Home

48 Persen Gaji Habis Buat Sewa Properti? Nah, Mendingan Juga Beli Kan

Rumah123 | 1 year ago

Ilustrasi Rumah (Rumah123/iStockphoto)

Menyewa apartemen atau rumah? Ga masalah sih kalau kamu hanya tinggal beberapa tahun saja di sebuah kota atau mungkin sedang dalam proses mencari hunian.

Tetapi, kalau kamu memilih untuk menjadi penyewa selamanya, kamu perlu berpikir ulang lho. Hidup kamu bakalan susah saat tua nanti.

Baca juga:

Mau Tau Kota dengan Harga Sewa Hunian Paling Murah?

Laman properti Real Deal melansir kalau harga sewa apartemen di Florida bagian selatan terutama Miami mengalami kenaikan pesat. Kalau ada orang tinggal di kawasan ini, dia perlu pendapatan besar untuk bisa menyewa hunian.

Seseorang yang tinggal di Miami harus merogoh 41 persen dari gajinya untuk menyewa. Padahal, beberapa tahun sebelumnya, mereka hanya perlu mengeluarkan 28,5 persen.

Baca juga:

Para Pemilik Rumah Ogah Sewakan Hunian ke Justin Bieber, Wah Kenapa Ya?

Situs properti lainnya, Zillow juga menyatakan kalau persentase pembayaran kredit pemilikan rumah juga mengambil persentase gaji yang cukup besar, mencapai 21,3 persen. Angkanya naik sedikit, sebelumnya hanya 20 persen.

Laman pencarian properti Apartment List merilis laporan pada awal Desember 2017 kalau Miami menjadi salah satu kota yang kurang ramah untuk penyewa pada tahun ini. Hampir 63 persen dari penyewa di Miami harus mengeluarkan 30 persen gajinya untuk sewa.

Baca juga:

Sewa Hunian di Singapura Lebih Mahal dari Hong Kong dan Tokyo?

Kota lainnya yang tidak ramah terhadap penyewa adalah Los Angeles. Penyewa harus menyisihkan 48,4 persen gaji untuk menyewa. Padahal, dulu persentasenya hanya 36,2 persen.

Sementara konsultan manajemen PricewaterhouseCoopers melansir temuan kalau harga sewa hunian di Jakarta menghabiskan persentase gaji hingga 37 persen. Angka ini masih tergolong medium.

Baca juga:

Tahan Dingin? Pindah Aja ke Moscow, Sewa Huniannya Murah Banget Lho

Pernah membayangkan kalau gaji kamu habis untuk menyewa apartemen seperti di Los Angeles? Kalau kamu pekerja pemula dengan gaji Rp5 juta, bayangkan kalau Rp2,4 jutanya untuk sewa apartemen atau rumah.

Jika menggunakan persentase PricewaterhouseCoopers, persentasenya hanya 37 persen atau sekitar Rp1,85 juta. Lumayan besar kan?

Baca juga:

Penasaran Nih, Kayak Apa Sih Hunian yang Disewa Rihanna?

Nah, kalau begitu kamu mendingan cari apartemen murah di pusat kota atau rumah murah di pinggiran kota. Kalau cicilannya sama dengan sewa hunian atau nge-kost, mendingan nyicil kan? Setelah beberapa tahun, apartemen atau rumah jadi milik kamu. Kalau bayar sewa, nggak mungkin hunian jadi hak milik.

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

7 Tanda Nyata Kamu Punya Kepribadian yang Mengintimidasi

Idntimes

Gayanya Mewah, Rupanya Begini Bagian Dalam Rumah Syahrini, Bantalnya Saja 12 Juta

Serumpi

5

Kamu Berani Tinggal di Tempat yang Dijuluki 5 Kota Terkotor di Dunia Ini? Siap-Siap Aja Makanan Gak Bisa Masuk Mulut

Keepo.me

4

10 Video Parodi Lagu yang Dijamin Bakal Mengocok Perut Kamu!

Caping Editorial

77

3 Pulau Ini Pernah Ada Dunia Namun Mendadak Hilang, Apa Penyebabnya?

Vebma

4

Tulis komentar...