Home

Dokter Ini Sukses Bantu Persalinan Penumpang Pesawat First Class

Womantalk | 1 year ago

Melahirkan di rumah sakit memang sudah biasa, namun bagaimana jika melahirkan di atas pesawat, di kabin first class pula? Ditambah lagi, secara kebetulan ada seorang dokter yang juga tengah berada di pesawat yang sama, sehingga proses persalinan berjalan lancar.

Pengalaman ini terjadi pada Dr. Sij Hemal, seorang dokter yang berada dalam penerbangan Air France rute Paris-New York, beberapa waktu lalu. Saat itu, Sij baru saja mengakhiri liburannya di New Delhi, India, dan berencana terbang kembali ke Ohio, Amerika Serikat. Rute penerbangan yang diambil Sij cukup panjang, yakni New Delhi-Paris, Paris-New York, lalu New York-Ohio. Rupanya ada hikmah di balik perjalanan melelahkan ini, Sij berhasil membantu seorang penumpang yang melahirkan di pesawat yang ditumpanginya.

Baca juga: 

Sedang Melahirkan, Dokter Ini Sempat-Sempatnya Tangani Pasien

Di atas pesawat, dokter yang sehari-hari praktik di Glickman Urological and Kidney Institute, Cleveland Clinic itu mendengar pengumuman seorang pramugari yang tengah mencari dokter untuk membantu penumpang yang terlihat kesakitan. Sij beserta seorang dokter lainnya yang bernama Susan Sheperd, menawarkan pertolongannya. Di dalam pesawat yang saat itu baru saja melintasi Greenland, seorang penumpang bernama Toyin Ogundipe mulai merasakan kontraksi.

Momen saat proses persalinan berlangsung (Sumber: Vice)

"Awalnya ia mengeluh nyeri punggung. saya pikir ia punya batu ginjal, tapi setelah ia mengaku tengah mengandung, saya langsung tahu pasti sebentar lagi akan melahirkan," ungkap Sij kepada CNN.

Kontraksi yang dialami Toyin berlangsung sangat cepat, sehingga tidak mungkin menunggu pesawat untuk mendarat. Para kru pesawat pun memindahkan Toyin ke kabin first class agar proses persalinan dapat berlangsung dengan lebih leluasa. Toyin mengaku, hal ini membuatnya lebih nyaman saat melahirkan.

"Saya langsung tenang begitu tahu bahwa saya berada di tangan orang-orang yang tepat. Mereka melakukan segala hal, seperti layaknya dokter atau bidan di ruang bersalin rumah sakit. Bahkan mungkin lebih baik," ujar Toyin seperti dilansir situs resmi Cleveland Clinic.

Bayi Jake yang lahir di pesawat (Sumber: Vice)

Hanya dalam waktu setengah jam, seorang bayi laki-laki pun lahir. Bayi ini kemudian diberi nama Jake. Setelah pesawat mendarat di John F. Kennedy International Airport, Toyin dan bayinya segera dilarikan ke Jamaica Hospital Medical Center untuk mendapat perawatan lebih lanjut.

Khusus bagi sang dokter, berkat jasanya telah membantu proses persalinan, ia pun mendapat pendampingan dari petugas bandara untuk mempercepat pemeriksaan imigrasi. Seperti dilansir laman Travel+Leisure, maskapai Air France juga menghadiahkannya segelas champagne dan voucher pesawat.

(Sumber cover: TheIndependent)

Tag:

pesawat, dokter, hamil, melahirkan, persalinan, bayi

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

7 Trik Agar Kamu Tidak Mudah Dikecewakan Pasangan

Kelascinta

4

Alternatif Kencan Hemat dan Sopan Buatmu dan Pasangan. Romantis, Tapi Nggak Berlebihan

Hipwee

Awas, Ini Bahaya Saling Pinjam Maskara dan Eyeliner untuk Kesehatan

Hellosehat

Bahaya Memakai Korset untuk Tampil Langsing

Go-Dok

6 Model Rambut yang Bakal Jadi Tren pada 2017

Tempo

1

Tulis komentar...