Home

Terapi Musik Bikin Hidup Lebih Sehat, Yuk Coba!

Akurat.co | 1 year ago

Terapi Musik Bikin Hidup Lebih Sehat, Yuk Coba!

Ilustrasi musik. DRIBBLE.COM

AKURAT.CO, Musik bukan hanya media hiburan yang membuat penikmatnya merasa bahagia, namun rupanya bermanfaat bagi pasien dalam proses penyembuhan.

Menurut dr. Dito Anurogo, MSc, dokter digital dari Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, music adalah suara yang disusun sedemiakan rupa. Elemen musik tersebut antara lain ritme, nada dan berbagai komponen lainnya. Komponen ritmis dapat mengatur energi seseorang atau tingkat arousal, sedangkan komponen nada mengatur emosional.

Baca Juga

Terapi musik menurut Wigram (2000) adalah penggunaan musik di situasi sosial, edukasi, klinis untuk menerapi klien/penderita sesuai kebutuhannya. Misalnya kebutuhan psikologis, medis, sosial, dan edukasi.

Menurut World Federation of Music Therapy tahun 1996, terapi musik dilakukan oleh terapis musik profesional dengan klien/kelompok. Ini berfungsi untuk memfasilitasi komunikasi, hubungan, pembelajaran, mobilisasi, ekspresi, organisasi, dan tujuan-tujuan terapeutik relevan lainnya.

Terapi musik bertujuan untuk mengembangkan potensi, mengembalikan fungsi individu sehingga tercapai integrasi intra-interpersonal yang lebih baik. Hal ini diharapkan membuat pasien mencapai kualitas hidup yang lebih baik melalui pencegahan, rehabilitasi, atau pengobatan.

Sebelum melakukan terapi musik, ada tiga faktor utama yang memengaruhi yaitu latar belakang profesional para praktisi, kebutuhan penderita dan pendekatan yang digunakan di dalam terapi.[]

Tags

Health Musik terapi Pasien

Editor. Islahuddin

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

Kenalan Dengan Clifford Geertz, Orang Amerika ‘yang Jatuh Hati’ Pada Lelembut Pulau Jawa

boombastis

Masuk Kategori Dewasa, Lagu Agnez Mo Hanya Boleh Tayang Malam di Jawa Barat

Kapanlagi

7 Cara Cepat & Cerdas Kuasai Grammar Bahasa Inggris, Berani Coba?

Idntimes

3

Sinopsis Dumbo, Film Tentang Gajah yang Terlahir Tak Sempurna

Tirto.id

10 Kalimat Motivasi dari Jack Ma; Orang Sukses yang Dulunya Diremehkan Seremeh-remehnya!

Hipwee

Tulis komentar...