Home

Perbaiki Mood dengan Konsumsi Makanan ini

Glitzmedia | 1 year ago

Makanan juga memengaruhi mood Anda.


Durasi baca: 50 detik.

Seringkali Anda berpikir bahwa rusaknya mood disebabkan oleh lingkungan sekitar yang tidak sedang mendukung. Namun, ternyata pemilihan makanan juga merupakan salah satu faktor penentu mood seseorang. Inilah daftar makanan yang  mengandung serotonin—zat yang dapat membuat suasanan hati senang—untuk Anda.

(BACA JUGA: 5 Alasan Mengapa Mengonsumsi Cokelat dapat Perbaiki Mood)

KACANG-KACANGAN
Dalam semua jenis kacang-kacangan terkandung zat bernama triptofan. Zat tersebut merupakan bahan yang diserap dalam otak untuk pembentukan serotonin. Dilansir dari Healthline.com, mengonsumsi segenggam penuh kacang dalam sehari dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan kanker. ¼ cangkir kacang almond dan kacang mete, contohnya dapat menghasilkan 50 mg triptofan.


UDANG
Perbaiki mood Anda dengan mengonsumsi udang. Salah satu makanan seafood ini mengandung asam amino triptofan yang dapat membantuk pembentukan serotonin dalam tubuh. Anda akan mendapatkan 330 mg triptofan bila mengonsumsi 113 gram udang atau setara dengan sekitar 1 porsi udang.


(Foto: Foodism.com)

<--- next page --->

SALMON
Satu lagi dari sekian banyak manfaat dari salmon. Ikan yang terkenal sebagai sumber terbesar dari asam lemak omega 3 ini ternyata juga kaya akan asam amino triptofan. Selain itu, mengonsumsi salmon dapat menyeimbangkan kadar kolesterol dan menurunkan tekanan darah.


(Foto: Foorest.com)


TAHU
Selain telur, sumber protein lainnya yang memiliki kandungan sama adalah tahu. Bahan makanan yang terbuat dari biji kedelai ini kaya akan asam amino triptofan. Terlebih, tahu pun mengandung kalsium yang bagus untuk kesehatan tulang.


TELUR
Anda juga dapat menemukan triptofan pada salah satu sumber protein yaitu telur. Kandungan protein pada bahan makanan tersebut dapat membantu meningkatkan zat triptofan pada plasma darah Anda. Zat yang membantu pembentukan serotonin tersebut tepatnya berada pada bagian kuning telur.

(Maghfira Farhana, foto: Themountainer.com)

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Tulis komentar...