Home

Tak punya waktu untuk olahraga? 10 Aktivitas sehari-hari ini ternyata bisa membakar kalori

Theasianparent | 1 year ago

Bun, tak perlu repot daftar kelas gym. Cukup dengan melakukan aktivitas sehari-hari, Anda sudah berolahraga.

Bun, kesibukan mengurus rumah dan keluarga kadang membuat kita lupa untuk berolahraga. Namun kabar baiknya, Bunda bisa melakukan olahraga di rumah sambil mengerjakan kegiatan sehari-hari.

Setiap pekerjaan rumah yang Bunda kerjakan merupakan bagian dari olahraga, mulai dari menggendong anak, mendorong stroller, berlari keliling ruangan sembari mengejar anak, sampai menjemur baju.

Tanpa perlu membayar kelas gym yang mahal, Bunda tetap bisa menjaga kebugaran tubuh sembari merapikan rumah. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui.

Tak percaya? Berikut ini olahraga yang bisa dilakukan setiap hari.

Olahraga #1: Mendorong troli belanja

olahraga di rumah - mendorong troli belanja

Berbelanja keliling supermarket sambil mendorong troli yang penuh barang ternyata membakar 350 kalori. Apalagi jika Anda membawa anak saat berbelanja.

Mendorong troli akan melatih otot-otot Anda dengan baik. Tanpa sadar, tubuh Anda sudah aktif bergerak

Olahraga di rumah #2: Menggendong bayi dan menenangkannya

olahraga di rumah - menggendong anak yang sedang menangis

Menenangkan bayi yang rewel lebih mudah dilakukan jika Bunda menggendongnya. Bunda akan merasakan otot-otot lengan dan betis mengencang setelah Anda menggendongnya sepanjang malam.

Tak perlu susah payah berlatih angkat beban atau squat, tangan dan kaki Bunda sudah terlatih dengan sendirinya.

Olahraga di rumah #3: Bangun dari kasur untuk menidurkan anak yang terbangun

olahraga di rumah - bangun dari tempat tidur

Bila Bunda dan anak tidur di kasur yang berbeda, pasti Anda sering mengalami harus terbangun di tengah malam karena anak menangis mencari Anda. Bunda pun segera bangkit dari tempat tidur dan berusaha menidurkan anak kembali.

Kegiatan bangun dari kasur beberapa kali ini ternyata melatih kekuatan otot perut dan lengan Anda. Tidur Bunda mungkin terganggu dan bahkan kantuk hilang, namun kabar baiknya adalah Bunda memiliki lengan dan perut yang kencang.

Olaharaga di rumah #4: Mengganti popok

olahraga untuk ibu - mengganti popok

Pasang popok baru dan mengganti popok kotor mungkin telah menjadi aktivitas Bunda sehari-hari yang dilakukan beberapa kali sehari. Ditambah lagi jika bayi Anda sudah aktif bergerak sehingga Bunda harus berjuang untuk menahannya tetap tenang sembari memastikan isi popok tidak berantakan.

Anak sudah bisa berdiri dan berlari? Wah, otot-otot Bunda semakin terlatih.

Olahraga #5: Menggandeng anak sambil membawa belanjaan ke dalam rumah

olahraga untuk ibu - membawa belanjaan

Sepulang berbelanja, Bunda pulang ke rumah menggandeng anak sambil menenteng belanjaan. Meski dibantu oleh suami, tetap saja kegiatan ini cukup menantang.

Bagian otot yang terlatih adalah lengan, kaki, dan juga torso Anda.

Olahraga di rumah #6: Melakukan pekerjaan rumah sembari menggendong anak

olahraga untuk ibu - membereskan rumah sambil menggendong anak

Entah menggendong anak dengan gendongan maupun hanya menggunakan satu tangan sembari membereskan rumah, kalori Bunda tetap terbakar dengan jenis pekerjaan ini.

Bunda akan memiliki tangan dan betis yang kuat karena menggendong anak sambil berjalan ke sana ke mari di rumah.

Olahraga di rumah #7: Menjemur pakaian

olahraga untuk ibu - menjemur pakaian

Jangan sepelekan kegiatan menjemur pakaian. Membawa keranjang cucian, berjongkok mengambil pakaian dari dalam keranjang, atau bahkan berjinjit saat menjemur sprei bisa jadi olahraga yang bagus untuk Bunda.

Pastikan Bunda membungkuk dan jongkok dengan posisi yang pas agar punggung Anda tidak cedera. Kemudian, berdirilah dengan tegak sebelum mengangkat kedua tangan untuk menjemur dan menjepit pakaian.

Setelah beberapa kali mengulangi semua gerakan menjemur ini, Bunda akan merasa otot-otot punggung, tangan, dan kaki menjadi lebih kuat.

Olahraga di rumah #8: Berkebun atau memungut mainan anak di lantai

Memungut mainan anak di lantai bisa melatih punggung dan paha Bunda. Pastikan Anda jongkok dengan benar agar punggung tidak cedera.

Hal yang sama juga berlaku saat Bunda berkebun, ketika menggali lubang, mencabut rumput liar, atau memangkas semak-semak.

Olahraga #9: Berlari mengejar balita Anda

Aktivitas ini setara dengan jogging. Khawatir anak berlari ke area yang tak seharusnya ia datangi? Lari kejar dia!

Apakah anak membawa benda berbahaya saat berlari? Buruan kejar dia! Benar-benar latihan kardio yang baik.

Meski tak dapat medali seperti ketika marathon, namun sebagai hadiahnya adalah… memastikan anak aman dalam pelukan Bunda ketika berhasil menangkapnya.

Artikel terkait: Inilah 10 Manfaat yang didapat Jika Anda Mengajak Anak Olahraga Jalan Kaki Bersama

Olahraga #10: Menyusui

Kegiatan satu ini mungkin tidak akan membentuk otot tapi bisa membakar kalori (sekitar 500 kalori!). Tambahan lain, lengan Anda akan mengencang selama memangku anak.

Bun, jangan pernah merasa bersalah karena tak punya waktu untuk berolahraga. Cukup dengan melakukan semua aktivitas yang biasa Bunda lakukan sehari-hari dengan lebih bersemangat.

 

*Artikel disadur dari tulisan theAsianparent Singapura.

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

Mengidap Penyakit Anti Sosial Selama 10 Tahun Tanpa Keluar Rumah, Pria Ini Membuat Koran Sendiri

Keepo.me

#ResolusiCinta, Awas 5 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Membuat Hubunganmu Hambar Hingga Kandas di Tengah Jalan

Rula

Mobil Mewah Rp2,2 Miliar Jadi Korban Bully Netizen, Ini Penyebabnya

Okezone

Pria Harus Tahu, Cara Tampil Keren dengan Skinny Jeans

Sultrakini

Jadi Korban Hipnotis, 3 Driver Ojol Ini Seketika Linglung dan Sepeda Motornya Raib

Intisari-online

Tulis komentar...