Home

Tanda Bahaya pada Kehamilan Muda

Vebma | 1 year ago

Deteksi dini resiko kehamilan adalah usaha  menemukan seawal mungkin adanya kelainan pada ibu hamil. Deteksi dini ini sering dilakukan pada pelayanan kesehatan ibu hamil (antenatal) yang akan mengarah pada penemuan ibu hamil beresiko agar dapat ditangani secara memadai sehingga kesakitan ataupun kematian dapat ditangani sedini mungkin.

Tanda dini bahaya atau komplikasi pada ibu hamil salah satunya terjadi pada kehamilan muda (usia kehamilan dibawah 20 minggu atau 5 bulan). Berikut tanda bahaya yang terjadi pada kehamilan muda :

1. Hiperemesis Gravidarum



1. Hiperemesis (Mual Muntah Berlebihan)

Hiperemesis atau disebut mual muntah berlebihan adalah suatu kondisi yang sangat mengganggu ibu hamil pada usia kehamilan di bawah 16 minggu. Dimana ibu hamil akan mengalami mual muntah lebih dari 10 X dalam waktu 24 jam atau setiap saat, sehingga mengganggu kesehatan dan aktivitas sehari-hari.

2. Perdarahan pada Awal Kehamilan



2. Perdarahan diawal Kehamilan

Sekitar 15% wanita mengalami perdarahan pada awal kehamilan. Ini dapat disebabkan oleh berbagai peristiwa seperti perdarahan implantasi (saat sel telur yang telah dibuahi tertanam di lapisan uterus), perdarahan desidua (perdarahan terjadi pada saat periode menstruasi terjadi sebelum kantong gestasi yang membesar), penyebab lainnya (keguguran (abortus), kehamilan di luar kandungan, kehamilan anggur).

3. Infeksi



3. Infeksi pada Awal Kehamilan

Infeksi lazim terjadi pada awal kehamilan yang meliputi infeksi virus (influenza, parotitis, varisella, zooster, rubella, enterovirus, parfovirus, rubella, sitomegalovirus), infeksi bakteri (salmonella, streptokokus grup A dan B, listeriosis, shigella, Mourbus Hansen), infeksi protozoa (jamur, Toksoplasmosis, Amubiasis)

4. Hipertensi



4. Hipertensi

Hipertensi sering terjadi pada awal kehamilan yang ditandai dengan pusing, bengkak pada kaki, tangan, dan muka, tekanan darah pada pemeriksaan di atas 120/80 mmHg, serta adanya ditemui protein pada pemeriksaan urin/kencing.


Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

Staf Ratna Dicecar 35 Pertanyaan

Metrotvnews

2

Maruf Kebanjiran Curhat di Posko Bencana

Metrotvnews

Ada Harapan Besar dari Operasi Bibir Sumbing Gratis

Akurat.co

Susu Kedelai Bisa jadi Alternatif Pengganti Susu Sapi untuk Bayi?

Orami

Kisah Pilu, Mempelai Wanita yang Menunggu Akad Nikah Mendapati Kenyataan Calon Suaminya Meninggal Dunia

Intisari-online

Tulis komentar...