Home

Selain Mandi Air Hangat, Ketahui 5 Cara Lain Mengatasi Insomnia

Metrotvnews | 1 year ago

Jakarta: Insomnia merupakan gangguan tidur yang berdampak tidak baik bagi tubuh. Kurang tidur mengakibatkan kelelahan, performa buruk, sakit kepala, mudah tersinggung, hingga depresi.

Ada dua jenis insomnia, yakni akut dan kronis. Akut akan cenderung sembuh tanpa pengobatan, berbeda dengan insomnia kronis yang terjadi paling tidak terjadi tiga kali seminggu dan lebih dari itu.

Insomnia kronis disebabkan oleh kebiasaan tidur yang tidak sehat, kerja shift malam, dan gangguan klinis lainnya. Untuk mengatasi insomnia, cara alami ini membantu mengatasinya.

1. Mandi air panas

Mandi air panas dua jam sebelum tidur sangat membantu mengatasi insomnia. Sebuah studi menunjukkan bahwa wanita dengan insomnia yang mandi air panas sekitar 90 menit sebelum tidur membantu Anda memiliki tidur yang berkualitas dan nyenyak. Mandi air panas juga dapat melemaskan tubuh dan menenangkan saraf. Anda juga bisa menambahkan beberaoa tetes minyak esensial yang menenangkan seperti chamomile, rosemary, atau lavender dalam air agar rileks.

2. Cuka apel

Cuka sari apel mengandung asam amino yang dapat menghilangkan rasa lelah. Asam amino juga membantu meruntuhkan asam lemak yang melepaskan triptofan, sehingga membuat siklus tidur lebih baik. Campur dua sendok teh cuka sari apel dan dua sendok teh madu dengan segelas air hangat. Minumlah sebelum tidur.

3. Susu hangat

Minum susu hangat sebelum tidur adalah obat yang sangat baik untuk menenangkan pikiran dan tubuh Anda. Susu mengandung triptofan yang bisa memicu tidur nyenyak. Buatlah segelas susu dan campurkan satu sendok teh bubuk kayu manis ke dalamnya, minumlah sebelum tidur.

4. Pisang

Pisang begitu berguna untuk mengatasi insomnia dan gangguan tidur lainnya. Pisang mengandung mineral, seperti zat besi, kalsiyn, dan pottasium yang membuat Anda tidur nyenyak. Makan lah pisang sebelum tidur, atau Anda bisa membuatnya sebagai salad yang dicampur madu.

5. Teh chamomile

Teh chamomile adalah obat alami yang terkenal untuk mengatasi insomnia. Menikmati secangkir teh chamomile akan menjadikan Anda tertidur dan rileks. Buatlah secangkir teh chamomile, campurkan bunga chamomile ke dalamnya. Diamkan selama 5 menit, lalu saring dan minumlah sebelum tidur.

6. Madu

Madu memiliki khasiat membuat Anda tidur dengan cepat sesaat setelah mengonsumsinya. Madu mentah alami membantu penyembuhan gangguan tidur, seperti insomnia.




 


(DEV)

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

Hiii...Gak Hanya Berani Menyentuh Ulat, Cewek Ini Bahkan Membiarkan Ulat Bulu yang Gede Merayap di Wajahnya

Keepo.me

7 Alat Kecantikan Teraneh Ini Ternyata Dijual di eBay. Ladies, Minat Mau Beli Nggak?

Yukepo

7 Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah akibat Garis Senyuman

KawaiiBeautyJapan

4

Padukan Seni Pahat dengan Nasi Bakar

Sindonews

Polisi Tangkap Model Video Klip dan Selebgram Reva Alexa di Rumahnya karena Miliki dan Konsumsi Sabu

Tribunnews

Tulis komentar...