Home

Pecinta Buku Wajib Tahu, 5 Festival Buku Dunia ini Bakal Hadir di 2018

Idntimes | 12 months ago

Bagi para penikmat buku, festival buku mungkin menjadi salah satu acara yang selalu dinanti-nanti kedatangannya di setiap tahunnya. Apalagi jika festivalnya tersebut berskala internasional, sehingga bisa dipastikan range buku baca bacaannya akan semakin lebih luas.

Tak hanya itu, festival buku bisa menjadi media tempat bertemunya para penulis dengan pembaca buku, dan juga tempat kumpul paling asik bagi para sesama pecinta buku. Nah, di tahun 2018 sendiri, ada beberapa festival buku internasional yang akan diselenggarakan oleh negara-negara di dunia, termasuk Indonesia. Catat tanggalnya ya, karena yang pasti, negara penyelenggara festival buku ini bisa jadi salah satu destinasi kunjungan, bagi para book addict di tahun ini.

1. Taiwan International Book Exhibition

Pecinta Buku Wajib Tahu, 5 Festival Buku Dunia ini Bakal Hadir di 2018

http://picssr.com

Taiwan International Book Exhibition merupakan salah satu pameran buku terbesar di dunia. Pada tahun ini, TIBE yang mengangkat tema Age of Reading, akan diselenggarakan pada tanggal 6 sampai 11 Februari, bertempat di Hall 1 dan Hall 3, Taipei World Trade Center. Pameran buku akan dibuka mulai jam 10 pagi sampai jam 8 malam, kecuali pada hari Jum'at dan Sabtunya yang akan ditutup pada pukul 10 malam. Festival ini juga merupakan festival yang ramah kaum disabilitas, lho.

Selain melihat-lihat koleksi buku di pameran, pengunjung juga berkesempatan untuk menikmati pertunjukkan glove puppet yang melibatkan teknologi augmented reality, serta terlibat dalam 500 sesi aktivitas membaca, seru banget kan? Negara-negara di dunia seperti Brazil, Ukraina, Perancis, Jerman, Inggris, Hong Kong, Jepang dan korea Selatan sudah dipastikan akan berpartisipasi dalam TIBE tahun ini.

2. Frankfurt Book Fair

Pecinta Buku Wajib Tahu, 5 Festival Buku Dunia ini Bakal Hadir di 2018

flanderstoday.eu

Festival buku terbesar di dunia ini rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 10 hingga 14 Oktober mendatang. Seperti tahun-tahun sebelumnya, akan ada tamu istimewa di setiap penyelenggaraan Frankfurt Book fair dan kali ini yang terpilih adalah partisipan dari Georgia. Mengingat ada lebih dari 286 ribu pengunjung serta 7 ribu pameran yang terlibat dalam Frankfurt Book Fair tahun sebelumnya, bisa dipastikan tahun ini jumlahnya akan lebih banyak lagi.

Bertempat di Messe Frankfurt, Ludwig-Erhard-Anlage 1, Frankfurt, Jerman, pengunjung bisa mulai menikmati koleksi buku, pameran serta kegiatan di festival ini mulai dari jam 9 pagi hingga 6.30 sore, kecuali di hari minggu yang mana festivalnya berakhir pukul 5.30 sore. Tahun ini salah satu isu utama yang akan diangkat dalam Frankfurt Book Festival adalah tentang hal-hal baru dalam dunia penerbitan.

 

3. London Book Fair

Pecinta Buku Wajib Tahu, 5 Festival Buku Dunia ini Bakal Hadir di 2018

rylandpeters.com

London Book Fair atau LBF akan diselenggarakan pada tanggal 10 hingga 12 April, 2018 dan akan mengambil tempat di Olympia, London. Ada sekitar 60 negara di dunia yang ikut berpartisipasi dalam festival buku terbesar di Inggris ini seperti Kanada, Australia, Amerika Serikat serta India.

Pengunjung tak hanya dimanjakan dengan banyaknya koleksi buku di festival ini, namun mereka juga bisa ikut serta dalam ragam konferensi, seminar, workshop terkait dengan dunia penerbitan. Tak lupa juga, akan ada pemberian penghargaan bagi tokoh yang dianggap berpengaruh di dunia penerbitan baik yang berasal dari dalam dan luar Inggris.

4. Seoul International Book Festival

Pecinta Buku Wajib Tahu, 5 Festival Buku Dunia ini Bakal Hadir di 2018

http://english.visitkorea.or.kr

Seoul International Book Festival dijadwalkan dihelat pada tanggal 20 hingga 24 Juni, 2018 dan mengambil tempat di COEX Convention Center Grand Ball Room, Seoul, Korea Selatan. Festival yang mulai diadakan pada tahun 1995 ini tak hanya bertujuan untuk mempromosikan bacaan terbitan Korea Selatan, namun juga untuk memperkuat daya saing di dunia penerbitan, mempromosikan aktivitas membaca kepada khalayak ramai dan juga untuk memperkenalkan pada publik keberagaman budaya lewat dunia sastra.

Pada penyelenggaraan di tahun sebelumnya, ada sekitar 365 pameran dari 17 negara, yang ikut serta berpartisipasi di SIBF. Ragam pernak pernik menarik seperti kartu ucapan, alat-alat tulis serta travel books juga akan kamu dapatkan di festival buku ini.

5. Indonesia International Book Fair

Pecinta Buku Wajib Tahu, 5 Festival Buku Dunia ini Bakal Hadir di 2018

viva.co.id

Jika rasanya festival buku internasional yang diadakan di luar negeri terlalu susah untuk didatangi, jangan sedih dulu. Negara kita juga akan mengadakan festival buku internasional yang akan diadakan pada tanggal 12 hingga 16 September mendatang, di Jakarta Convention Center. Tahun lalu, ada sekitar 20 negara yang ikut serta dalam festival ini, mudah-mudahan tahun ini jumlahnya akan semakin bertambah.

Lewat festival ini, pengunjung bisa melihat koleksi buku-buku lokal maupun mancanegara. Selain berburu buku-buku dengan harga yang relatif miring, para pengunjung juga bisa ikut serta dalam kegiatan berupa talkshow, bedah buku, seminar, rangkaian lomba serta festival literasi.

Wah, bakal seru ya pastinya? Kamu sudah menyiapkan segalanya untuk menghadiri festival-festival buku tersebut?

Info lengkap klik di sini

#What'sIn2018: Tulis artikel tentang hal-hal yang trending di tahun 2018, dapatkan bonus 100 poin!

ghafsari

Thriller is not my cup of tea.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

Meski Penemuannya Kini Banyak Digunakan, Tapi 5 Ilmuwan Hebat Ini Dilupakan Dunia. Miris!

Yukepo

10 Parkir Mobil Ngawur Ini Membuktikan Bahwa Ada Orang yang Otaknya Juga Perlu Dikasih Garis Parkir

Hipwee

4

Kamu Nggak Perlu Keramas Setiap Hari Biar Rambutmu Selalu Wangi. Ikuti Saja 6 Langkah Ini

Hipwee

12

Bikin Merinding! 5 Bangunan Ini Dibangun Karena Ada Campur Tangan Makhluk Gaib

Serumpi

7 Keunikan Pedagang Yang Hanya Bisa Kamu Temui Di Indonesia

Inspiratorfreak

Tulis komentar...