Home

Viral Batu Bersusun di Sukabumi, Itu Metode Melatih Kesabaran

Tempo | 1 year ago

Batuan yang tersusun rapih di kawasan Sukabumi. youtube.com

TEMPO.CO, Jakarta - Berita viral ditemukannya batu bersusun seimbang secara vertikal di area sungai daerah Sukabumi menghebohkan jagat maya. Diisukan susunan batu tersebut mengandung hal mistis karena keanehannya yang dapat berdiri seimbang tanpa jatuh. Namun, dilansir dari sukabumiupdate.com, Petugas Desa yang mengecek langsung ke lokasi mengatakan bahwa susunan batu tersebut dibuat oleh warga yang menyalurkan hobinya.

Baca juga: 
Kolorektal, Kanker Kedua yang Mengancam Pria, Kenali 4 Tandanya

Menurut Wikipedia, menyusun batu secara vertikal ini disebut dengan rock balancing. Rock balancing adalah seni, disiplin, atau hobi dimana batuan secara alami diimbangi satu sama lain dalam berbagai posisi tanpa penggunaan perekat, kawat, pendukung, cincin atau peralatan lainnya yang akan membantu menjaga keseimbangan konstruksi.

Batu bersusun (instagram.com/balancingartindonesia)
Rock balancing
itu sendiri memiliki beberapa jenis gaya dalam pengaplikasiannya,


Rock stacking,
dimana batuan saling menempel satu sama lain sampai tinggi secara vertikal. Teknik ini yang dipakai pada susunan batu yang viral di Sukabumi tersebut.


Classic balance,
dimana dua batu disusun secara horisontal dan saling menyangga dalam posisi berdampingan satu sama lain.


Free ,
dimana para penggiat rock balancing bisa dengan bebas memadukan teknik rock balancing menjadi suatu karya susunan batu yang menarik dan unik.

Di Indonesia sendiri ternyata ada komunitas rock balancing yang merupakan wadah para balancer(sebutan penggiat hobi rock balancing) untuk menyalurkan kreatifitasnya.

Balancing art (Instagram balancingartindonesia)
Dikutip dari media sosial Instagram Rock Balance Indonesia, @rockbalanceindonesia , mereka menjelaskan bahwa rock balancing adalah sebuah seni yang melatih fokus, kontrol emosi, kesabaran, kreativitas, kepekaan, meditasi, pernafasan, dan relaksasi. Baca: Apa Menu Sarapan Favorit Orang Indonesia?

balancing art (instagram.com/balancingartindonesia)
Bagi para balancer, membuat batu bersusun atau melakukan rock balancing merupakan cara mereka untuk berkomunikasi dengan alam, melatih konsentrasi dan kesabaran, juga menunjukkan kualitas seseorang dalam menghargai suatu proses perjuangan.

INSTAGRAM | BERBAGAI SUMBER


Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

Berani Nonton? 10 Film dengan Durasi Terlama di Dunia, Ada yang Sampai 720 Jam

Tribunnews

Awas, 5 Masalah Kulit Ini Bisa Timbul Gara-Gara Smartphone

liputan6

Viral Mahasiswi UI Bawa Bekal Makanan Pakai Kotak Cream Pelembap

Okezone

4

Ada Bukti Vanessa Angel Terima Order di Negara Tetangga

Suara

9 Fakta Selingkuh Bagai Bom Waktu Mematikan

Tribunnews

Tulis komentar...