Home

RulaWoman, Berikut 7 Hal yang Tanpa Kamu Sadari Bisa Membuat Kamu Terus Bekerja Seumur Hidup

Rula | 1 year ago

@rahajengkurniawati

@rahajengkurniawati in Financial

11

Jika kamu tidak bisa menemukan cara untuk menghasilkan uang selagi kamu tidur, maka kamu akan terus bekerja seumur hidupmu. -Warren Buffett

photo credit: Starts at 60

RulaWoman, berikut 7 hal yang tanpa kamu sadari bisa membuat kamu terus bekerja seumur hidup alias tak mengenal kata pensiun. Tentu bukan karena kamu menyukai apa yang kamu kerjakan, tapi karena himpitan kebutuhan hidup memaksa untuk terus bekerja hanya sekedar untuk bisa memenuhi kebutuhan harian.


1. Kamu tutup mata pada inflasi

photo credit: aterosario

Infllasi adalah fenomena yang mengurangi nilai uang yang RulaWoman miliki sebesar 6% setiap tahunnya. Jadi kalau kamu selama ini berpikir tabungan kamu aman di bank dan kamu bisa “menikmati” bunganya, maka sebenarnya nilai uang kamu berkurang, karena inflasi lebih tinggi daripada bunga bank.

2. Mengandalkan kenaikan gaji

photo credit: SheThePeople

Kamu terjebak dalam zona nyaman. Berpikir bahwa kenaikan gaji tiap tahun mampu mengimbangi harga kebutuhan hidup yang merangkak naik dari tahun ke tahun. Faktanya, kenaikan harga kebutuhan hidup jauh di atas kenaikan gaji tiap tahun. Mau tidak mau, kualitas hidup yang kamu miliki menurun.

3. Tidak mau tahu soal investasi

Investasi memang beresiko, tapi tidak berinvestasi jauh lebih beresiko.

Semakin dini kamu mulai berinvestasi, maka imbal hasil yang kamu dapatkan juga akan semakin besar. Sayangnya, tak banyak orang sadar akan hal ini. Mereka beranggapan hidup akan lebih aman dan nyaman dengan tidak usah berinvestasi sama sekali. Padahal, investasi adalah cara untuk membiarkan uang kamu beranak pinak bahkan saat kamu tidur.

4. Tidak punya tabungan, asuransi, dan dana darurat

Tabungan, asuransi, dan dana darurat adalah beberapa indikator keuangan yang sehat. Mengabaikan salah satunya bisa berakibat fatal untuk masa depan kamu saat kejadian yang tidak diinginkan terjadi.

5. Memenuhi tuntutan gaya hidup kekinian

photo credit: Schmutz & Mohlman

Tidak ada yang salah memang untuk selalu tampil up to date. Yang salah adalah jika kebiasaan tersebut menggerus gaji yang membuat kamu merana di tengah bulan, karena uang habis untuk kebutuhan ngopi serta hangout di tempat yang instagramable.

6. Hidup bagai air mengalir

Kamu tidak punya tujuan keuangan yang ingin kamu capai dalam 5 atau 10 tahun mendatang. Bagi kamu, hidup itu mengalir saja. Ketika kamu sendiri tidak tahu dengan pasti apa yang kamu inginkan, maka apa yang RulaWoman lakukan akan mengikuti apa yang dilakukan oleh kebanyakan orang alias mayoritas. Padahal situasi dan kondisi keuangan kamu bisa jadi perlu "treatment" yang berbeda.

7. Tidak punya tujuan keuangan jangka panjang

photo credit: Starts at 60

Masa produktif seseorang ada batasnya, RulaWoman. Demikian juga dengan kamu. Akan ada masanya dimana kamu sudah tidak perlu bekerja lagi dan menikmati semua dari hasil jerih payahmu sewaktu muda. Yang jadi pertanyaan, sudahkah apa yang kamu kerjakan saat ini menjamin kecukupan saat masa pensiun tiba? Atau kamu hanya mengandalkan uang pesangon dan jaminan hari tua yang belum tentu cukup?

BACA JUGA


Uang Bonus Habis Tak Bersisa? Berikut 5 Strategi Mengelola Bonus Akhir Tahun agar Tak Sia-sia

Jadi sejahtera bukan hanya ditentukan dari seberapa besar penghasilan yang kamu dapatkan, tapi juga kemampuan kamu dalam mengelolanya

Read more..

Bagaimana RulaWoman? Semoga bermanfaat ya.


Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

Tes Kepribadian: Bibir, Pohon, atau Akar? Apa yang Kamu Lihat Pertama Kali Ungkap Karaktermu!

Tribunnews

Ngeri! Foto Ini Dijuluki Sebagai Bunuh Diri Terindah Sepanjang Masa

Intisari-online

20

Cerita Lengkap 3 Siswa SMA dari Palangkaraya Temukan Obat Kanker dan Jadi Juara Dunia!

Tribunnews

6 Pertolongan Pertama untuk Atasi Hipotermia yang Wajib Kamu Tahu

Idntimes

Cerita Wanita yang Berhubungan Seks Setiap Hari Selama Setahun

liputan6

Tulis komentar...