Home

Peneliti Ini Klaim Kandungan Protein Susu Kecoak Lebih Tinggi dari Pada Susu Sapi, Mau Coba ?

Serumpi | 9 months ago

via youtube.com

Serumpi.com – Susu sapi sudah sejak lama dikenal dengan minuman yang menyehatkan. Bahkan anak-anak sudah sejak kecil dibiasakan minum susu sapi, baik dalamm bentuk bubuk atau ada yang suka susu murni langsung dari peternakan. Selain susu sapi, di Indonesia juga ada susu kambing dan susu yang terbuat dari kacang kedelai. Tapi saat ini pakar tengah mengenalkan susu kecoak. Menurut para pakar, susu kecoak bisa menjadi bahan makanan bergizi di dunia.

Pendapat tersebut berdasarkan dari penemuan bahwa kandungan protein susu kecoak tiga atau empat kali lebih besar dibandingkan kandungan protein dari susu sapi. Lalu benarkah kecok yang biasanya ada ditempat kotor tersebut mengandung protein yang tinggi?

Bukan sembarang kecoak, kecoak  yang dimaksud hidup di kepulauan Hawaii dan pulau lain di Lautan Pasifik. Kecoak ini bernama latin Diploptera punctata, berbeda dengan kecoa biasa, Diploptera punctata tidak bertelur. Diploptera punctata melahirkan anak seperti layaknya hewan menyusui lainnya.

Melansir dari kompas.com, kecoak jenis ini melahirkan sekitar 12 ekor anak tiap dua hingga tiga minggu. Anak-anak kecoak tersebut diberi makanan berbentuk cairan berwarna kuning dihasilkan oleh rahim induknya

“Tapi di dalam usus anak-anak kecoak tadi, cairan kuning itu berubah menjadi kristal-kristal yang bisa dicerna untuk waktu lama sampai mereka bisa mencari makanan sendiri,” kata Profesor Barbara Stay dari Universitas Iowa.

via interstlye

Pakar kimia Subramaniam Ramaswammy di Bangalore, India, pimpinan tim periset ini mempelajari komposisi kristal-kristal dalam perut anak kecoak. “Kami mendapati bahwa susu kecoak ini tiga kali lebih tinggi nilai kalorinya dibanding susu kerbau, yang selama ini dianggap paling tinggi kandungan protein dan kalorinya,” kata Ramaswammy

Namun hingga saat ini belum dapat dipastikan susu kecoak aman untuk manusia atau tidak. Akan sangat sulit mengumpulkan susu kecoak dalam jumlah banyak. Untuk itu, Ramaswammy bersama timnya tengah mengusahakan menghasilkan susu kecoak dengan menggunakan ragi yang direkayasa.

Loading...

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

8 Langkah Pasti `Menjemput` Jodoh

Tempo

1

Mengenal 5 Jenis Parfum Berdasarkan Tingkat Ketahanan Aroma

Idntimes

1

Siapa Bilang Jepang dan Belanda Melarang Lagu ‘Indonesia Raya’? Boleh Kok, Asal Kata Ini Diganti

Intisari-online

Pasangan Anda Pemarah? Mungkin Ini Penyebabnya

Womantalk

Editan Photoshop Lucu Tapi Nyeleneh ini Berhasil Bikin Ribuan Orang Ngakak

Yukepo

Tulis komentar...