Home

[Video] Miris! Para Ahli Hukum Yang Malah Jadi Tersangka

caping editorial | 1 year ago

Mencari keadilan adalah sebuah pekerjaan yang mulia. Ketika hukum timpang, itulah saatnya para ahli turun tangan. Baik hakim, panitera, jaksa dan seluruh elemennya dibutuhkan untuk menguak kebenaran. Namun, ada juga oknum yang berkedok ahli hukum. Tugasnya menegakan keadilan dan kebenaran justru jauh dari kata adil. Sendi-sendi keadilan pun terluka oleh loyalitas terhadap uang. 

Ibarat senjata makan tuan, para oknum ini akhirnya malah menjadi pesakitan. Berikut adalah rangkuman video para ahli hukum yang malah berurusan dengan hukum:

Oce Kaligis

Pengacara ternama, Oce Kaligis ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Oce yang sebelumnya menjadi saksi bagi tersangka M Yagari Bhastara alias Gerry. Ia adalah anak buah Oce Kaligis di kantornya. Oce terseret kasus suap terhadap hakim dan panitera Pengadilan Tata Usaha Negara di Medan.

Ayah dari aktris cantik Velove Vexia ini pernah mengeluh karena mendapat perlakuan tidak menyenangkan selama menjadi tahanan KPK. Oce akhirnya di vonis 7 tahun penjara. Ini jauh lebih ringan dari tuntutan sebelumnya yakni 10 tahun.

Kasman Sangaji (Pengacara Saipul Jamil)

Kuasa hukum Saipul Jamil, Kasman Sangaji dijatuhi hukuman 3,5 tahun penjara oleh majelis hakim pada Pengadilan Tipikor Jakarta, (14/11/2016). Ia terbukti melakukan tindakan korupsi bersama-sama tim kuasa hukumnya. Kasman terkait dengan kasus pemberian uang kepada panitera Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Rohadi untuk mengatur komposisi hakim.

Patrialis Akbar

KPK telah resmi menetapkan Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Patrialis Akbar sebagai tersangka. Ia ditetapkan tersangka karena diduga menerima suap atau gratifikasi terkait uji materi materi Undang-undang Nomor 41 Tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Patrialis yang pernah menjadi seorang pengacara merasa dirinya telah difitnah atas dugaan korupsi kepadanya. Patrialis dijanjikan mendapat hadiah USD 20.000 dan SGD 200.000 jika berhasil mengamankan dokumen pembukuan perusahaan dan voucher pembelian mata uang asing dari draft perkara Nomor 129.

Razman Arif Nasution

Salah seorang kader partai Gerindra yang juga seorang advokat, Razman Arif, diciduk gabungan aparat dari Kejaksaan Negeri Sumatera Utara dan Kejaksaan Negeri Jakarta Timur pada tahun 2015 lalu. Razman dijebloskan ke rutan cipinang setelah terbukti melakukan penganiayaan kepada keponakannya. Mantan advokat Komjen Budi Gunawan tersebut di vonis tiga bulan penjara. Meski dipenjara ia masih kerap melakukan aktivitasnya seperti normal.

Razman memang terkenal sebagai pengacara kontroversial. Ia pun pernah berselisih dengan Anton Medan di sebuah acara televisi hingga hampir bangku hantam.

Fredrich Yunadi

KPK akhrinya menetapkan mantan pengacara Setya Novanto, Fredrich Yunadi sebagai tersangka kasus dugaan merintangi penyidikan terkait penyidikan kasus korupsi pengadaan e-KTP. Kabar tersebut menjadi gempar lantaran sebelumnya ia sempat mengundurkan diri sebagai kuasa hukum Setya Novanto.

Fredrich bersama dengan Dr. Bimanesh Sutarjo diduga menghalangi proses penyidikan dengan cara merekayasa rekam medis Novanto, pasca insiden kecelakan di daerah permata hijau beberapa waktu lalu.

Pengacara yang mengaku menggemari kemewahan tersebut, merasa bahwa dirinya di fitnah atas dugaan yang ditujukan padanya. Berdasarkan data yang dihimpun Indonesia Corruption Watch (ICW) per 13 Januari 2018, terdapat sedikitnya 22 orang yang berprofesi sebagai advokat yang pernah dijerat dengan Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi.

Hukum memang buta, namun tidak bagi para penegaknya. Kita semua sadar akan konsekuensi suatu tindakan pelanggaran hukum. Miris memang saat seorang advokat yang seharusnya berusaha mencari keadilan dengan benar, justru membenar-benarkan berbagai sikap meski itu harus melanggar hukum.

Bagaimana menurut kamu?


Penulis: Faizal

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

Pacarnya Nangis Nangis Minta Cincin Berlian, Apa yang Dilakukan Pria ini Bikin Kamu Takjub Lihat Hasilnya

Palingseru

53

5 Kejadian Mengerikan Akibat Ciuman

Terselubung

24

7 Games yang Bisa Kamu Mainkan Bareng Pacar, Biar Hubungan Makin Hangat dan Tak Membosankan

Hipwee

Houou, Phoenix Cantik Pembawa Berkah

Akibanation

2

49.000 Botol Air Mineral Disalurkan Buat Korban Tsunami Selat Sunda

Merdeka

Tulis komentar...