi”. Ditambah lagi banyak para dog lovers yang memiliki anjing yang memliki daya tarik sehingga memancing “orang tak bertanggung jawab” untuk memanfaatkan situasi untuk mengambil anak kaki empat anda.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut 5 tips dari Kevin McCormick, mantan perwira polisi dan pendiri layanan pemulihan hewan pelacak Trackers Edge dari Amerika Serikat :


1. JANGAN TINGGALKAN ANJING DILUAR PENGAWASAN ANDA

Perlakukan mereka seperti balita, "kata McCormick, yang merekomendasikan pengawasan konstan untuk teman anjing.

"Seekor anjing rentan saat diikat ke bangku, atau saat berada di halaman rumah sendirian."

"Terkadang anjing dicuri - mereka dicuri secara teknis - namun orang-orang (penculik anjing) yang melakukannya menganggap mereka melakukan hal yang benar," jelas McCormick, ia menambahkan bahwa penculik berpura-pura menjadi penyelamat anjing, menganggap seekor anjing sedang terbengkalai atau dianiaya jika ditinggalkan di luar rumah atau kabur dari rumah.


2. GUNAKAN MICROCHIPS SEBAGAI PENGAMAN

Kalung anjing dengan nama sang anjing yang tertulis pada kalung tersebut dapat dilepaskan dengan cepat oleh penculik, sementara microchip yang ditanam di kulit anjing sifatnya permanen dan bisa menjadi alat bantu terbaik bagi Anda saat proses pencarian anjing yang hilang

.

"Terkadang jika pemilik tidak memasang microchip pada anjingnya, pemilik akan kesulitan untuk membuktikan kepemilikan anjingnya tersebut" kata McCormick. "Microchipping adalah kunci - ini seperti memiliki nomor seri atau nomor identitas seperti nomor pada kartu tanda penduduk yang terdata."


Para pelacak anjing hilang mengakui, ada kejadian langka dimana microchip gagal terbaca atau tidak menunjukkan hasil kecocokan, untuk itu para pemilik anjing dapat melengkapi data dengan formulir identifikasi forensik, berupa data DNA sang anjing. 

Dalam kasus yang masih berjalan melalui sistem hukum, McCormick merekomendasikan para pemilik anjing menggunakan tes DNA untuk membuktikan bahwa anjing tersebut memang hewan peliharaan mereka yang dicuri. Dia mengatakan bahwa pemilik anjing harus memiliki beberapa file DNA, dan juga menyimpan cetakan kaki anjing mereka.


3. JANGAN TERLALU BERGANTUNG DENGAN TEKNOLOGI

Kalung anjing dengan teknologi tinggi yang dapat melacak koordinat GPS anjing Anda, hanya bagus secara teori, jika penculik telah membawa anjing Anda, kalung pelacakan yang bagus pun dapat diambil dengan mudah menggunakan pemotong logam biasa.

McCormick juga memperingatkan terhadap apa yang disebut kalung "tak terlihat" tapi itu pun tetap tidak akan menghentikan penculik membawa anjing Anda dari halaman rumah Anda.


4. SEGERA SEBARKAN PENGUMUMAN JIKA ANJING ANDA HILANG

Jika Anda memiliki alasan untuk percaya bahwa anjing Anda dicuri, laporkan pencurian itu ke polisi atau pihak berwajib segera. Selanjutnya, biar lingkungan Anda tahu bahwa Anda mencari anjing Anda - tapi bukan berarti Anda mencari pencuri itu.

"Jangan menulis kata-kata “TELAH DICURI” pada poster atau selebaran – lebih baik tulis saja 'anjing hilang'," kata McCormick, yang menyarankan agar korban menghindari bahasa apa pun yang bisa membuat pencuri atau pihak ketiga takut untuk mengembalikan anjingnya.

"Jadikan itu terdengar seperti siapapun yang menemukannya adalah pahlawan," sarannya.

Bahkan tanpa menggunakan kata 'dicuri' pada selebaran atau media sosial Anda, menyampaikan kabar tersebut pada dasarnya mengubah anjing Anda menjadi apa yang disebut McCormick sebagai 'properti panas' - tidak ada yang mau ditangkap karenanya dan pencuri atau orang yang menahannya akan menjadi lebih mungkin untuk membebaskan anjing itu ke tempat lain atau menjebloskan ke tempat penampungan anjing.


5. JANGAN JAUH-JAUH DARI ANJING ANDA!

Menurut McCormick, perampokan bersenjata untuk mencuri seekor anjing sangat jarang terjadi - kebanyakan kasus pencurian hewan peliharaan terjadi saat seorang pemilik tengah lengah. Dia mengatakan selalu bersama dengan teman terbaik Anda (anjing Anda) adalah cara terbaik untuk menghentikan pencurian anjing.

Sumber :

https://dogtime.com/how-to/pet-safety/53649-protect-dog-dog-thieves

Social Media:

Instagram: @petology.id | Facebook Page: @petology.id    

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

Demi Diet, Wanita Ini Rela Makan Serangga yang Menjijikan

Vebma

Studi: Otak Wanita Lebih Mudah Terangsang daripada Pria

Metrotvnews

5 Trik Masturbasi bagi Pria agar Lebih Bergairah

Suara

5 Tempat Wisata Paling Unik yang Ada di Dunia. Salah Satunya Taman Neraka

palingseru.com

Ada Cewek Bule di Bali Terekam Kamera Curi Pakaian Dalam

jpnn.com

Tulis komentar...