Home

Demam Keong, Penyakit yang Langka dan Hanya Ada di Indonesia

Womantalk | 1 year ago

Siapa sangka hewan sekecil keong bisa menyebabkan penyakit bagi banyak orang selama 35 tahun, khususnya di Indonesia. Tapi itu benar adanya, demam keong kini kembali mewabah di salah satu daerah negara kita.

Baca juga: 

Yang Perlu Dilakukan Saat Anak Demam

Hal itu diakui oleh Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek, di Gedung Bappenas, Rabu 17 Januari 2018, lalu. Penyakit ini hanya ditemukan di 28 desa di Kabupaten Poso dan Sigi, Sulawesi Tengah. Menurut data Kementerian Kesehatan RI, di tahun 2017, ada sekitar 80 kasus yang terdata dan ada satu kasus yang menyebabkan kematian.

Memangnya apa itu demam keong? Demam keong atau schistosomiasis adalah penyakit yang disebabkan oleh cacing Schistosoma japonicum yang menginfeksi manusia melalui perantara keong. "Keongnya bukan yang biasa kita lihat, tapi keong yang berukuran empat milimeter, sangat kecil," ungkap Menkes.

Sumber: Globe Views

"Pada manusia, penyakit ini sering terjadi pada anak usia sekolah, petani, penangkap ikan, pekerja irigasi, serta orang yang menggunakan sumber air yang mengandung schistosoma," tambahnya.

Proses penularannya dapat lewat berbagai aktivitas, seperti mencuci, mandi, atau melewati air yang mengandung larva serkaria. Larva tersebut bisa menembus kulit manusia. Jika sudah berhasil masuk dalam tubuh larvanya akan berkembang menjadi cacing dewasa dan hidup di dalam tubuh manusia.

Sumber: Earth Porm

"Sebelumya kita sudah ditegur World Health Organization (WHO) bahwa hanya negara kita satu-satunya di ASEAN yang masih terkena penyakit demam keong," tegasnya. Oleh karena itu, Kementrian Kesehatan bekerja sama dnegan berbagai pihak untuk melakukan program Roadmap Eradikasi Schistosomiasis 2018-2025, untuk fokus memutuskan siklus penularan penyakit demam keong.

Tag:

demam, keong, demamkeong, penyakit, kesehatan, indonesia

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

8 Perawatan Calon Pengantin Agar Tampil Cantik Paripurna di Hari Istimewa. Cek Dulu, Jangan Sampai Ada yang Terlewat!

Hipwee

9 Penemuan Jenius yang Hanya Bisa Kamu Dapatkan di Jepang

Yukepo

6

Cek 20 Foto Bayi Super Imut yang Lagi Dikerjain Sama Ibunya Ini, Bahagianya Mendandani Anak Sendiri

Hipwee

4

11 Tipe Foodie yang Sering Banget Kita Jumpai dalam Hidup Sehari-hari. Kamu. Akui Aja, Kamu Termasuk yang Mana Nih?

Keepo.me

1

Satu Cara Mudah Kembali Segar Setelah Kurang Tidur

liputan6

Tulis komentar...