Home

Tempat Wisata Ini Ngaku Sebagai Icon Of Bandung, Eh Ternyata Wahana Di Dalamnya Hasil Plagiat Seniman Dunia

Keepo.me | 1 year ago

Bikin malu Indonesia di mata dunia internasional

Bandung emang dikenal dengan para anak muda yang kreatif-kreatif. Mereka banyak menciptakan desain-desain yang membuat mata berdecak kagum. Bahkan, walikotanya aja, Ridwan Kamil, merupakan arsitek yang udah merancang banyak bangunan dengan bentuk menawan. Namun, kekreatifan itu dinodai oleh tudingan plagiasi yang menimpa Rabbit Town, sebuah tempat wisata unik yang mengandalkan berbagai wahana instalasi seni sebagai tempat untuk selfie.

Kasus ini menjadi pembahasan sejak diangkat oleh Ario Kiswinar di media sosial. Kiswinar membeberkan karya-karya seniman dunia mana saja yang telah dijiplak terang-terangan oleh Rabbit Town.

Yang lebih parahnya, Rabbit Town sama sekali tidak mencantumkan nama seniman yang telah membuat karya tersebut lebih dahulu. Mereka hanya mengganti namanya doang. Padahal, jelas-jelas wahananya mirip banget. kayak spot berikut ini yang mirip banget dengan The Museum Of Ice Cream yang terletak di Los Angeles.


Ada juga Sticker room yang sangat mirip dengan karya seniman Yayoi Kusama.

Satu lagi spot foto di Rabbit Town yang menyamai karya seniman luar negeri adalah Urban Light karya Chris Burden.

Postingan mengenai plagiasi Rabbit Town ini akhirnya viral hingga sampai ke Museum of Ice Cream. Mereka pun menyatakan siap membawa kasus plagiat ini ke ranah hukum. Karena, plagiat adalah hal yang sangat serius bagi mereka.

Kiswinar juga sudah menyampaikan isu ini kepada Ridwan Kamil, karena Rabbit Town mengklaim tempatnya sebagai Icon of Bandung. Masa ikon khas bandung penuh plagiat dan sekarang menjadi sorotan media luar negeri?

Tapi, GM Rabbit Town, Ferdi Candra tak terlalu mempermasalahkan tudingan plagiat tersebut. Ia menyebut bahwa wahana di Rabbit Town bukanlah plagiat, melainkan terinspirasi dari karya yang dipamerkan di Los Angeles County Museum Of Art.

"Pembangunan ini terinspirasi dari yang di LA. Cuman emang dilihat dari bentuk dan jumlahnya tidak sama," ujar Ferdi.

Dia mencontohkan wahana yang dianggap mirip dengan karya Chris Burden. Menurutnya, karya tersebut tidak sama persis. Detil dan jumlah tiangnya juga tidak sama.

"Kalau yang di LA kan lampunya banyak. Di sini cuma 88 tiang," kata dia.


Dia juga membantah tuduhan plagiasi wahana yang punya gantungan pisang dan lampu yang berbentuk ice cream.

"Ini juga enggak persis karya aslinya. Lihat pisang di sini cuman segitu (panjang booth-nya sekitar 4 meter). Kalau yang aslinya itu besar sekali," ujar dia.

Namun, supaya tidak menjadi polemik yang berlarut-larut, pihak Rabbit Town akan menempelkan keterangan yang menjelaskan bahwa wahana tersebut terinspirasi dari instalasi seniman dunia. Tapi, mereka belum punya rencana minta izin secara resmi kepada pemilik asli.

"Nanti bakal dipasang klaim bahwa karya yang dituduh plagiat memang terinspirasi dari karya orang. Kita akui memang ini ide dari karya orang," ujarnya.


"Tapi kalau soal izin itu meniru totally sama. Kalau misalnya kita bilang terinpirasi ya orang berkreasi dari ide orang saya pikir masih oke. Kecuali kalau yang bersangkutan keberatan kita ikuti," lanjut dia.


Kalau menurut ane sih, yang namanya terinspirasi itu pasti membuat sesuatu yang hanya meminjam konsepnya saja. Tapi, dari segi eksekusi pasti akan berbeda. Tapi, ini malah menjiplak terang-terangan, baik konsep dan eksekusinya. Kalo gitu, semua pelajar ketika ditanyain kenapa mencontek, bakal berkilah dengan bilang bahwa mereka hanya terinspirasi dan telah mengganti beberapa kalimat.

Kalau menurut kamu gimana? Apakah kasus ini termasuk plagiasi atau bukan?

Lihat Sumber

  • 2

  • 1


Rekomendasi Artikel

7 Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan di Kawasan Kostan

Shopback

Pengemis Tajir Nyetir Mobil Sendiri Hebohkan Media Sosial, Ada-ada Saja

Akurat.co

Malas Beresin Kamar Cewek Ini Kena Batunya

Gregetan

9

Misteri Bunuh Diri Massal Burung-Burung di Jatinga

Terselubung

7

Sandi Dukung Masyarakat Bentuk Tim Pencari Fakta Kecurangan Pemilu

Merdeka

1

Latest Comments

  • Alfino Gede

  • 1 year ago

25

43

☜☆☞ §0LUSI PRIA SEJATI ☜☆☞ V!A6RA U.S.A DAN H4MMER 0F TH0R IN ITALY Terbuat dari bahan alami HERBAL 100% PR0DUCT IMPORT yang meliputi D!SFUNGS! EREX$! yang sangat berpengaruh gairah anda antara lain = D!ABETES (GULA) , LEM4H SY4HW4T , EJAKUL45I DINI DAN !MP0TEN. Dan semakin bertambah USIA semakin MENURUN intensitas $E×$UAL!TA$ ANDA. KURANG 6AIRAAH, Mani Encer dan CEPAT KELUAR alias EJAKULSI DINI. Jangan biarkan masalah di atas berlarut-larut sampai akut BISA BERAKIBAT FATAL. UMUR 60 TAHUN TETAP JOSS, AMAN DIGUNAKAN TANPA EFEK SAMPING segera cari solusinya disini. 👉HUB TLP / WA : 0৪5292৪6৪6৪5 STOK READY: 1. T!T4N 6EL RUSIA 2. TEST0 ULTRA 3. F0REX U.S.A 4. PEN!RUM U.S.A 5. C!AL!S ENGLAND 6. K.L.6 ASL! OR!G!NAL 7. V!MAX IZON !N CANADA 8. DAN PRAN9SAN9 WAN!TA

  • Pɑundrɑ

  • 1 year ago

37

64

jaman now sering melintir2 istilah min. gak mau dibilang plagiat, karena konotasinya jelek. makanya slalu menganggap bahwa dirinya hnya terinspirasi. yg jadi mslh kalo hal sprti ini bisa membuatnya jd sombong, seolah memang sudah berkarya, pdhl mah org jg tau beda plagiat dan terinspirasi itu gmn.

  • Michael

  • 1 year ago

30

51

plagiasi..

  • Tarom Muhamad

  • 1 year ago

27

45

[face=Netral]

Tulis komentar...