Home

Surat Terpendek yang Hanya Berisi Tanda Baca

Vebma | 6 months ago

Sebuah surat kadang ditulis dengan panjang lebar agar benar-benar sesuai dengan maksud si penulis. Kita tentu tidak ingin pihak yang menerima surat kita bingung dan salah menafsirkan surat yang kita tulis. Terlebih jika surat itu punya tujuan bisnis yang penting karena menyangkut urusan yang penting seperti penjualan buku yang kita tulis. 

Namun Victor Hugo tampaknya tak perlu banyak menggunakan kata dalam suratnya agar pesannya dimengerti. Surat pribadi terpendek di dunia ditulis oleh Victor Hugo pada tahun 1862. 

Melalui suratnya itu, Victor Hugo ingin tahu bagaimana penjualan bukunya "Les Miserables". 

Dalam suratnya ia hanya menulis : "?" (apakah buku saya laku ?)

Dan uniknya, penerbit yang bekerjasama dengan Victor Hugo justru seolah sengaja ikut dalam keunikan yang dibuat Victor Hugo itu 

Penerbitnya sendiri menjawab dengan menulis: "!" (sangat laku).


Sungguh sebuah surat menyurat yang unik namun efektif yang dilakukan oleh kedua pihak ini.


Sedikit informasi, Victor Hugo adalah seorang penulis ternama asal Prancis. Karyanya "Les Miserables" pertama kali diterbitkan tahun 1862 & merupakan salah satu karya yang menghantarkannya jadi salah seorang pengarang ternama dan telah diadaptasi berkali-kali dalam bentuk drama, opera,  film, dll. 

Les Miserables bisa diartikan "orang-orang malang, penderitaan, kesengsaraan" dll. Novel ini berlatar kehidupan masyarakat Prancis abad ke 19. Victor Hugo menulis sebagian novel ini dalam pengasingannya di pulau Guernsey pada tahun 1851 karena beroposisi terhadap Napoleon III. Butuh waktu 17 tahun bagi Victor Hugo untuk menulis dan menerbitkan novel yang dalam bahasa Prancisnya setebal 1900 halaman dan 1500 halaman dalam bahasa Inggris itu, sehingga novel ini merupakan salah satu novel tertebal sepanjang masa.

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

Masjid Tertua di Gorontalo Ini Ternyata Dibangun untuk Mahar Pernikahan

Bintang

Daftar Rumah Sakit di Tangerang yang Berhenti Sementara Layani Pasien BPJS

Merdeka

Ini Daftar Mata Uang Paling Keren di Dunia, Rupiah Termasuk Gak ya?

Duitpintar

Terungkap! Ternyata Ini yang Dilakukan Para Tokoh Sukses Sebelum Tidur

Idntimes

Bosan Kerja Korporat? Ini yang Harus Dilakukan sebagai Langkah Transisi ke Dunia Freelance

Job-Like

Tulis komentar...